CONTOH PROPOSAL KEGIATAN WORKSHOP JURNALISTIK

Bagi sobat yang membutuhkan referensi untuh bahan proposal, nah saya akan menyajikan Contoh Proposal Sebagi Berikut :

PROPOSAL KEGIATAN WORKSHOP JURNALISTIK 

“Scripta Manent Verba Volent”
SERTA
MUSYAWARAH NASIONAL DAN MUSYAWARAH KERJA NASIONAL KEDUA BADAN PERS NASIONAL IKATAN SENAT MAHASISWA KEDOKTERAN INDONESIA 2007



____________________________Ringkasan Kegiatan

Nama Kegiatan
Workshop Jurnalistik “Scripta Manent Verba Volent” dan Musyawarah Nasional I Badan Pers Nasional Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia
Kategori
Nonprofit/ edukasi
Tanggal Pelaksanaan
1-4 Februari 2007
Tempat Pelaksanaan
Ruang Kuliah Anatomi FKUI dan Auditorium Pusat Studi Jepang UI Depok
Sasaran
Pengurus dan anggota BPN-ISMKI se-Indonesia, mahasiswa FKUI, serta mahasiswa Kedokteran di Jakarta.
Tujuan 
·         mengevaluasi kinerja kepengurusan BPN-ISMKI periode 2006/2007
·         membentuk struktur organisasi dan susunan pengurus BPN-ISMKI periode 2007/2008
·         memberikan pelatihan redaksional, reportase, dan manajemen media bagi mahasiswa, khususnya mahasiswa kedokteran di seluruh Indonesia
·         memotivasi peserta untuk mengembangkan media informasi kampus yang menjunjung tinggi keluhuran nilai-nilai jurnalistik
Target Kegiatan
Diikuti seluruh Lembaga Pers Mahasiswa yang dinaungi BPN-ISMKI dan 50 orang mahasiswa kedokteran di Jakarta
Pelaksana Kegiatan
Media Mahasiswa FKUI (Divisi Informasi Departemen Informasi dan Teknologi SMFKUI) 
Informasi
Ketua Panitia: Windya Rahmawati
Telp. (021) 3101523, Hp. 08881673757
email: dyarahma@yahoo.com

_______________________________          Kepanitiaan


Pelindung                                                       : Dekan FKUI
                                                                          dr. Menaldi Rasmin, Sp. P(K), FCCP
                                                                          Pembantu Dekan FKUI
                                                                          dr. Hananto Andriantoro, Sp. JP
Penanggung Jawab                                       : Ketua Senat Mahasiswa FKUI
                                                                          Ridho Ardhi Syaiful
                                                                          Ketua Badan Pers Nasional ISMKI
                                                                          Ahmad Amin Mahmudin
Ketua Panitia                                                 : Windya Rahmawati
Sekretaris                                                       : Faustine
Bendahara                                                     : Theresia Yinski
Penanggung Jawab Acara                           : R. Ayu Anatriera
Penanggung Jawab Humas dan Pubdok    : Amudi Tamba S.
Penanggung Jawab Dana                            : Ahmad Tawakkal
Penanggung Jawab Konsumsi                     : Widya Nugroho Putri
Penanggung Jawab Perlengkapan              : Krisna Pandu










___________________________Kualifikasi Organisasi


·         Divisi Informasi
Divisi Informasi adalah divisi khusus yang berdiri di bawah Departemen Teknologi Informasi Senat Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (SMFKUI). Divisi ini membawa fungsi khusus bagi SMFKUI, yaitu fungsi Media Publikasi.

Dengan program kerja utama yakni pengadaan koran kampus kedokteran UI, website SMFKUI dan mading satu mata, menunjukkan bahwa divisi ini memegang sebuah fungsi yang krusial untuk media senat. Anggota divisi ini secara otomatis juga menjadi bagian dari tim koran kampus yang bekerja secara harmonis dan sinergis demi mewujudkan koran kampus yang menjadi satu-satunya media informasi yang diterbitkan oleh senat mahasiswa FKUI.
Kemandirian dalam hal penentuan kebijakan, program kerja, inovasi, dan juga finansial, Divisi Koran Kampus merupakan keistimewaan Divisi Informasi dibanding struktur SMFKUI yang lain.

·         Departemen Teknologi Informasi
Departemen Informasi dan Teknologi (IT) adalah salah satu departemen terbesar di antara departemen lain yang dimiliki oleh Senat Mahasiswa FKUI. Departemen ini adalah baru yang pada dua tahun sebelumnya merupakan hasil peleburan dari dua departemen yang dahulunya memiliki cakupan kerja yang hampir serupa, yaitu Departemen Publikasi dan Departemen Informatika.
Departemen ini memiliki visi menjadi pusat informasi untuk semua kegiatan yang diselenggarakan di FKUI dan menjadi garda terdepan dalam hal pengembangan teknologi informasi. Dengan dua divisi yang dimiliki yaitu Informasi dan Teknologi, bukan tidak mungkin visi departemen ini bisa terwujud.

·         Senat Mahasiswa FKUI (SMFKUI)
Organisasi ini merupakan organisasi kemahasiswaan terbesar yang ada di FKUI. Sebagai badan eksekutif dalam tingkat pemerintahan mahasiswa, SMFKUI menjalankan fungsi sebagai pemegang kebijakan tertinggi di kalangan mahasiswa.
Organisasi ini memiliki 9 departemen yang lingkup kerjanya disesuaikan dengan kebutuhan seluruh mahasiswa FKUI. Kesembilan departemen itu adalah: seni dan olahraga, kaderisasi, kajian dan strategi, kesejahteraan mahasiswa, kesekretariatan, teknologi informasi, pendidikan dan profesi, pengabdian masyarakat, serta dana dan finansial. Di samping itu, SMFKUI juga membawahi 12 badan kelengkapan yang menjadi wadah bagi seluruh mahasiswa untuk melakukan kegiatan ekstra akademisnya.

·         Badan Pers Nasional Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia
Badan Pers Nasional (BPN) merupakan sebuah badan yang bersatatus semi otonom di bawah Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (ISMKI). Keanggotaan dari BPN ISMKI adalah Lembaga Pers Mahasiswa/Media Mahasiswa di setiap Fakultas Kedokteran se-Indonesia.

Tujuan dari BPN adalah sebagai wadah untuk menjalin komunikasi dan silaturahmi antara LPM/MM FK se-Indonesia. Peningkatan mutu bersama, dimana hampir semua LPM/MM di Indonesia mengalami hambatan dalam bidang SDM dan dana, dikaitkan dengan minat dan kemampuan menulis dari mahasiswa yang rendah ditambah biaya percetakan yang mahal, oleh karena itu kemandirian dan profesionalisme dari LPM/MM sudah merupakan tuntutan zaman. Dengan begitu tidak ada lagi LPM/MM yang vakum dalam waktu yang lama. Juga membantu dan mengusahakan Pembentukan LPM/MM bagi FK yang belum ada.

Selain itu, BPN diharapkan dapat menyatukan sikap mahasiswa FK, karena kekuatan sebuah media begitu besar. Apalagi jika 44 media dari masing-masing FK menyuarakan suatu suara bersama dalam mengadvokasi suatu masalah dan memberi solusi dari hasil pemikiran kita bersama, diharapkan akan memberikan kekuatan yang sangat besar.

Oleh karena itu diperlukan adanya sebuah badan yang dapat menjadi ajang komunikasi antar Lembaga Pers Mahasiswa/Media Mahasiswa Fakultas Kedokteran se-Indonesia.



dan bekerja keras untuk selalu memberikan yang terbaik bagi pembacairian dan kedisiplinan. a (SMFKUI)___________________
________________________   Latar Belakang Kegiatan


Lembaga pers mahasiswa, badan pers atau lembaga yang mempunyai media sebagai output kerjanya merupakan lembaga strategis dalam menampakkan potensi mahasiswa. Potensi tersebut berupa olah pikir, mewacanakan kritik, menghadirkan komentar publik, serta ilmu-ilmu penulisan dan jurnalistik lainnya. Media mampu menyediakan informasi yang dibutuhkan pembaca. Media jualah yang paling efektif dan efisien dalam menyampaikan ilmu baru. Di dunia kesehatan dan kedokteran, perkembangan ilmu pengetahuan sangat pesat seiring dengan waktu dan perkembangan teknologi. Media penyampaian perkembangan ilmu pengetahuan dapat berupa media cetak, media elektronik, serta kegiatan-kegiatan ilmiah.

Sampai saat ini, media cetak dan elektronik merupakan media yang paling efektif dan efisien dalam menyampaikan ilmu baru. Spektrum sasaran yang luas dan mudah pendokumentasiannya, membuat dua jenis media tersebut memiliki keunggulan dibanding dengan kegiatan-kegiatan ilmiah. Begitu kuatnya kekuatan sebuah media. Dalam lingkup mahasiswa, kekuatan media jelas dipengaruhi seberapa hebat lembaga pers yamg menaunginya dan para personal yang bertugas di dalamnya.

Mengingat BPN adalah lembaga berskala nasional dengan anggota lembaga dan personal yang tersebar di seluruh wilayah NKRI, maka diperlukan pertemuan khusus setiap jangka waktu tertentu guna menyatukan persepsi. Penyamaan pandangan ini diperlukan agar dalam kinerjanya kedepan kendala teknis yang timbul karena cakupan kerja yang luas bisa diminimalisasi. Proses pengurangan hambatan ini bisa dilakukan jika sejak awal telah diputuskan berbagai hal mengenai rangkaian kegiatan yang akan diadakan dalam kepengurusannya ke depan. BPN mempunyai periode kepengurusan selama setahun. Berarti, tiap tahun sekali harus ada pergantian kepengurusan dan evaluasi kerja.

Dan pada akhirnya, demi mengakomodasi semua fungsi yang telah tersebut di atas, Koran Kampus Kedokteran UI dan BPN ISMKI memandang perlu diadakannya sebuah workshop tentang kejurnalistikan yang dilaksanakan bersama dengan Musyawarah Nasional dan Musyawarah Kerja Nasional BPN-ISMKI 2007. Semoga dengan adanya kegiatan semacam ini, proses pendidikan kepada generasi muda untuk mengarahkan aktivitas mereka ke arah yang lebih positif dapat ikut terbantu serta dapat terbentuk personil dari tiap lembaga pers mahasiswa yang lebih kompeten.

_________________________________Tema Kegiatan

Tema kegiatan ini adalah “Scripta Manent Verba Volent”. Tema ini diambil dari bahasa Yunani yang artinya segala sesuatu yang dituliskan akan selalu diingat, dan yang diucapkan akan menghilang.
_______________________________Bentuk Kegiatan

Kegiatan ini terdiri atas beberapa rangkaian acara, yaitu:
  1. Opening dan closing ceremony
  1. Pembukaan maupun penutupan acara
  2. Perkenalan setiap Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) yang hadir

  1. Musyawarah Nasional Badan Pers Nasional ISMKI
  1. Laporan Pertanggungjawaban Kepengurusan BPN-ISMKI periode 2006/2007
  2. Pemilihan direktur BPN –ISMKI periode 2007/2008
  3. Perekrutan anggota tetap yang baru
  4. Sidang pleno dan komisi (revisi Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga BPN-ISMKI)

  1. Musyawarah Kerja Nasional Badan Pers Nasional ISMKI
  1. Pembahasan program kerja
  2. Pembentukan struktur dan personil pengurus BPN-ISMKI 2007/2008
  3. Pembuatan Standard Opertional Procedure (SOP)

  1. Workshop Jurnalistik
  1. Pelatihan redaksional, reportase, dan manajemen media.
  2. Seminar mengenai pers mahasiswa.

  1. Social Programme
a.       Kunjungan ke tempat bersejarah di Jakarta
b.      Persembahan setiap Lembaga Pers Mahasiswa


________________________________________Tujuan

Tujuan yang ingin kami capai dalam Musyawarah Nasional I BPN ISMKI adalah:
a.       Memfasilitasi pengurus dalam melaporkan hasil kegiatannya selama setahun kepengurusan
b.      Mengevaluasi kinerja kepengurusan BPN setelah setahun mengabdi
c.       Memusyawarakan hal-hal yang perlu diputuskan dalam menunjang kinerja kepengurusan mendatang
d.      Memilih direktur baru yang kompatibel dalam memimpin BPN setahun ke depan
e.       Membentuk struktur organisasi dan susunan pengurus untuk periode 2007/2008
f.       Mempererat hubungan antar Badan Pers Fakultas Kedokteran se-Indonesia

Tujuan diadakannya workshop jurnalistik ini adalah :
  1. Memberikan pelatihan redaksional, reportase, dan manajemen media khususnya bagi mahasiswa, khususnya mahasiswa kedokteran di seluruh Indonesia
  2. Memotivasi peserta untuk mengembangkan media informasi kampus yang menjunjung tinggi keluhuran nilai-nilai jurnalistik
  3. Memotivasi terbentuknya sebuah lembaga pers mahasiswa yang kompeten
  4. Saling bertukar pengalaman antar peserta workshop.

______________________Sasaran dan target kegiatan

Anggota Badan Pers Nasional ISMKI se-Indonesia, mahasiswa FKUI, dan mahasiswa kedokteran di Jakarta.

_______________________Waktu dan tempat kegiatan

Waktu             : 1-4 Februari 2007
Tempat            : Ruang Anatomi FKUI dan Auditorium Pusat Studi Jepang UI Depok

________________________________Susunan acara

Waktu
Kegiatan
Tempat
Pengisi Acara
Kamis
1 Februari 2007

12.30 – 13.30
13.30 – 14.30




14.30 – 15.00
15.00 – 15.30
15.30 – 18.00
18.00 – 19.30
19.30 – 22.00




Registrasi Peserta Munas, Mukernas
Pembukaan
-          Sambutan Ketua Panitia
-          Sambutan Dekan FKUI

-          Sambutan Ketua BPN 2006/2007
-          Pengaharan oleh Sie. Acara
Ramah Tamah
ISHOMA
MUNAS BPN-ISMKI
ISHOMA
Lanjutan MUNAS BPN-ISMKI
Rehat


Auditorium Pusat Studi Jepang UI Depok







Asrama UI Depok


Sie. Acara
MC
Windya Rahmawati
dr. Menaldi Rasmin, Sp.P(K), FCCP
Ahmad Amin Mahmudin
R. Ayu Anatriera
Sie. Acara

BPN-ISMKI
Jumat
2 Februari 2007

07.30 – 08.00
08.00 – 12.00
12.00 – 13.00
13.00 – 15.00
15.00 – 16.00
16.00 – 18.00
18.00 – 19.30
19.30 – 22.00




Absensi Peserta
MUKERNAS BPN-ISMKI
ISHOMA
MUKERNAS BPN-ISMKI
ISHOMA
MUKERNAS BPN-ISMKI
ISHOMA
MUKERNAS BPN-ISMKI
Rehat



Auditorium Pusat Studi Jepang UI Depok




Asrama UI Depok


Sie. Acara

BPN-ISMKI
Sabtu
3 Februari 2007

07.30 – 08.00
08.00 – 09.00




09.00 – 10.30

10.30 – 10.45
10.45 – 12.30




12.30 – 13.30
13.30 – 14.30
14.30 – 16.00

16.00 – 17.00



16.30 – 19.30
19.30 – 20.30
20.30 – 22.00

22.00 –


Registrasi Peserta Pelatihan
Pembukaan
·         Sambutan Ketua Panitia
·         Sambutan Dekan FKUI


Materi I “Be better with writing!

Rehat kopi
Materi II “Peran Keredaksian dalam Lembaga Pers Mahasiswa Profesional”


ISHOMA
Workshop Redaksi
Materi III “ Manajemen Lembaga Pers Mahasiswa/Profesional”
Tanya jawab + doorprize
Penutupan
·         Doa
·         Pembagian sertifikat
·         Peserta workshop pulang


Persembahan dari tiap LPM, games
Jalan-jalan ( makan malam )

Rehat



Ruang Kuliah Anatomi FKUI





Ruang Kuliah Anatomi FKUI











Gazebo Asrama UI Depok




Sie. Acara
Windya Rahmawati
dr. Menaldi Rasmin, Sp.P(K), FCCP

Willy Pramoedya
Dr. Ahmad Aulia Jusuf, PhD

Willy Hangguman
Dr. Saleha Sungkar, MS
Dr. Sugito
Wonodirekso,MS,PKK
Rien Kuntari


Dr. Yulherina
Prof. Hasbullah Thabrany
Minggu
4 Februari 2007

08.00 – 09.00

09.00 – 12.00
12.00 – 13.00
13.00 – 15.00
15.00 – 16.00

Social programme

Persiapan

Kunjungan ke tempat bersejarah
ISHOMA, sharing
Lanjutan acara
Acara selesai
·         Penutupan seluruh acara
·         Pembagian souvenir
·         Sertifikat
Dokumentasi


Asrama UI Depok
Jakarta








Sie. Acara








________________________________Anggaran biaya

PEMASUKAN









PPKM

8.500.000


Registrasi peserta workshop jurnalistik
50 x 25.000
1.250.000


Registrasi peserta Munas dan Mukernas
45 x 325.000
14.625.000


Usaha mandiri

2.500.000


TOTAL PEMASUKAN



26.875.000










PENGELUARAN




Pengeluaran

JUMLAH  (Rp)
TOTAL (Rp)


Kesekretariatan




Penggandaan proposal
30 x 5.000
150.000


Amplop
30 x 1.000
30.000


Beli tinta

25.000


SUBTOTAL


205.000






Acara




Pengisi acara workshop
7 x 400.000
2.800.000


Fasilitator
8 x 100.000
800.000


Sertifikat pembicara
7 x 7.500
52.500


Sertifikat peserta
125 x 2.500
312.500


Seminar kit
125 x 12.000
1.500.000


Doorprize
3 x 50.000
150.000


Kontak pembicara
100.000
100.000


SUBTOTAL


5.715.000






Perlengkapan




Sewa ruang kuliah anatomi

75.000


Sewa tempat sidang

1.620.000


Kertas transparansi dan spidol

50.000


Sewa sound system
3 x 50.000
150.000


Alat tulis, buku tamu
50.000
50.000


SUBTOTAL


1.945.000






Humas, publikasi, dan dokumentasi


Poster
25 x 15.000
375.000


Spanduk
2 x 120.000
240.000


Pamflet
100 x 1.000
100.000


Tiket
125 x 1.000
125.000


Name tag
125 x 5.000
625.000


Undangan
20 x 5.000
100.000


SUBTOTAL


1.565.000






Akomodasi, transportasi




Sewa penginapan
3 x 75 x 20000
4.500.000


Sewa bis kuning
3 x 2 x 400000
2.400.000


SUBTOTAL


6.900.000






Konsumsi









Hari Pertama




Makan ( siang, malam )
75 x 2 x 10.000
1.500.000


Snack
75 x 5.000
375.000


Hari Kedua




Makan ( pagi, siang, malam )
75 x 3 x 10.000
2.250.000


Snack
75 x 5.000
375.000


Hari Ketiga




Makan ( pagi, siang, malam )
75 x 3 x 10.000
2.250.000


Makan siang ( workshop )
50 x 10.000
500.000


Snack
125 x 5.000
625.000


Hari Keempat




Makan ( pagi, siang )
75 x 2 x 10.000
1.500.000


Snack
75 x 5.000
375.000







Air minum

295.000


Soft drink

200.000


Kue-kue

300.000







SUBTOTAL


10.545.000






TOTAL PENGELUARAN



26.875.000





_______________________________________Penutup

Demikianlah proposal kegiatan ini kami sampaikan. Kami berharap seluruh rangkaian acara dapat berjalan dengan lancar dan sukses mencapai tujuan awal dengan dukungan penuh dari berbagai pihak yang terkait. Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih. 


Hormat kami,

Senat Mahasiswa Fakultas Kedokteran
Universitas Indonesia



   Firtantyo Adi Syahputra                                                   Windya Rahmawati
Ketua Departemen                                                                   Ketua Panitia





Ridho Ardhi Syaiful
Ketua Umum SMFKUI