Makalah Dasar-dasar Komputer | Ilmu Komputer

BAB I
PENDAHULUAN


Latar belakang
Tentu anda sudah mengetahui apa itu yang namanya komputer, komputer adalah suatu perangkat elektronik yang terdiri dari berbagai macam komponen yang semuanya saling mendukung kerja sistem komputer.
Zaman sekarang komputer merupakan sesuatu yang mutlak yang harus diketahui oleh setiap orang karena komputer erat kaitannya dengan perkembangan teknologi di dunia, seperti kita lihat bahwa berbagai peralatan elektronika sekarang tidak menggunakan sistem analog lagi seperti dulu tetapi sekarang banyak peralatan elektronika yang sudah beralih ke sistem digital yang memiliki fungsi dan filtur yang lebih canggih, dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat maka merupakan kewajiban bagi kita untuk selalu bersikap dinamis dalam menyikapi perkembangan tersebut.
Komputer memiliki banyak manfaat yang tujuannya untuk membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaannya dengan cepat dan lebih mudah bahkan semua pekerjaan yang seharusnya kita kerjakan dapat dikerjakan oleh komputer seperti robot yang sudah di program untuk melakukan suatu pekerjaan-pekerjaan khusus atau ada juga robot yang dikendalikan dengan remote control.


Rumusan masalah
-          Pengetahuan dasar akan komputer untuk menunjang pengguna / user
-          Yang perlu diketahui komponen dari komputer
-          Apakah fungsi-fungsi yang terkandaung dalam perangkat komputer
-          Sekilas dunia maya / internet
Tujuan pembahasan
Ilmu Komputer mempelajari apa yang bisa dilakukan oleh beberapa program, dan apa yang tidak (komputabilitas dan intelegensia buatan), bagaimana program itu harus mengevaluasi suatu hasil (algoritma), bagaimana program harus menyimpan dan mengambil bit tertentu dari suatu informasi (struktur data), dan bagaimana program dan pengguna berkomunikasi (antarmuka pengguna danbahasa pemrograman). Ilmu komputer berakar dari elektronikamatematika dan linguistik.

BAB II
PEMBAHASAN

Dasar Komputer
Setelah anda mengetahui apa itu komputer, maka sekarang saatnya anda juga harus mengetahui komponen-komponen yang ada pada komputer. Komponen-komponen pada komputer ada 2 yaitu komponen internal & eksternal. Ada 4 komponen eksternal yang harus ada untuk bisa mengoperasikan sebuah komputer :
Yang pertama adalah tentu harus ada CPU karena semua pusat kendali berada pada CPU, yang kedua adalah Monitor karena monitor berfungsi untuk menampilkan semua proses yang dilakukan oleh CPU sehingga kita bisa melihat data-data yang ada pada komputer tersebut, yang ketiga adalah mouse, disebut mouse karena memang mirip dengan tikus... fungsi mouse adalah untuk menggerakkan kursor pada monitor sehingga kita mengoperasikan komputer tersebut, dan yang keempat adalah keyboard karena semua teks yang dimasukkan maupun perintah bisa dilakukan dengan menekan tombol pada keyboard.

Komponen-komponen eksternal lainnya yang merupakan pendukung adalah Printer yang berfungsi untuk mencetak teks atau gambar dari komputer ke atas kertas, CD/DVD-Rom/RW yang berfungsi untuk membaca atau menulis Disk CD/DVD, modem terdiri dari modem GPRS, ADSL, atau berbagai jenis modem lainnya yang fungsinya untuk bisa terhubung ke internet, speaker yang berfungsi untuk bisa mendengarkan sound pada komputer, dan masih banyak lagi komponen eksternal yang bisa kita tambahkan.
Konsep Dasar Komputer
Secara prinsip komputer selalu memiliki sebuah konsep dasar yaitu INPUT – PROSES – OUTPUT. Komputer apapun jenisnya, selalu memiliki suatu peralatan yang disebut sebagai Input Device, Central Processing Unit, Output Device dan External Memory
Input Device
Input device bisa diartikan sebagai peralatan yang berfungsi untuk memasukkan data ke dalam komputer. Jenis input device yang dimiliki oleh komputer cukup banyak diantaranya :
1.      Keyboard
2.      Mouse
3.      Touchscreen
4.      Scanner OCR (mislanya untuk membaca jawaban UMPTN)
5.      Scanner Barcode (membaca kode bar misalnya di kasir supermarket)
6.      Sensor (misal pada robot)
7.      Camera
8.       Microphone

Central Processing Unit (CPU)
Bagian ini berfungsi sebagai pemegang kendali dari jalannya kegiatan computer dan dikarenakan itu, CPU juga disebut sebagai otak dari komputer. Selain itu, CPU juga berfungsi sebagai tempat untuk melakukan pelbagai pengolahan data. Pekerjaan pengolahan data diantaranya : mencatat, melihat, membaca, menghitung, mengingat, mengurutkan maupun membandingkan. Dalam bekerja, fungsi dari CPU terbagi menjadi : Internal Memory/Main Memory, berfungsi untuk menyimpan data dan program.
Jenis main memory adalah :
1.     RAM (Random Access Memory)
-          RAM adalah memory yang dapat dimasuki (diakses) ataupun ditulisi, memori ini sifatnya sementara dan akan hilang
2.     ROM (Read Only Memory)
-          ROM adalah memori yang hanya dapat dibaca komputer tapi tidak bisa diisi.
3.     Chache Memory
-          Adalah memori berkecepatan tinggi tapi mahal harganya. Dalam computer difungsikan untuk menyimpan data yang sering diakses berulang-ulang sehingga dapat untuk mempercepat proses.
-          ALU (Arithmatic Logical Unit), untuk melaksanakan pelbagai macam perhitungan.
-          Control Unit, bertugas untuk mengatur seluruh operasi komputer. CPU juga disebut sebagai microprocessor. Dimana untuk bekerja microprocessor dipengaruhi oleh kapasitas pemrosesan Bit-nya dan juga frekuensi kerjanya. 
Output Device
Output device bisa diartikan sebagai peralatan yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan ataupun pengolahan data yang berasal dari CPU kedalam suatu media yang dapat dibaca oleh manusia ataupun dapat digunakan untuk penyimpanan data hasil proses. Jenis output device yang dimiliki oleh computer dapat digolongkan 4 bentuk :
  1. Tulisan (huruf, angka, karakter khusus, simbol lain)
  2. Image (grafik, gambar)
  3. Suara 
  4. Bentuk yang dapat dibaca oleh mesin
Sedangkan alat output komputer diantaranya :
  1. Monitor/ Screen/ Display
  2. Printer (dot matrix, inkjet, laser dll)
  3. Plotter
  4. Speaker
  5. Disk drive
External Memory
External memory bisa diartikan sebagai memory yang berada diluar CPU. Juga disebut sebagai Secondary Storage ataupun Backing Storage ataupun Memory Cadangan yang berfungsi untuk menyimpan data dan program. Agar dapat berfungsi, data dan program yang tersimpan didalam external memory harus dipindahkan terlebih dahulu kedalam internal memory. Jenis external memory diantaranya :
1.                                                                                                                                 Hard Disk

Add caption











2.                                                                                                                                    Floopy Disk
3.                                                                                                                                    Magnetik tape (pita magnetik)
4.                                                                                                                                    Optic Disk (CD-ROM)memorinya kalau listrik dimatikan
Pengetahuan dasar ilmu komputer menjadi pondasi untuk mempelajari ilmu komputer lebih lanjut sehingga dapat dengan mudah memahami dan menguasai ilmu komputer dan aplikasi-aplikasi lain yang berkaitan dengannya. Apa saja yang perlu diketahui sebagai dasar dalam mempelajari ilmu komputer? Berikut akan kita bahas satu per satu.
Definisi Komputer
Bahwa komputer adalah seperangkat alat yang terdiri dari CPU, monitor dan perangkat-perangkat pendukung lainnya. Namun sebenarnya komputer itu memiliki arti yang luas dan setiap orang yang berbeda akan memiliki jawaban yang berbeda pula.
Istilah komputer (computer) diambil dari bahasa latin yaitu computare yang berarti menghitung (to compute atau reckon). Kemudian diadaptasi pengucapannya menjadi computer atau dalam istilah Indonesianya Komputer. Selanjutnya definisi komputer terus mengalami perkembangan sesuai dengan kemajuan teknologi dan fungsi komputer itu sendiri.
Definisi komputer menurut beberapa buku komputer populer dapat disimpulkan bahwa komputer adalah suatu peralatan elektronik yang beroperasi secara otomatis, dapat menerima input data atau informasi, mengolahnya menggunakan instruksi-instruksi program yang tersimpan di memori komputer (stored program), menyimpan data dan informasi hasil pengolahan dan menampilkannya jika dibutuhkan. Sedangkan yang dimaksud dengan program adalah kompulan instruksi atau perintah yang sudah di instal ke dalam memori komputer agar komputer dapat melakukan fungsinya sesuai dengan instruksi yang diberikan.

Siklus Pengolahan Data
Suatu Proses pengolahan data terdiri dari 3 tahapan dasar yang disebut dengan siklus pengolahan data (data processing cycle). Gambaran siklus pengolahan data adalah seperti blog diagram dibawah ini:Tiga tahap dasar dari siklus pengolahan data diatas dapat dikembangkan lebih lanjut (expanded data processing cycle). 3 tahapan diatas dapat ditambahkan menjadi lebih banyak lagi sesuai kebutuhan. Gambarannya seperti blog diagaram dibawah ini :
Keterangan dari diagram :
-          Origination. Tahapan ini berhubungan dengan proses dari pengumpulan data yang biasnya merupakan proses pencatatan (recording), data ke dokumen dasar.
-          Input . Tahap ini merupakan proses memasukkan data ke dalam sistem komputer lewat input device.
-          Processing. Tahap ini merupakan proses pengolahan dari data yang sudah dimasukkan yang dilakukan oleh processing device yang berupa penghitungan, membandingkan, mengkalsifikasikan, mengurutkan, mengendalikan atau mencari di memori.
-          Output. Tahap ini merupakan proses menghasilkan output dari hasil pengolahan data ke output device yang berupa informasi hasil pengolahan.
-          Distribution. Tahap ini merupakan proses dari distribusi output hasil pengolahan kepada pihak yang berhak dan membutuhkan informasi.
-          Storage. Tahap ini merupakan proses perekaman hasil pengolahan ke alat penyimpan (storage device) dan dapat dipergunakan kembali sebagai input untuk proses selanjutnya. Dua anak panah yang berlawanan arah menunjukkan hasil pengolahan dapat disimpan atau diambil kembali jika dibutuhkan untuk pengolahan data selanjutnya.
Sistem Komputer
Supaya komputer dapat digunakan untuk mengolah data maka harus berbentuk sistem komputer(computer system). Sistem adalah jaringan dari elemen-elemen yang saling berhubungan secara fungsi dan membentuk satu-kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok dari sistem tersebut.
Tujuan pokok dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi. Supaya tujuan pokok tersebut terlaksana, maka harus ada elemen-elemen yang mendukungnya. Elemen-elemen dari sistem komputer adalah software, hardware dan brainware.
Ketiga elemen dari sistem komputer itu harus saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan. Hardware tanpa adanya software maka tidak akan berfungsi seperti yang diharapkan. Hardware akan berfungsi jika ada software yang memberikannya perintah. Softwarepun tidak akan berguna jika tidak ada hardware. Hardware dan softwarepun akan bekerja jika ada brainware yang mengoperasikannya.
Internet
Perkembangan teknologi internet yang berkembang pesat juga proses globalisasi yang melanda seluruh belahan dunia membuat setiap lapisan masyarakat yang ada didunia dengan mudah berkomunikasi tanpa terhalang ruang dan waktu. Akses internet sekarang dapat diakses dimana saja, dirumah, dikantor,  disekolah ataupun tempat-tempat umum sekalipun.
Internet memiliki berbagai fasilitas untuk mendapatkan informasi yang diinginkan dengan cepat dan mudah. Fasilitas-fasilitas itu antara lain, email, chatting, webcam, mailing list, blog, dan yang paling fenomena sekarang adalah situs jejaring sosial (cyber society) seperti facebook, Friendster, MySpace, Hi5, Twitter, Plurk, Multiply dan Tagged.
Saat ini, penggunaan situs jejaring social (social networking) di kalangan masyarakat semakin marak.Bisa dikatakan situs ini kini menjadi situs yang paling diminati. Karena melalui situs ini, menjalin pertemanan dan berkomunikasi dengan teman dan kerabat dapat menjadi lebih mudah, selain itu dapat lebih menghemat waktu dan biaya. Situs yang paling sering digunakan adalah facebook. Facebook diciptakan oleh mahasiswa Harvard yang bernama Mark Zurkenberg yang dibuat pada tahun 2004.Facebook memiliki aplikasi permainan, video, kuis, fitur chat, notes atau system tag, dan sebagainya. Keistimewaan facebook terletak pada fasilitasnya yang variatif dan cenderung mudah digunakan.
Manfaat dari situs jejaring sosial dapat diuraikan sebagai berikut :
-          Menjalin relasi bisnis dan networking
-          Pencarian Informasi
-          Online Shopping
-          Membentuk suatu komunitas
-          Memudahkan untuk saling berkomunikasi
-          Kampanye Politik, seperti yang dilakukan Presiden USA Barack Obama
Peranan situs jejaring ini sangat besar karena mudah membentuk suatu komunitas. Orang dengan mudah dapat menemukan orang yang dicarinya, dengan catatan orang tersebut juga memiliki akun di situs ini, mudah membagi informasi dan mengetahui kabar terkini dari orang tersebut.
Disamping manfaat yang didapatkan situs jejaring sosial juga mempunyai dampak negative. Banyak para pengguna yang tidak bertanggung jawab menggunakan situs ini untuk hal-hal yang melanggar norma seperti pornografi, pelacuran, transaksi narkoba dan sebagainya. Bisa dibayangkan apa yang akan terjadi seandainya hal ini terus berlanjut, apalagi pengguna situs ini tidak hanya kalangan dewasa tetapi juga anak-anak. Apa yang anak-anak dapatkan tanpa pengawasan orang tua dalam menggunakan situs ini. Maraknya budaya hedonism juga merupakan salah satu akibat pengguna yang kurang selektif karena mereka mudah tertarik pada barang-barang yang diiklankan. Dampak lainnya adalah paham xenotrisme dikalangan remaja, mereka lebih bangga menggunakan sesuatu yang berbau kebarat-baratan.





BAB III
PENUTUP

Kesimpulan
Definisi komputer menurut beberapa buku komputer populer dapat disimpulkan bahwa komputer adalah suatu peralatan elektronik yang beroperasi secara otomatis, dapat menerima input data atau informasi, mengolahnya menggunakan instruksi-instruksi program yang tersimpan di memori komputer (stored program), menyimpan data dan informasi hasil pengolahan dan menampilkannya jika dibutuhkan.
Memanfaatkan situs jejaring social secara tepat dan bijaksana tidak berdampak buruk terhadap pengguna situs jejaring social itu sendiri dan anggota situs jejaring social yang lain serta, agar keberadaan situs jejaring social tidak dianggap membawa pengaruh buruk bagi para penggunanya.

Saran
Disarankan mahasiswa yang mengkaji tentang pengetahuan komputer dan dunia maya / internet mampu memiliki sifat-sifat dan dapat menindak lanjuti dengan cara yang bijaksana seperti yang dikemukakan di atas, seperti yang diharapkan.

DAFTAR PUSTAKA

http:// 2010/11/08/tugas-mata-kuliah-ilmu-komputer-dasar

http:// 2007/08/pengenalan-dasar-tentang-komputer.html

http:// 2012/12/konsep-dasar-komputer.html
http://ilmukomputerplus.com/2010/03/pengetahuan-dasar-ilmu-komputer.html
Buku “Pengenalan komputer” Tulisan Jogiyanto Hartono, MBA, Ph.D, Dosen Tetap UGM, Penerbit ANDI, Yogyakarta (1999)