Contoh Proposal Pendirian Yayasan Pendidikan Islam

Contoh Proposal Pendirian Yayasan Pendidikan Islam

Contoh Proposal Pendirian Yayasan Pendidikan Islam 



YAYASAN AL-QOLAM NAGRAK
SK. Nomor : AHU-08568.50.10.2014
Akta Notaris : Heri Hendriyana, SH., MH   No. 186
Sekretariat : Kp. Nagrak Rt. 001 Rw. 008 Ds. Sindangraja Kec. Jamanis kab. Tasikmalaya

Nomor
Lampiran
Perihal

: 01/Yay-QN/I/2014
: 1 (satu) bundel Proposal
: Permohonan Izin Operasional  
  Pendirian SMP Islam Terpadu
Tasikmalaya, 26  Januari  2015
Kepada
Yth. Kepala Dinas Pendidikan kabupaten tasikmalaya
Di
TASIKMALAYA

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Yang bertanda tangan dibawah ini
Nama                 : Asep Deni, S.Pd.I
Nik                     : 320651808710001
Pekerjaan           : Wiraswasta
Jabatan               : Ketua Yayasan Al-Qolam Nagrak
Alamat               : Kp. Nagrak 01/08 Ds. Sindangraja Kec. Jamanis
                             Kab. Tasikmalaya

Bersama ini menyampaikan permohonan izin Operasional Pendirian satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat :
Nama Sekolah                : SMP ISLAM TERPADU Al-Qolam
Aalamat Sekolah            : Kp. Nagrak 001/008 Ds. Sindangraja Kec. Jamanis 
                                         Kab. Tasikmalaya
Sebagai bahan pertimbangan Bapak, berikut kami sertakan data-data pendukung. Demikian permohonan ini kami sampaikan. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kaasih.



Ketua Yayasan
AL-QOLAM NAGRAK





ASEP DENI, S.Pd.I

Contoh Proposal Pendirian Yayasan Pendidikan Islam A
                                                                                                                 
BAB I
PENDAHULUAN

A.      LATAR BELAKANG
Dalam pembukaan Undang-undang Dasar (UUD) Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dinyatakan bahwa slah satu tujuan Negara kesatuan Republik Indonesia adalah mencerdaskan kehidupan bangsa . sejalan dengan itu, batang tubuh konstitusi diantaranya pasal 20, pasal 21, pasal 28 C ayat (1), pasal 31 dan pasal 32, juga mengamanatkan bahwa pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu system pendidikan nasional untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esaserta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa yang diatur dalam undang-undang. System pendidikan nasional tersebut harus mampu menjamin pemerataan ksempatan pendidikan , peningkatan mutu serta relevansi dan  managemen pendidikan untuk menghadapi tantangan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan local, nasional dan global.
Pendidikan merupakan hak asasi setiap warga Negara Indonesia, dan untuk itu setiap warga Negara Indonesia berhak memperoleh pendidikan yang bermutu sesuai dengan minat dan bakat yang dimilikinya tanpa memandang status social, status ekonomi, suku, etnis , agama dan gender. Pemerataan akses dan peningkatan mutu pendidikan akan membuat masyarakat lebih memiliki kecakapan hidup (life skill) sehingga akan mendorong tercapainya pembangunan manusia seutuhnya serta masyarakat madani dengan dijiwai nilai-nilai pancasila sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-undang  no. 20Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Pancasila dan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 memberikan landasan filosofis serta prinsip-prinsip dasar dalam pembangunan pendidikan. Berdasarkan landasan tersebut pendidikan nasional menempatkan peserta didik sebagai makhluk yang diciptakan oleh Alloh SWT dengan segala fitrahnya, dengan tugas memimpin kehidupan yang berharkat dan bermartabat serta menjadi manusia yang bermoral, berbudi luhur dan berakhlak mulia.
Pendidikan merupakan  upaya memberdayakan peserta didik untuk berkembang menjadi manusia seutuhnya, yaitu yang menjunjung tinggi dan memegang dengan teguh norma-norma sebagai berikut :
a.       Norma agama dan kemanusiaan untuk menjalani kehidupan sehari-hari, baik sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa, makhluk individu maupun makhluk social;
b.      Norma Persatuan Bnagsa, untuk membentuk karakter bangsa dalam rangka memelihara keutuhan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
c.       Norma kerakyatan dan Demokrasi, untuk membentuk manusia yang memahami dan menerapkan prinsip-prinsip kerakyatan  dan demokrasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara; dan
d.      Nilai-nilai keadilan Sosial, untuk menjamin terselenggaranya pendidikan yang merata dan bermutu bagi seluruh bangsa serta menjamin penghapusan segala bentuk diskriminasi dan bias gender serta terlaksananya pendidikan.
B.       DASAR PEMIKIRAN
1.      Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
2.      Undang-Undang No. 23 Tahun 2002 tentang perlindungan Anak
3.      Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
4.      Undang-undang-Undang No. 17 Tahun 2007 tentang rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2005-2025
5.      Undang-undang No. 9 Tahun 2009 tentang Badan Hukum Pendidikan
6.      Undang-undang No. 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan
7.      Undang-Undang No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik
8.      Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Yayasan Al-Qolam Nagrak
9.      Rapat Musyawarah Yayasan, Aparatur pemerintah Desa Sindangraja dan Tokoh masyarakat
C.       MAKSUD DAN TUJUAN
Adapun tujuan berdirinya SMP IT Al-Qolam  Adalah sebagai berikut :
1.      Menyelenggarkan pendidikan secara demokratis dan berkeadilan serta tidak diskriminatif dengan menjunjung tinggi hak azasi manusia, nilai keagamaan, nilai kultural dan kemajmukan bangsa
2.      Menyelenggarakan pendidikan sebagai satu kesatuan yang sistimatik dengan system terbuka dan multi makna dengan pola keterpaduan antara pendidikan umum dan pendidikan pondok pesantren
3.      Menyelenggarakan pendidikan sebagai suatu proses pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik yang berlangsung sepanjang hayat (Longlife education).
4.      Menyelenggarakan pendidikan dengan memberikan keteladanan, membangun keinginan dan mengembangkan kratifitas peserta didik dalam proses pembelajaran
5.      Menyelenggarakan pendidikan dengan memberdayakan semua komponen masyarakat melalui peranserta dalam penyelenggaraan dan pengendalian mutu pendidikan
6.      Menyelenggarakan pendidikan dengan senantiasa memperhatikan potensi, kebutuhan  dan aspirasi masyarakat.
D.      MANFAAT
Manfaat dari pendiriaan SMP IT Al-Qolam adalah sebagai berikut :
1.      Menyediakan layanan satuan pendidikan bagi masyarakat dengan pola keterpaduan antara pendidikan umum dan pendidikan agama dengan pola pendidikan pondok pesantren
2.      Mampu mengamalkan, mengembangkan dan menyebarkan ilmu pengetahuan, teknologi dan keagamaan dalam rangka memajukan syi’ar agama Islam, Negara dan bangsa serta meningkatkan kesejahteraan umat.
3.      Memiliki dasar bagi pengembangan sikap mental yang kritis, berpikir cerdas serta perasaan yang peka dan memiliki kepedulian terhadap sesama.
4.      Memiliki kemandirian dan keterampilan hidup (life skill) yang memadai sebagai bekal hidup di tengah masyarakat.


BAB II
PROFIL YAYASAN DAN VISI MISI
E.       PROFIL YAYASAN AL-QOLAM NAGRAK
Yayasan AL-Qolam Nagrak didirikan atas cita-cita luhur dalam melaksanakan pengabdian kepada Alloh SWT melalui kegiatan di bidang Sosial, keagamaan dan Kemanusiaan , dengan program utamanya saat ini adalah pendidikan pondok pesantren.
Nama lembaga                             : Yayasan Al-Qolam Nagrak
Alamat Lembaga                          : Kp. Nagrak  Rt. 001 Rw. 008
                                                       Ds. Sindangraja Kec. Jamanis kab. Tasikmalaya
Struktur Lembaga                        :
Pembina/Pendiri                         : Muslih Ismail
Pengurus Harian                        :
Ketua Umum                               : Asep Deni, S.Pd.I
Sekretaris Umum                         : Encep Mahmudin
Sekretaris                                     : Epul
Bendahara Umum                        : Yeni Rahmayani
Bendahara                                    : Aam Ambarwati
Pengawas                                                :
Ketua                                           : M.Z Hidayat
Anggota                                       : Misbahudin
Anggota                                       : Ace Mahpudin

F.        VISI DAN MISI YAYASAN AL-QOLAM NAGRAK
Visi yayasan Al-Qolam Nagrak Adalah : Membangun Masyarakat Islami Cerdas dan Mandiri.
Misi Yayasan Al-Qolam Nagrak adalah : Mempersiapkan generasi yang beriman dan bertaqwa serta berakhlakul karimah, berpengetahuan luas, berbudi luhur, memiliki kepedulian serta dedikasi yang tinggi terhadap Agama Bangsa dan Negara.

G.      PROFIL SMP IT Al-Qolam
SMP IT Al-Qolam  berlokasi di Kp. Nagrak RT. 001 RW. 008 Ds. Sindangraja Kec. Jamanis Kab. Tasikmalaya.
Bermula dari sebuah Majlis Ta’lim dengan nama Majlis Ta’lim “Al-Mubarokah” pada tahun 1983, dan kegiatan yang diselenggarakan antara lain :
1.      Majlis ta’lim
2.      Pengajian malam (bagi anak-anak)
Kemudian pada tahun 2003 diselenggarakan pendidikan Madrasah Diniyah dengan nama Madrasah Diniyah Daarul Falah. Adapapun program yang diselenggarakannya adalah :
1.      Madrasah Diniyah                                           (tahun 2003 s/d sekarang)
2.      Paket B setara SMP                                       (tahun 2003 s/d 2006)
3.      Keaksaraan Fungsional (KF)                         (tahun 2006 s/d 2009)
4.      Keaksaraan Usaha Mandiri (KUM)               (tahun 2006 s/d 2009)
5.      Salafiyah Wustho Kemenag                          (tahun 2006 s/d 2009)
Pada tahun 2014  diselenggarakan program Salafiyah Wustho tingkat SMP (sedang berjalan)
Pada Tahun 2015 Insya-Alloh akan diselenggarakan Program SMP-IT dengan nama SMP-IT Al-Qolam dibawah naungan Yayasan Al-Qolam Nagrak. 
PROFIL SMP-IT AL-QOLAM :
Nama Sekolah                  : SMP-IT Al-Qolam
Status Sekolah                 : Swasta
Alamat Alamat                 : Kp. Nagrak Rt. 001 Rw. 008
Desa Sindangraja
Kecamatan  Jamanis
Kabupaten  tasikmalaya
Tahun Berdiri                               : 2014/2015
Pendiri                                          : Yayasan Al-Qolam Nagrak
Kepemilikan bangunan                : Wakaf Pondok Pesantren/yayasan
Jarak ke Kecamatan                     : 2 KM
Jarak ke Kabupaten                      : 25 KM
Kabupaten                                    : Tasikmalaya
Nama Kepala                               : Fandu Arif Firman Praja, S.Pd
Pendidikan tertinggi                    : S-1
Jumlah peserta didik                    : 11 orang
Kualifikasi Pendidik                    : S-1
Status kepegawaian                     : Guru tetap Yayasan 6 orang
  Guru Tidak Tetap 4 orang

H.      VISI DAN MISI SMP-IT AL-QOLAM
Visi SMP-IT Al-Qolam Adalah : Sekolah yang Unggul dan Berprestasi Menuju Generasi Islami yang Cerdas Mandiri.
Misi SMP IT Al-Qolam adalah :
1.      Menanamkan nilai-nilai iman dan taqwa dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari
2.      Membina siswa-siswi agar memiliki sikap mental yang baik, berakhlakul karimah dan memiliki kepedulian serta dedikasi yang tinggi terhadap agama bangsa dan Negara
3.      Memberikan pemahaman agama yang luas, serta memiliki keilmuan yang seimbang antara ilmu agama dan ilmu umum
4.      Membina siswa-siswi agar memiliki kecintaan dan penghargaan terhadap ilmu serta memiliki semangat belajar yang tinggi.
5.      Mengembangkan bakat siswa-siswi melalui pembinaan keterampilan/kecakapan hidup (life skill)
6.      Menumbuhkembangkan perekonomian dan kemandirian sekolah

I.         DATA SEKOLAH DASAR DI SEKITAR LOKASI SMP-IT AL-QOLAM
Data Sekolah Dasar Sekitar Lokasi
No.
Nama Sekolah
Alamat
Jarak
1
MI Sindangraja
Kp. Lengkong Ds. Sindangraja
 ±500 M
2
SDN Bojonggaok
Kp. Singabarong Ds. Bojonggaok
 ±500 M
3
SD Impres
Kp. Cirahayu Ds. Sindangraja
 ±900 M
4
SD Sindangraja 1
Kp. Nyalindung Ds. Sindangraja
 ±700 M
5
SD Sindangraja 2
Kp. Tonjong Ds. Sindangraja
±     1 KM
6
MI Condong
Kp. Cibitung Ds. Condong
±700 M

J.         DATA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI SEKITAR
Data Sekolah Menengah Pertama Di Sekitar Lokasi SMP IT Al-QOLAM
No.
Nama Sekolah
Alamat
Jarak
1
MTs. Sindangraja
Kp. Tonjong Ds. Sindangraja
±1 KM
2
SMP 1 Jamanis
Kp. Condong Ds. Condong
±2 KM
3
SMP-IT Manbaul’ulum
Kp. Bunut Jamanis
±2 KM
4
SMP-IT Al-Qosimiyah
Kp. Elos Ds. Karangmulya
±2 KM

K.      SARANA DAN PRASARANA
a.       Ruang belajar/Kelas                           : 3 ruang
b.      Ruang Guru dan Kepala                    : 1 ruang
c.       Ruang kantor                                     : 1 ruang
d.      Ruang Perpustakaan                          : 1 ruang
e.       WC Siswa                                          : 1 Unit
f.       WC guru                                            : 1 unit
g.      Mushola/mesjid                                  : I unit

L.       PEMBAGIAN TUGAS
Untuk mendukung kelancaran dan keberhasilan keberlangsungan kegiatan belajar mengajar siswa, maka dibentuk pembagian tugas sebagaimana terlampir

M.     SUSUNAN KEPANITIAAN PENDIRIAN SMP IT AL-QOLAM
Adapun susunan kepanitiaan pendirian SMP IT Al-Qolam adalah sebagaimana terlampir
N.      SUMBER DANA
Untuk pegembangan dan penyediaan sarana dan prasarana penunjang kegiatan belajar mengajar di SMP IT Al-Qolam diperlukan dana, dan dana untuk kegiatan tersebut di dapat dari :
1.      Infaq sukarela
2.      Bantuan dari pemerintah
3.      Dari Yayasan
4.      Swadaya masyarakat
5.      Donatur tetap yayasan
6.      Infaq shodakoh yang halal dan tidak mengikat


BAB IV
PENUTUP

Harapan kami semoga segala bentuk niat baik kita terus dipupuk dan dipelihara dalam upaya menciptakan generasi-generasi yang baik. Kami yakin bahwa setiap langkah kebaikan apabila ditata dengan baik akan membawa hasil yang baik pula.
Berdirinya SMP-IT Al-Qolam adalah sebagai wujud kepedulian kami akan pendidikan terutama pendidikan agama yang dikembangkan melalui pondok pesantren, yang harapannya nanti dapat melahirkan generasi yang cerdas, beriman, bertakwa serta berakhlakul karimah.
Sungguh suatu kebahagiaan bagi kami selaku npenyelenggara pendidikan apabila niat dan harapan kami dapat terwujud melalui penyelenggaraan pendidikan formal Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMP-IT) Al-Qolam. Dan kami sangat mengaharapkan permohonan ini dapat dikabulkan.

Nagrak,  26 Januari 2015
Ketua Yayasan
Al-Qolam Nagrak



ASEP DENI, S.Pd.I

http://ridwannagrak.blogspot.com/2015/01/contoh-rencana-induk-pengembangan.html