Contoh Angket Penelitian (Kuesioner)

Contoh Angket Penelitian (Kuesioner)
Contoh Angket Penelitian. Angket / Kuesioner adalah metode pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberi seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden. Angket diisi oleh responden sesuai dengan yang “dia” kehendaki/ketahui/rasakan. Angket adalah instrumen untuk jenis penelitian kuantitatif. Angket adalah penelitian kualitatif yang kuantitatifkan. Angket adalah penelitian kuantitatif yang disimpulkan dalam bentuk kualitatif.

Kapan kita bisa menggunakan angket untuk penelitian ? Jawabannya adalah, apabila :
  1. Responden adalah orang yang paling tahu tentang dirinya sendiri.
  2. Responden dapat dipercaya.
  3. Jumlah responden banyak.
  4. Waktu penelitian singkat/pendek.
  5. Lokasi penelitian luas.kelebihan penggunaan angket atau kuesioner adalah :
  6. Cepat.
  7. Peneliti tidak perlu hadir.
  8. Kerahasiaan terjamin.
  9. Terstandar.

Murah.Langkah-langkah Pembuatan Angket/Kuesioner :

Tentukan judul penelitian yang akan diangkat.
Mempuyai 2 variabel (bebas dan terikat).
Tentukan variabel penelitian.
Variabel x :...............................? 
Variabel y :...............................?
Buat definisi operasional variabel.
Penjelasan tentang variabel yang akan diteliti dan batasan-batasannya.
Tentukan sasaran responden.
Usia :.......................tahun.
Pendidikan : TK.....SD.......SMP.......SMA......?
Profesi : siswa, mahasiswa, petani, dosen, umum.
Untuk menentukan sampel dari populasi dapat menggunakan Tabel Morgan.Secara umum isi dari kuesioner dapat berupa:


1) Pertanyaan tentang fakta
Fakta yang dimaksud di sini adalah sesuatu yang berhubungan dengan responden, seperti umur, pendidikan, agama. Informasi yang diketahui oleh responden juga dikategorikan dalam fakta.

2) Pertanyaan tentang pendapat
Menyangkut perasaan dan sikap responden tentang sesuatu.

3) Pertanyaan tentang persepsi diri
Mengenai cara responden menilai sesuatu tentang perilakunya sendiri dalam hubungannya dengan orang lain atau lingkungan.

Dalam membuat pertanyaan untuk angket setidaknya ada delapan hal yang harus diperhatikan:
1) Jangan gunakan perkataan sulit
2) Jangan gunakan pertanyaan yang bersifat terlalu umum
3) Hindarkan pertanyaan yang ambigu
4) Jangan gunakan kata yang samar-samar
5) Hindarkan pertanyaan yang mengandung sugesti
6) Hindarkan pertanyaan yang berdasarkan presumasi
7) Jangan membuat pertanyaan yang melakukan responden
8) Hindarkan pertanyaan yang menghendaki ingatan

Selanjutnya, Jenis Skala Penelitian yang biasanya digunakan adalah :
Skala Likert : digunakan untuk mengukur sikap, pendapat dan persepsi seseorang atau sekelompok tentang kejadian atau gejala sosial. Contoh : SANGAT SETUJU SANGAT PUAS SETUJU PUAS NETRAL CUKUP PUAS TIDAK SETUJU TIDAK PUAS SANGAT TIDAK SETUJU SANGAT TIDAK PUAS.

Skala Guutman : Skala kumulatif. Apabila responden mengiyakan pernyataan yang berbobot yang lebih berat, ia akan mengiyakan pernyataan yang kurang berbobot lainnya, Terdiri dari beberapa pertanyaan yang diurutkan secara hierarkis, Skala guttman digunakan untuk jawaban yang bersifat jelas dan tegas CONTOH : Yakin-tidak, Benar-salah, Pernah-belum, Setuju-tidak setuju, Positif-negatif.

Skala Diferensial Semantik : Skala perbedaan semantik (ilmu arti kata) yang berisikan serangkaian karakteristik bipolar (dua kutub). Skala deferensial semantik memiliki tiga dimensi dasar sikap seseorang terhadap objek : * Potensi atau kekuatan objek * Evaluasi atau hal yang menguntukan atau merugikan dari suatu objek * Aktivitas atau tingkat gerakan suatu objek.

Skala Rating : Skala pengukuran likert, guttman dan diferensial semantik adalah data kualitatif yang di kuantitatifkan. Sedangkan skala rating adalah data penilaian kuantitatif yang ditafsirkan dalam pengertian kualitatif.

Skala Thrustone. : Skala Thurstone adalah skala penelitian yang menyajikan beberapa pernyataan yang berbeda, kemudian responden diminta memilih beberapa pernyataan yang dia setujui. • Setiap item pada skala thurstone memiliki hubungan satu sama lain dan memiliki nilai atau bobot tertentu, namun responden tidak mengetahuinya. 

Untuk mempermudah dalam pembuatan angket/kuesioner, di bawah ini ada beberapa contoh angketatau contoh kuesioner yang biasanya digunakan dalam penelitian :


ANGKET PENELITIAN UNTUK SISWA
PERANAN KEDISIPLINAN GURU DALAM MENINGKATKAN
EFEKTIVITAS BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 BONTOSIKUYU KABUPATEN KEPULAUAN SELAYAR
MULIANA (27191034)

  1. I.         KETERANGAN ANGKET
    1. Angket ini dimaksudkan untuk memperoleh data objektif dari siswa dalam penyusunan skripsi.
    2. Dengan mengisi angket ini, berarti telah ikut serta membantu kami dalam penyelesaian studi.
  1. II.      PETUNJUK PENGISIAN ANGKET
    1. Sebelum anda menjawab daftar pertanyaan yang telah disiapkan, terlebih dahulu isi daftar identitas yang telah disediakan.
    2. Bacalah dengan baik setiap pertanyaan, kemudian beri tanda silang (x) pada jawaban yang dianggap paling tepat.
    3. Isilah angket ini dengan jujur serta penuh ketelitian sehingga semua soal dapat dijawab. Dan sebelumnya tak lupa kami ucapkan banyak terima kasih atas segala bantuannya.
  1. III.   IDENTITAS SISWA
    1. Nama                                    :
    2. Umur                         :
    3. Jenis kelamin :
    4. Hari/Tgl                     :
  1. IV.   DAFTAR PERTANYAAN
    1. Bagaimana menurut anda tentang peranan kedisiplinan guru dalam meningkatkan efektivitas belajar di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Bontosikuyu Kabupaten Kepulauan Selayar ?
      1. Sangat baik                                c.   Kurang baik
      2. Baik                                           d.   Tidak baik
    2. Bagaimana menurut anda tentang metode pembelajaran dalam meningkatkan kedisiplinan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Bontosikuyu Kabupaten Kepulauan Selayar ?
      1. Sangat baik                                            c.   Baik
      2. Cukup baik                                            d.   Kurang baik
    3. Bagaimana menurut anda mengenai langkah-langkah dalam peningkatan kedisiplinan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Bontosikuyu Kabupaten Kepulauan Selayar ?
      1. Sangat baik                                            c.   Baik
      2. Cukup baik                                            d.   Kurang baik
    4. Apakah sarana dan prasarana cukup memadai di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Bontosikuyu Kabupaten Kepulauan Selayar ?
      1. Sangat memadai                                    c.   Memadai
      2. Cukup memadai                                     d.   Kurang memadai
    5. Bagaimana menurut anda tentang kemampuan guru dalam mengajar di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Bontosikuyu Kabupaten Kepulauan Selayar ?
      1. Sangat baik                                            c.   Baik
      2. Cukup baik                                            d.   Kurang baik
    6. Apakah menurut anda kedisiplinan belajar sudah diterapkan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Bontosikuyu Kabupaten Kepulauan Selayar ?
      1. Sudah diterapkan                                   c.   Kurang diterapkan
      2. Cukup diterapkan                                  d.   Tidak diterapkan
    7. Apakah efektivitas belajar menurut anda sudah berjalan dengan sempurna di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Bontosikuyu Kabupaten Kepulauan Selayar ?
      1. Sudah sempurna                                                c.   Kurang sempurna
      2. Cukup sempurna                                    d.   Tidak sempurna
    8. Apakah tingkat kedisiplinan guru menurut anda dalam mengajar sudah memenuhi target di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Bontosikuyu Kabupaten Kepulauan Selayar ?
      1. Sangat memenuhi                                  c.   Kurang memenuhi
      2. Cukup memenuhi                                   d.   Tidak memenuhi
  1. Apakah menurut anda kepemimpinan guru dalam mendidik sudah baik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Bontosikuyu Kabupaten Kepulauan Selayar ?
    1. Sangat baik                                            c.   Kurang baik
    2. Cukup baik                                            d.   Tidak baik
    3. Bagaimana menurut anda tentang penguasaan materi pembelajaran bagi guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Bontosikuyu Kabupaten Kepulauan Selayar ?
      1. Sangat menguasai                                  c.   Kurang menguasai
      2. Cukup menguasai                                  d.   Tidak menguasai
    4. Bagaimana menurut anda tentang kualitas kedisiplinan dalam belajar di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Bontosikuyu Kabupaten Kepulauan Selayar ?
      1. Sangat berkualitas                                  c.   Kurang berkualitas
      2. Cukup berkualitas                                  d.   Tidak berkualitas
    5. Apakah menurut anda media yang digunakan dalam mengajar sudah sesuai di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Bontosikuyu Kabupaten Kepulauan Selayar ?
      1. Sangat sesuai                                         c.   Kurang sesuai
      2. Cukup sesuai                                          d.   Tidak sesuai
    6. Apakah menurut anda kedisiplinan sangat menunjang terhadap pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Bontosikuyu Kabupaten Kepulauan Selayar ?
      1. Sangat menunjang                                 c.   Kurang menunjang
      2. Cukup menunjang                                  d.   Tidak menunjang
    7. Bagaimana menurut anda tentang pengaruh kedisiplinan guru terhadap efektivitas belajar di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Bontosikuyu Kabupaten Kepulauan Selayar ?
      1. Sangat berpengaruh                               c.   Kurang berpengaruh
      2. Cukup berpengaruh                               d.   Tidak berpengaruh
    8. Apakah tekhnik guru dalam mengajar menurut anda sudah baik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Bontosikuyu Kabupaten Kepulauan Selayar ?
      1. Sangat baik                                            c.   Kurang baik
      2. Cukup baik                                            d.   Tidak baik
    9. Apakah menurut anda efektivitas belajar sudah memenuhi target yang ditentukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Bontosikuyu Kabupaten Kepulauan Selayar ?
      1. Sangat memenuhi                                  c.   Kurang memenuhi
      2. Cukup memenuhi                                   d.   Tidak memenuhi
        PEDOMAN WAWANCARA UNTUK GURU
        PERANAN KEDISIPLINAN GURU DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 BONTOSIKUYU KABUPATEN KEPULAUAN SELAYAR
        MULIANA (27191034)

        1. I.         PETUNJUK WAWANCARA
          1. Sebelum anda menjawab daftar pertanyaan yang telah disiapkan terlebih dahulu isi identitas yang telah tersedia.
          2. Jawablah tes wawancara ini dengan jujur dan penuh ketelitian karena jawaban Bapak/Ibu Guru akan membantu kelengkapan data yang penulis butuhkan. Dan sebelumnya tidak lupa kami ucapkan terima kasih atas segala bantuannya.
        1. II.      IDENTITAS GURU
          1. Nama                                                  :
          2. Jabatan                                               :
          3. Bidang Studi Yang Diajarkan           :
        1. III.   DAFTAR PERTANYAAN
        1. Sebutkan langkah-langkah apa saja yang diambil oleh guru dalam meningkatkan kedisiplinan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Bontosikuyu Kabupaten Kepulauan Selayar ?
        2. Menurut Bapak/Ibu hambatan-hambatan apa saja yang dialami oleh guru dalam meningkatkan efektivitas belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Bontosikuyu Kabupaten Kepulauan Selayar.
        3. Usaha-usaha apa saja yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan efektivitas belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Bontosikuyu Kabupaten Kepulauan Selayar ? Sebutkan dan jelaskan!
        4. Bagaimana kemampuan guru dalam mengajar dengan tetap mengedepankan tingkat kedisiplinan pembelajaran serta efektivitas belajar di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Bontosikuyu Kabupaten Kepulauan Selayar ?
        5. Apakah tingkat kedisiplinan guru dalam mengajar sudah mencapai target pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Bontosikuyu Kabupaten Kepulauan Selayar ?
        6. Hal-hal apa saja yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan kedisiplinan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Bontosikuyu Kabupaten Kepulauan Selayar ?
        7. Apakah proses pembelajaran sudah sesuai dengan kurikulum untuk mencapai efektivitas pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Bontosikuyu Kabupaten Kepulauan Selayar ?
        8. Apakah sarana dan prasarana dapat menunjang proses pembelajaran dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Bontosikuyu Kabupaten Kepulauan Selayar ?
        9. Apa yang menjadi faktor penghambat dan faktor pendukung dalam pelaksanaan kedisiplinan pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Bontosikuyu Kabupaten Kepulauan Selayar? Sebutkan dan jelaskan !
        10. Indikator apa yang telah dicapai melalui penerapan kedisiplinan pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Bontosikuyu Kabupaten Kepulauan Selayar ?