CONTOH LAPORAN OBSERVASI PENILIAN DI TK PERTIWI CIKALONG

CONTOH LAPORAN OBSERVASI PENILIAN DI TK PERTIWI CIKALONG
BAB I
PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang
Seorang guru TK dituntut antara laian untuk mengecaluasi proses pembelajaran yang dilasanakannya. Kemampuan tersebut merupakan salahs atu kompetensi dasar seorang guru dalam aspek kompetensi propesional.
Pada proses pembelajaran di TK banyak hal yang perlu dinilai dalam kesehariannya, misalnya program pembelajaran, ungkapan anak dalam bermain, dampat kegiatan tertentu dalam pembelajaran  baik yang positif maupun yang negatif. Hal ini dilakukan agar mampu melihat perkembangan setiap anak didiknya

B.     Rumusan Masalah  
Berdasarkan pada latar belakang masalah penulis akan menguraikan: 
  1. Apa saja alat penilian yang digunakan di TK.
  2. Bagaimana prosedur penilaian di TK

C.    Tujuan dan Manfaat
Tujuan :
-          Untuk menjelaskan bagaimana prosedur penilian yang dilaksanakan di Tk
Manfaat:
-          Untuk menambah wawasan dan pengetahuan khususnya bagi penulis dan bagi para pembaca pada umumnya.


BAB II
KAJIAN TEORITIS


A.    Pengertian
Pengertian adalah suatu usaha mengumpulkan dan menafsirkan berbagai informasi secara sistematis, berkala, berkelanjutan, menyeluruh tentang perkembangan yang telah dicapai oleh anak didik melalui pembelajaran.

B.     Prinsip-prinsip
  1. Terencana
Penilain dilakukan secara terencana sesua dengan aspek perkembangan yang akan dinilai
  1. Sistematis
Penilaian dilakukan secara teratur
  1. Menyeluruh
Penilaian mencakup semua aspek perkembangan anak baik moral dan nilai-nilai agama, sosial emosional, kemandirian bahasa, kognitif, fisik motorik, seni.
  1. Berkesinambungan
Penilaian dilakukan secara betahap dan terus menerus untuk memperoleh  gambaran tentang perkembangan anak didik
  1.  Obyektif
Penilaian dilaksanakan terhadap semua aspek perkembangan sebagaimana adanya.
  1. Mendidik
Proses dan hasil  penilaian dapat dijadikan dasar untu memotivasi dan mengembangkan anak didik secara optimal
  1. Kebermaknaan
Hasil penilaian harus mempunyai arti dan bermanfaat bagi guru, orang tuam amak didik dan pihak lain. Guru orang tua, anak didik dan pihak lain

C.    Cara, Alat dan Prosedur Penilaian
Ada 3 bentuk penilaian  yang merupakan  alternatif pilihan yang dapat  digunakan guru untuk menilai perkembangan anak didik yaitu :
1.      Penilaian dengan menggunakan simbol
Cara penilaian ini dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung dan terintegrasi dengan metode perkembangan.
2.      Penilaian dengan menggunakan  porto folio
Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung tetapi menggunakan format atau alat penilaian tersendiri, guru harus mengisi  format sesuai dengan SKH di programkan.
3.      Penilaian Gabungan
Penilaian ini merupakan gabungan antara penilaian yang menggunakan porto folio
·         Alat penilaian yang digunaan di TK adalah:
a.       Kesatuan Kegiatan Harian (SKH)
b.      Format catatan  anekdot  (anekdot Record)
·         Dalam melaksanakan penilaian dengan menggunakan simbol guru dapat memakai cara penilaian berupa:
a.        Observasi yaitu cara pengumpulan  data melalui pengamatan langsung
b.       Percakapan yaitu cara pengmpulan data  melalui interaksi  lisan untuk mendapatkan  informasi
c.        Penugasan yaitu cara mengumpulan data  berupa pemberian tugas yang harus diekrjakan  oleh anak didik
d.       Unjuk keja yaitu pengumpulan data yang menuntutu  anak didik untuk melakukan tugas dalam perbuatan yang diamati.
·          Sedangkan alat penilaian porto folio dapat digunakan format-format sebagai berikut:
a.       Format observasi
b.      Format catatan anekdot
c.       Format percakapan
d.      Format penugasan
e.       Format unjuk kerja

D.    Prosedur Penilaian
Guru melaksanakan penilaian  dengan mengacu pada kemampuan (indikator ), yang hendak dicapai dalam satu kesauan kegiatan  yang dirancang  dalam tahapan waktu tertentu dengan memperhatikan prinsip penilaian  yang telah ditentukan, penilaian dilakukan seiring dengan guru  menilai  kemapuan semua anak yang hendak dicapai seperti yang tekah diprogramkan dalam satuan kegiatan harian (SKH).
Adapun cara pencatatan penilaiannya sebagai berikut
1.      Apabila anak yang belum mencapai indikator seperti yang diharapkan dalam SKHU, maka pada kolom penilaian dituliskan anam adan diberi tandan kosong (o)
2.      anak yang sudah melebihi indiktor yang tertuang dalam SKH atau  mampu melaksanakan tugas tabpa bantuan secara tetap atau cepat atau tangkap atau benar, maka kolom penilaian dituliskan nama dengan tanda bulatan penuh (·)
3.      Jika semua anak  emunjukan kemampuan sesuai dengan indikator  yang tertuang dalam  SKH, maka kolom penilaian dituliskan “semua anak”  dengan tanda cheklist (Ö)







BAB III
PEMBAHASAN MASALAH


A.    Identifikasi Masalah
Karakteristik usia TK sangat bervaiarsi baik dalam hal kecakapan sikaf maupun minatnya, maka dari itu  agar semua pembelajaran berjalan harus yang diinginkan   guru TK harus dituntut  untuk memahami dan menguasai berbagai komponen yang terkait dengan pendekatan pembelajaran tsb.
Di TK Aisyiyah 5 kelompok B jumlah nak 22 orang, penulis mengobservasi salah satu anak yaitu:
Nama                     : Risma wati
Nama Panggilan    : Risama
Umur                     : 5 tahun
Jenis Kelamin        : Perempuan
Anak ke                 : 1 (satu)
Ayah                     : Dede Sutsna
Pekerjaan               : Wiraswasta
Alamat                  : Jl. Lewiuanyar Kp. Leuwihalang – Tasikmalaya
Penulis mengobservasi abak tersebut mulai dari pertaa ia masuk kelas, sampai pembelajaran  selesai.
Hasil akhir(penilaian) anak tersebut menunjukan adanya resfon yangsangat baik terhadap setiap pembeejaran yang diberikan oleh gurunya.
Acanya cara ./ prosedur yang dilakukan di TK Aisyiyah  5 sebagai berikut:







Contoh Format Observasi
FORMAT OBSERVASI


Nama : Risma                                                                    Kelompok B
No
Hari/ Tanggal
Kegiatan Pembelajaran
Aspek yang
diamati
Hasil
Pengamatan
1
Senin
21 – 04 – 2008
-           Berdo’a sebelum dan sesudah belajar
-           Bermain bebas
-           Mencuci tangan sebelum dan sesudah makan
-           Berdo’a sebelum dan sesudah makan
-           Bernyanyi


-       Sikap berdo’a dan hapalan
-       Mau bermain bersama teman
-       Cara mencuci tangan
-       Penggunaan air, lap
-       Sikap dan hapalan do’a
-       Hafalan nyanyian
-     Sikap berdo’a  sesudah dan hafal
-     Mau bermain dengan semua/ anak
-     Cara mencuci dan penggunaa aiar, lap sdah baik
-     Sikap dan hapalan  dalam berdo’a sangat baik
-     Syairlagu sudah begitu hafal
 


Tasikmalaya, 21 April 2008
Mengetahui
Kepala TK




______________________
         NIP.

Guru Kelompok B




______________________
          NIP



 


Contoh Format Percakapan

FORMAT PERCAKAPAN

Nama : Risma                                                                                                             Kelompok B
No
Hari/ Tanggal
Kegiatan Pembelajaran
Aspek yang
Ditanyakan
Hasil
Percakapan
1.
Senin, 21 – 04 – 08
-          Bercakap-cakap tentang kegiatan


-          Kegiatan hari ini dan tugas untuk hari esok

-          Dalam menjawab pertanyaan dari guru dan teman-teman sangat aktif










Tasikmalaya, 21 April 2008
Mengetahui
Kepala TK




______________________
         NIP.

Guru Kelompok B




______________________
          NIP



 


Contoh Format Penugasan
FORMAT PENUGASAN


Nama : Risma                                                                          Kelompok B
No
Hari/ Tanggal
Kegiatan
Pembelajaran
Jenis Penugasan 
Hasil
Percakapan
1.
Senin, 21 – 04 – 08
-          Menghubungkan tulisan dengan gambar tulisan
-          Menunjukan jumlah sam (=) dan tidak sama (≠)


-          Menghubungkan tulisan Bendera dengan gambar bendera
Memberikan tan (=) sama, dan (≠) tidaksama gambar yang bersedia
-          Anak sudah mampu menghubungkan tulisan dengan gambar
-          Dalam meilang dan memberikan tan (=) dan (≠)







Tasikmalaya, 21 April 2008
Mengetahui
Kepala TK




______________________
         NIP.

Guru Kelompok B




______________________
          NIP


 


Contoh Format Unjuk Kerja
FORMAT UNJUK KERJA

Nama : Risma                                                                          Kelompok B
No
Hari/ Tanggal
Kegiatan
Pembelajaran
Aspek yang
di nilai   
Hasil
Percakapan
1.
Senin, 21 – 04 – 08
-          Berlari sambil melompat


-          Keseimbangan dalam melompat 

-          Dalam berlari dan melompat sudah baik







Tasikmalaya, 21 April 2008
Mengetahui
Kepala TK




______________________
         NIP.

Guru Kelompok B




______________________
          NIP








 


Contoh Format Hasil Karya
FORMAT HASIL KARYA

Nama : Risma                                                                          Kelompok B
No
Hari/ Tanggal
Kegiatan
Pembelajaran
Jenis Penugasan 
Hasil
Percakapan
1.
Senin, 21 – 04 – 08
-          Menggambar bendara dengan menggunakan pensil warna


-          Kreativitas dan perbaikan warna

-          Dalam kreativitas  menggambar berdera sangat baik







Tasikmalaya, 21 April 2008
Mengetahui
Kepala TK




______________________
         NIP.

Guru Kelompok B




______________________
          NIP







 


BAB IV
PENUTUP


A.    Kesimpulan
Kegitan pembelajaran pada anak harus senantiasa berorienasi kepada kebutuhan anak dan proses evaluasi ang dilakukan oleh guru harus objektif, factual dan actual karena evaluasi yang dilakukan oleh guru berdasarkan kenyataan atas kegiatan sehari-hari anak.

B.     SARAN
Seorang guru TK dituntut memahami evasluasi pendidikan, arena melaksanakan evasluasi / penilaian  termasuk  salah satu tugas profesionalnya sebagai guru dalam rangka mempertanggung jawabkan  upaya  yang telah dilakukan oleh guru.



DAFTAR PUSTAKA

1.      Iksan Waseso, dkk. Evaluasi Pembelajaran  TK. Penerbit Universitas Terbuka.
2.      Hermin  S.Pd. penilaian TK / RA
3.      Drs. N. Ngalim Purwanto, Mp. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Penerbit: ROSDA.