Tata Cara | Praktek dan Bacaan Doa Shalat Istikharah (Shalat Meminta Petunjuk)

Bacaan Doa Shalat Istikharah.  Sobat yang dirahmati Allah, Kali ini saya akan mengulas sedikit mengenai doa Memohon Pilihan yang diajarkan rosululloh kepada jabir. Salat Istikharah (Arab: صلاة_الاستخارة ) adalah salat sunnah yang dikerjakan untuk meminta petunjuk Allah oleh mereka yang berada di antara beberapa pilihan dan merasa ragu-ragu untuk memilih atau saat akan memutuskan sesuatu hal. Spektrum masalah dalam hal ini tidak dibatasi. Seseorang dapat salat istikharah untuk menentukan dimana ia kuliah, siapa yang lebih cocok menjadi jodohnya atau perusahaan mana yang lebih baik ia pilih. Setelah salat istikharah, maka dengan izin Allahpelaku akan diberi kemantapan hati dalam memilih. Untuk tata cara sholat istikharah, yakni kita sholat sunat 2 rokaat, terus kita berdoa, untuk doanya tidak ada keterangan yang khusus dimana doa itu harus dibaca, Berikut doanya: 


Bacaan Doa Shalat Istikharah dan Artinya
Artinya;
“Ya Allah, aku memohon petunjuk daripadaMu dengan ilmuMu dan aku memohon ketentuan daripadaMu dengan kekuasaanMu dan aku memohon daripadaMu akan limpah kurniaanMu yang besar. Sesungguhnya Engkau Maha Berkuasa sedangkan aku tidak berkuasa dan Engkau Maha Mengetahui sedangkan aku tidak mengetahui dan Engkaulah Yang Maha Mengetahu segala perkara yang ghaib. Ya Allah, seandainya Engkau mengetahui bahawasanya urusan ini (sebutkan..) adalah baik bagiku pada agamaku, kehidupanku dan kesudahan urusanku sama ada cepat atau lambat, takdirkanlah ia bagiku dan permudahkanlah serta berkatlah bagiku padanya da seandainya Engkau mengetahui bahawa urusan ini (sebutkan..) mendatangkan keburukan bagiku pada agamaku, kehidupanku dan kesudahan urusanku sama ada cepat atau lambat, maka jauhkanlah aku daripadanya dan takdirkanlah kebaikan untukku dalam sebarang keadaan sekalipun kemudian redhailah aku dengannya”.






Keterangan:
Kata Jabir, Rosululloh saw, Mengajariku doa ini seperti beliau mengajariku satu surat Al-Qur'an. Beliau bersabda: Jika ssalah seorang menganggap teramat penting akan suatu urasan, hendalah salat dua rakaat yang bukan fardu tentunya kemudian berdoa dengan doa ini, dan tidak terkai dengan waktu.

Demikialah ulasan mengenai Bacaan Doa Shalat Istikharah, Mudah-mudah kita diberilah pilihan  yang tepat setelah mengamalkannya. Amiin,  Sukron.