CONTOH FORMAT
ISIAN CURICULUM VITAE:
CURRICULUM VITAE
1.
|
N a m a Lengkap
|
: Dra. Nurul Zuriah, M.Si.
|
2.
|
NIP
|
: 131 930 151
|
3.
|
Pangkat / Golongan
|
: Pembina / IV A
|
4.
|
Pendidikan Terakhir
|
: Magister Sosiologi Pendidikan ( S-2)
|
5.
|
Bidang Keahlian
|
: Pendidikan & Pembelajaran PKn/IPS
|
6.
|
Unit Kerja
|
: PPKn – FKIP – Univ.
Muhammadiyah Malang
|
7.
|
Alamat Kantor
|
: Jln. Raya Tlogomas No.
246
|
4.
|
No. Telpon / Fax
|
: 0341 – 464318 / 460782
|
5.
|
HP / email
|
: 08123382195 / nurulz@umm.ac.id
|
A. Riwayat Pendidikan
(dari sarjana muda / yang sederajat)
No
|
Universitas/Institut
dan Lokasi
|
Gelar
|
Tahun
Selesai
|
Bidang
Ilmu
|
1.
|
IKIP
|
Dra.
|
1990
|
PPKn/ IPS
|
2.
|
Univ.
Muhammadiyah Malang
|
M.Si.
|
1996
|
Sosiologi-Pendidikan
|
B. Pengalaman Kerja, Pengalaman Profesional
dan Kedudukan Saat Ini
No
|
Institusi
|
Jabatan
|
Periode Kerja
|
1.
|
Univ.
Muhammadiyah Malang
|
Kajur PPKn
|
2000-2003
|
2.
|
Univ. Muhammadiyah Malang
|
Ketua PSWK
|
2003-2004
|
3.
|
Univ. Muhammadiyah Malang
|
Kepala Klinik
Pendidikan
|
2005 - 2006
|
4.
|
Univ. Muhammadiyah Malang - SD binaan Muhammadiyah 9 Panglima
Sudirman
|
Kepala Sekolah
|
2006 - 2007
|
C. Buku / Diktat yang dihasilkan
No
|
Judul Buku
|
Tahun
|
1.
|
Langkah Awal Memahami Pendidikan Pancasila di PT
|
1997
|
2.
|
Modul PPKn 1 untuk Guru
SD/MI
|
1997
|
3.
|
Pendidikan Pancasila untuk Guru SD/MI
|
1997
|
4.
|
Modul PPKn 2
untuk Guru SD/MI
|
1998
|
5.
|
Modul PPKn 3 untuk Guru SD/MI
|
1999
|
6.
|
Modul Matakuliah Penelitian Pendidikan & Penulisan
Karya Ilmiah
|
2000
|
7.
|
Buku Proceding Hasil Simposium & Lokakarya
Rekonstruksi Profesi Guru dalam Kerangka Reformasi Pendidikan di Indonesia
|
2000
|
8.
|
Buku Penelitian Tindakan ( Action Research) dalam
Bidang Pendidikan dan Sosial
|
2001
|
9.
|
Buku Ajar Ilmu Kewarganegaraan
|
2002
|
10.
|
Buku Ajar Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan –
Teori Aplikasi
|
2005
|
11.
|
Buku Pendidikan Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan
|
2006
|
12.
|
Buku Strategi Belajar Mengajar dan Interaksi Edukatif
dalam Pembelajaran PKn / IPS
|
2007
|
D. Mata Kuliah yang Diampu ( 5 Tahun Terakhir )
No
|
Mata Kuliah
|
1.
|
Pendidikan Kewarganegaraan ( Lintas Fakultas & Jurusan )
|
2.
|
Strategi
Belajar Mengajar PKn/IPS ( Jurusan PPKn)
|
3.
|
Perencanaan Pengajaran PKn/IPS ( Jurusan PPKn)
|
4.
|
Belajar
dan Pembelajaran ( Jurusan PPKn )
|
5.
|
Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan (
Jurusan PPKn )
|
6.
|
Dasar
dan Konsep Pendidikan Moral dan Budi Pekerti ( Jurusan PPKn)
|
7.
|
Ilmu Kewarganegaraan (
Jurusan PPKn )
|
8.
|
Profesi Pendidikan (
Jurusan PPKn )
|
9.
|
Metodologi Penelitian
Kualitatif ( Jurusan Psikologi )
|
10.
|
Kebijakan Pengembangan
Pendidikan ( Jurusan MKPP )
|
E. Daftar Karya Ilmiah ( 5 Tahun Terakhir )
No
|
Judul
Publikasi
|
Tahun
|
1.
|
Persepsi dan Aspirasi Mahasiswa Terhadap Civic Education
di Perguruan Tinggi
|
2002
|
2.
|
Pengembangan Model
Pembelajaran Civic Education Berbasis Trimodel Pembelajaran sebagai Upaya
Aksele-rasi Desimenasi Nilai-Nilai Demokrasi di Perguruan Tinggi Muhammadiyah
|
2003
|
3.
|
Advokasi dan Pelaksanaan Konvensi Hak Anak pada Hukum
Perundang-Undangan di Indonesia
|
2003
|
4.
|
Model Pembelajaran Demokratis Berpersektif Gender dalam
Matapelajaran PPKn/IPS di Lingkungan Pendidikan Dasar
|
2003
|
5.
|
Pola Pengambilan Keputusan dalam Keluarga Caleg /
Politisi Perempuan di Kota Malang
|
2003
|
6.
|
Model Pembelajaran Demokratis dalam Matapelajaran PPKn
di Lingkungan Pendidikan Dasar
|
2004
|
7.
|
Pengembangan Desain Pembelajaran Motivasional Model
ARCS bagi Siswa Sekolah Dasar Muhammadiyah IX Kota Malang
|
2004
|
8
|
Pengembangan Model Pendidikan Politik Berbasis KKG pada
Partai Politik dan Organisasi Perempuan Sebagai Implementasi Keterwakilan
Perempuan di Parlemen
|
2004
|
9.
|
Model Pembelajaran Demokratis Berperspektif Gender
dalam Matapelajaran PPKn/IPS/PKPS di Lingkungan Pendidikan Dasar
|
2005
|
10.
|
Sensitivitas Gender dalam Pembelajaran Matematika di SD
Muhammadiyah Kota Malang
|
2005
|
11.
|
Analisis Model Teoritik Inovasi Pembelajaran Berbasis
Demokratisasi di Lingkungan Pendidikan Dasar
|
2006
|
12.
|
Pengembangan Model Advokasi ”Sinergis-Integratif”
Berbasis KKG bagi Perempuan Korban KDRT di Kabupaten Malang
|
2006
|
F. Daftar Hak Kekayaan
Intelektual (HKI) yang dimiliki
No
|
Judul
Publikasi
|
Tahun
|
1.
|
Model Pembelajaran Demokratis Berperspektif Gender dalam Matapelajaran
PPKn/IPS/PKPS di Lingkungan Pendidikan Dasar
|
2006
|
G. Pengalaman Penelitian
No.
|
Judul Penelitian
|
Sumber Dana
|
Tahun
|
1.
|
Persepsi dan Aspirasi Mahasiswa Terhadap Civic Education
di Perguruan Tinggi
|
DPP - UMM
|
2002
|
2.
|
Pengembangan Model
Pembelajaran Civic Education Berbasis Trimodel Pembelajaran sebagai Upaya
Akselerasi Desimenasi Nilai-Nilai Demokrasi di Perguruan Tinggi Muhammadiyah
|
DPP /PBI- UMM
|
2003
|
3.
|
Advokasi dan Pelaksanaan Konvensi Hak Anak pada Hukum
Perundang-Undangan di Indonesia
|
Dosen Muda –
DP3M - DIKTI
|
2003
|
4.
|
Model Pembelajaran Demokratis Berpersektif Gender dalam
Matapelajaran PPKn/IPS di Lingkungan Pendidikan Dasar
|
PHB XI 1 – DP3M
- DIKTI
|
2003
|
5.
|
Pola Pengambilan Keputusan dalam Keluarga Caleg /
Politisi Perempuan di Kota Malang
|
SKW – DP3M -
DIKTI
|
2003
|
6.
|
Model Pembelajaran Demokratis dalam Matapelajaran PPKn
di Lingkungan Pendidikan Dasar
|
PHB XI.2 – DP3M
- DIKTI
|
2004
|
7.
|
Pengembangan Desain Pembelajaran Motivasional Model
ARCS bagi Siswa Sekolah Dasar Muhammadiyah IX Kota Malang
|
PTK – CAR –
DP3M - DIKTI
|
2004
|
8.
|
Pengembangan Model Pendidikan Politik Berbasis KKG pada
Partai Politik dan Organisasi Perempuan Sebagai Imple-mentasi Keterwakilan Perempuan
di Parlemen
|
PHB XII.1 – DP3M - DIKTI
|
2004
|
9
|
Model Pembelajaran Demokratis Berperspektif Gender
dalam Matapelajaran PPKn/IPS/PKPS di Lingkungan Pendidikan Dasar
|
PHB XI.3 – DP3M
- DIKTI
|
2005
|
10
|
Sensitivitas Gender dalam Pembelajaran Matematika di SD
Muhammadiyah Kota Malang
|
SKW – DP3M -
DIKTI
|
2005
|
11
|
Analisis Model Teoritik Inovasi Pembelajaran Berbasis
Demokratisasi di Lingkungan Pendidikan Dasar
|
FR – DP2M -
DIKTI
|
2006
|
12
|
Pengembangan Model Advokasi ”Sinergis-Integratif”
Berbasis KKG bagi Perempuan Korban KDRT di Kabupaten Malang
|
PHB XIV.1 –
DP2M - DIKTI
|
2006
|
H. Pengabdian Kepada Masyarakat ( 5 Tahun Terakhir )
No.
|
Judul Kegiatan
|
Sumber Dana
|
Tahun
|
1.
|
Trainer of Trainer Pengembangan Civic
Education di Perguruan Tinggi Muham-madiyah
|
|
2003
|
2.
|
TOT Pengembangan Civic
Education di Perguruan Tinggi Muhammadiyah Wilayah Barat -
|
|
2003
|
3.
|
TOT Pengembangan Civic
Education di Perguruan Tinggi Muhammadiyah Wilayah Timur - Makasar
|
|
2003
|
4.
|
Pengarusutamaan Gender dalam bidang
Politik di kabupaten Magetan
|
Pemkab. Magetan
|
2003
|
5.
|
Perencanaan Pembangunan Berperspektif
Gender di Kota Blitar
|
Pemkot. Blitar
|
2004
|
6.
|
Trainer of Trainer Pengembangan Civic
Education di SMU Muhammadiyah
|
|
2005
|
7.
|
TOT Pengembangan Civic
Education di SMU Muhammadiyah -
|
|
2005
|
8.
|
TOT Pendidikan Berbasis Masyarakat di
PTM Wilayah Timur - Makasar
|
|
2006
|
Malang, 26 Maret 2007
Pengusul
Dra. Nurul Zuriah,
M.Si.
NIP.
131 930 151
Catatan :
- Curiculum Vitae ditulis dalam kertas ukuran A4
(batas : 4 cm kiri ; 3 cm kanan ; 4 cm atas ; 3 cm bawah)
- Menggunakan
Huruf Times New Roman 12, spasi 1
- Tanpa
nomor halaman
- CV wajib ditandatangani oleh pengusul ybs
(masing2 sebanyak rangkap 4)