RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
TEMA:
5
HIDUP BERSIH DAN SEHAT
SUB
TEMA : 1
HIDUP BERSIH DAN SEHAT DI RUMAH
PEMBELAJARAN
5
Disusun oleh:
SUHENDAR S.Pd.I
KELAS: 2A
NO ABSEN : 5
SDN 2 RAJAPOLAH
KECAMATAN RAJAPOLAH KABUPATEN TASIKMALAYA
2014
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Satuan
Pendidikan
|
:
|
SDN 2 RAJAPOLAH
|
Kelas
/ Semester
|
:
|
2
(dua)
/ 1 (satu)
|
Tema / Sub tema
|
:
|
Hidup Bersih dan Sehat / Hidup Bersih dan Sehat di Rumah
|
Alokasi
Waktu
|
:
|
1
x pertemuan (5 x 35 menit)
|
A.
Kompetensi
Inti
1. Menerima,
menjalankan dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Memiliki
prilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat
bermain
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya
yang estetis dalam gerak yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan prilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
·
PJOK
Kompetensi
Dasar
3.8 Mengetahui
konsep variasi berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan
dan lengan depan/belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri
dengan salah satu kaki), serta pola gerak dominan dinamis (menolak, mengayun,
melayang di udara, berputar, dan mendarat) dalam aktivitas senam.
4.6 Mempraktikkan variasi berbagai pola gerak dasar dominan
statis (bertumpu dengan tangan dan lengan depan/belakang/samping, bergantung,
sikap kapal terbang, dan berdiri dengan salah satu kaki), serta pola gerak
dominan dinamis (menolak, mengayun, melayang di udara, berputar, dan mendarat)
dalam aktivitas senam.
Indikator
3.5.3 Mengidentifikasi pola gerak dasar sikap kapal
terbang dalam aktivitas senam
3.5.4 Mengidentifikasi pola gerak dasar berdiri dengan satu
kaki dalam aktivitas senam
3.5.5 Mengidentifikasi pola gerak dasar menolak dalam
aktivitas senam
4.5.3 Melakukan gerakan sikap kapal terbang
4.5.4 Berdiri dengan satu kaki dalam berbagai aktivitas
4.5.5 Melakukan gerakan menolak dengan tangan
4.5.6 Melakukan gerakan menolak dengan kaki
·
PPKn
Kompetensi
Dasar
3.2 Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah.
4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah.
Indikator
3.2.4 Mengemukakan
pendapat tentang manfa’at aturan dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
4.2.2 Melaksanakan aturan di lingkungan keluarga.
·
Bahasa
Indonesia
Kompetensi Dasar
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan
bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
pemahaman.
4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang
kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
penyajian.
Indikator
3.2.4
Mencatat hal-hal pokok kegiatan dengan topik tertentu.
4.2.3
Membacakan cerita narasi yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang
jelas.
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan mengamati media gambar, siswa dapat
mengidentifikasi pola gerak dasar sikap kapal terbang dalam aktivitas senam
dengan cermat.
2. Dengan memperhatikan gambar, siswa dapat mengidentifikasi
pola gerak dasar berdiri dengan satu kaki dalam aktivitas senam dengan cermat.
3. Dengan memperhatikan gambar, siswa dapat mengidentifikasi
pola gerak dasar menolak dalam aktivitas senam dengan cermat.
4. Dengan memperhatikan gambar, siswa dapat melakukan
gerakan sikap kapal terbang dengan percaya diri.
5. Dengan
memperhatikan gambar, siswa dapat berdiri dengan satu
kaki dalam berbagai aktivitas dengan percaya diri.
6. Dengan memperhatikan gambar, siswa dapat melakukan
gerakan menolak dengan tangan dengan disiplin.
7. Dengan memperhatikan gambar, siswa dapat melakukan
gerakan menolak dengan kaki dengan disiplin.
8. Dengan
diskusi kelompok, siswa dapat mengemukakan pendapat
tentang manfa’at aturan dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan cermat.
9. Dengan mengamati teks naskah buku, siswa dapat
melaksanakan aturan di lingkungan keluarga dengan percaya diri.
10. Dengan mengamati gambar, siswa dapat mencatat hal-hal
pokok kegiatan dengan topik tertentu.
11. Dengan tulisan hasil diskusi, siswa dapat menjelaskan
kembali cerita tentang hidup bersih dan sehat dengan lafal dan intonasi yang
jelas.
D.
Materi
Pelajaran
-
Tata
tertib di rumah
-
Menceritakan
kegiatan di sawah
-
Melakukan
gerakan dasar sikap kapal terbang, berdiri satu kaki dan dasar menolak
-
Pembiasaan
mencuci tangan
E.
Metode
Pembelajaran
Pendekatan :
Scientific
Metode :
Penugasan, Ceramah, Diskusi dan Tanya Jawab.
F. Media,
Alat dan Sumber Pembelajaran
Media :
Gambar pada buku siswa
Alat :
Bola Volley
Sumber Pembelajaran :
Buku Guru dan Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 5 “Hidup Bersih dan Sehat”,
Lembar Kerja Siswa
G. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru
membuka pelajaran dengan menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka
2. Guru
mengajak siswa untuk berdoa dan meminta salah seorang siswa memimpin do’a
3. Guru
melakukan apersepsi sebagai awal komunikasi guru sebelum melaksanakan
pembelajaran inti.
4. Guru
memberi motivasi kepada siswa agar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang
akan dilaksanakan.
5. Siswa
mendengarkan penjelasan dari guru kegiatan yang akan dilakukan hari ini dan
apa tujuan yang akan dicapai dari kegiatan tersebut dengan bahasa yang
sederhana dan dapat dipahami.
|
15 menit
|
Kegiatan Inti
|
1. Siswa
menjawab pertanyaan guru tentang pelajaran hari sebelumnya. (Siapa yang tadi
pagi membantu merapikan kamar? Bagaimana perasaan kita jika melihat kamar dan
rumah yang bersih dan rapi? Selain indah dipandang, apa manfaat rumah yang
bersih dan rapi?)
2. Siswa
mengamati gambar dan bacaan yang ada pada buku siswa/ layar.
3. Siswa
mengikuti guru memberikan contoh cara membaca dengan intonasi dan ejaan yang
benar.
4. Siswa
dibimbing guru untuk
mengamati gambar Sitidan keluarga berjalan-jalan ke sawah
5. Siswa
mengamati masing-masing
gerakan yang dilakukan Siti dan Ali
6. Siswa memahami teks bacaan tentang kegiatan di sawah
7. Siswa diberi pertanyaan-pertanyaan untuk mengecek
pemahaman materi (Gerakan apakah yang dilakukan Siti dan Ali?, Dapatkah kamu
melakukan gerakan Ali dan Siti?)
8. Siswa dibimbing guru untuk mengajukan pertanyaan
tentang hasil pengamatannya
9. Siswa diminta menulis pertanyaannya, kemudian secara
bergantian siswa mengajukan pertanyaan
10. Guru mencatat pertanyaan-pertanyaan siswa dan membahasnya
secara klasikal
11. Siswa dibimbing guru melakukan gerakan sesuai dengan
gerakan Siti dan Ali (keseimbangan dengan sikap kapal terbang, gerakan dasar
berdiri satu kaki dan gerakan dasar menolak)
12. Siswa diminta maju ke depan dua orang perwakilan untuk mempraktekan
gerakan Siti dan Ali
13. Siswa diminta melakukan pemanasan terlebih dahulu
sebelum melakukan gerakan Siti dan Ali dimulai dari kepala, tangan dan kaki
14. Setelah berolahraga siswa melakukan pendinginan dan
mencuci tangan dan kaki dengan sabun untuk membiasakan hidup bersih dan sehat
15. Siswa dibimbing guru berdiskusi bersama teman
sekelompok dengan tanya jawab secara klasikal, kemudian siswa dibagi menjadi
beberapa kelompok
16. Siswa diberi kesempatan berdiskusi dengan temen
sekelompok mencari alasan akibat tidak mencuci tangan
17. Siswa diberi stimulan untuk berpendapat dan menghargai
pendapat teman
18. Siswa membacakan hasil diskusi dengan penuh percaya
diri
19. Siswa diberi arahan untuk membaca lafal dan intonasi
yang benar.
20. Siswa
mengerjakan contoh soal yang disediakan guru di papan tulis.
21. Siswa
mengerjakan latihan pada buku siswa.
|
145 menit
|
Penutup
|
1. Siswa dengan bimbingan guru
menyimpulkan kegiatan
pembelajaran yang sudah dilakukan
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Guru menanyakan kepada siswa tentang materi yang
baru dipelajari. Dengan arahan guru, siswa melakukan refleksi dari kegiatan
yang sudah dilakukan.
4. Siswa diberi tugas rumah
(PR)
5. Guru mengajak berdo’a sebelum mengakhiri
pembelajaran dan meminta salah seorang siswa untuk memimpin doa.
|
15 menit
|
H.
Penilaian
1. Teknik
Penilaian
a. Penilaian
sikap
No
|
Nama
|
Percaya Diri
|
Disiplin
|
Bekerja sama
|
|||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
DAYU
|
||||||||||||
2
|
SITI
|
||||||||||||
3
|
UDIN
|
||||||||||||
4
|
LANI
|
||||||||||||
5
|
EUIS
|
||||||||||||
6
|
ELIS
|
||||||||||||
7
|
IIS
|
||||||||||||
8
|
IDA
|
b.
Penilaian
Pengetahuan
Tes
Tertulis (isian)
Menulis
hasil diskusi tentang akibat tidak mencuci tangan
Kriteria
|
Bobot
|
Menjawab dengan lengkap dan benar sesuai EYD
|
4
|
Menjawab dengan lengkap dan benar tidak sesuai EYD
|
3
|
Menjawab dengan kurang lengkap dan benar sesuai dengan
EYD
|
2
|
Menjawab dengan kurang lengkap dan benar tidak sesuai
dengan EYD
|
1
|
c.
Penilaian
Keterampilan
a.
membuat pertanyaan dari gambar yang diamati
Penilaian:
Observasi (pengamatan)
Lembar
Pengamatan Kegiatan Bertanya
No.
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum Terlihat (√)
|
1
|
Menggunakan kata tanya yang sesuai
|
||
2
|
Penggunaan tanda tanya pada kalimat tanya
|
||
3
|
Kesesuaian pertanyaan dengan gambar yang diamati
|
||
4
|
Menggunakan kata tanya yang bervariasi
|
b. Berprilaku yang
sesuai dengan aturan yang berlaku dalam gerakan
Penilaian: Observasi (pengamatan)
Lembar
pengamatan berprilaku yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam gerakan
No.
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum Terlihat (√)
|
1
|
Keterampilan melakukan gerakan dasar sikap kapal
terbang
|
||
2
|
Keta’atan pada aturan melakukan gerakan dasar sikap
kapal terbang
|
||
3
|
Keterampilan melakukan gerakan berdiri satu kaki
|
||
4
|
Keta’atan pada aturan gerakan berdiri satu kaki
|
||
5
|
Keterampilan melakukan gerakan dasar menolak
|
||
6
|
Keta’atan pada aturan melakukan gerakan dasar menolak
|
Hasil pengamatan berprilaku yang sesuai dengan aturan
yang berlaku dalam gerakan
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
Kriteria 3
|
Kriteria 4
|
Kriteria 5
|
Kriteria 6
|
||||||
T
|
BT
|
T
|
BT
|
T
|
BT
|
T
|
BT
|
T
|
BT
|
T
|
BT
|
||
1
|
DAYU
|
||||||||||||
2
|
SITI
|
||||||||||||
3
|
UDIN
|
||||||||||||
4
|
LANI
|
||||||||||||
5
|
EUIS
|
||||||||||||
6
|
ELIS
|
||||||||||||
7
|
IIS
|
||||||||||||
8
|
IDA
|
c.
Berdiskusi akibat tidak mencuci tangan
Hasil pengamatan berdiskusi
Penilaian: Unjuk kerja
Rubrik penilaian berdiskusi
No.
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum Terlihat (√)
|
1
|
Keaktifan dalam berdiskusi
|
||
2
|
Kemampuan menguasai alasan akibat tidak mencuci tangan
|
||
3
|
Kemampuan mengeluarkan pendapat
|
Rekap
penilaian berdiskusi
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
Kriteria 3
|
|||
T (√)
|
BT (√)
|
T (√)
|
BT (√)
|
T (√)
|
BT (√)
|
||
1
|
DAYU
|
||||||
2
|
SITI
|
||||||
3
|
UDIN
|
||||||
4
|
LANI
|
||||||
5
|
EUIS
|
||||||
6
|
ELIS
|
||||||
7
|
IIS
|
||||||
8
|
IDA
|
Kepala Sekolah,
CUCU NURHAYATI, S.Pd
NIP. 19581015
197703 2002
|
Rajapolah, 23 Juni 2014
Guru Kelas II,
SUHENDAR, S.Pd.I
|