Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Satuan
Pendidikan
|
:
|
SDN Cibungbun
|
Kelas
/ Semester
|
:
|
2
(dua)
/ 1 (satu)
|
Tema/
Sub tema
|
:
|
Hidup Bersih dan Sehat/Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah
|
Alokasi
Waktu
|
:
|
1
x pertemuan (5 x 35 menit )
|
A.
Kompetensi
Inti
1. Menerima,
menjalankan dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Memiliki
prilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat
bermain
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya
yang estetis dalam gerak yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan prilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
·
PKn
Kompetensi
Dasar
3.2 Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah
Indikator
3.2.7 Mengelompokkan berbagai contoh kegiatan yang sesuai
dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di sekolah
4.2.3 Melaksanakan tata tertib di lingkungan sekolah
·
Bahasa
Indonesia
Kompetensi Dasar
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan
bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
pemahaman.
4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang
kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
penyajian
Indikator
3.2.2
Menceritakan berbagai jenis kegiatan di lingkungan sekitar
4.2.1
Menulis cerita narasi sederhana tentang kegiatan di lingkungan sekitar dengan
EYD yang benar.
4.2.3
Membacakan cerita narasi yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang
jelas
·
PJOK
Kompetensi
Dasar
3.8 Memahami cara menjaga kebersihan kelas (seperti : Piket
membersihkan lingkungan kelas, papan tulis ) dan lingkunagn sekolah (halaman
sekolah)
4.8 Mempraktikkan cara menjaga kebersihan
kelas (seperti : Piket membersihkan lingkungan kelas, papan tulis ) dan
lingkunagn sekolah (halaman sekolah)
Indikator
3.8.1 Mengidentifikasi
berbagai cara menjaga kebersihan kelas.
3.8.2 Mengidentifikasi berbagai cara membersihkan lingkungan
sekolah.
3.8.3 Menyebutkan alasan menjaga kebersihan.
4.8.1 Melakukan piket membersihkan lingkungan kelas.
4.8.2 Mendemonstrasikan cara membersihkan lemari dengan
benar.
4.8.3 Membersihkan halaman sekolah.
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan tanya jawab dan pengamatan gambar tentang kegiatan
tugas piket siswa, siswa dapat mengidentifikasi berbagai cara menjaga
kebersihan kelas dengan cermat.
2. Dengan teks bacaan, siswa dapat menyebutkan alasan
membersihkan kelas dengan percaya diri.
3. Dengan
petunjuk sederhana siswa dapat melakukan piket dengan
penuh percaya diri.
4. Dengan petunjuk sederhana, siswa dapat mendemonstrasikan
cara membersihkan lemari dengan penuh percaya diri.
5. Dengan
petunjuk sederhana siswa dapat mendemonstrasikan cara
membersihkan lingkungan kelas dengan penuh percaya diri.
6. Dengan
petunjuk sederhana siswa dapat mendemonstrasikan cara
membersihkan halaman sekolah dengan penuh percaya diri.
7. Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengelompokkan
berbagai contoh kegiatan yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di sekolah dengan cermat.
8. Dengan
bimbingan guru, siswa dapat melaksanakan tata tertib
dilingkungan sekolah dengan disiplin.
9. Dengan bimbingan guru, siswa dapat menceritakan kegiatan
di lingkungan sekolah dengan percaya diri.
10. Dengan
presentasi secara bergantian, siswa dapat membacakan
cerita berbagai tugas di lingkungan sekolah dengan cermat dan penuh percaya
diri.
D.
Materi
Pelajaran
-
Tata
tertib di sekolah
-
Menceritakan
kegiatan di kelas
-
Membersihkan
halaman sekolah
E.
Metode
Pembelajaran
Pendekatan :
Scientific
Metode :
Penugasan, Ceramah, Simulasi/praktek, Tanya jawab.
F. Media,
Alat dan Sumber Pembelajaran
Media :
Gambar
Alat :
Sapu Lidi, Sapu Ijuk, Lap, Pengki dan Tong Sampah
Sumber
Pembelajaran :
Buku Guru dan Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013, LKS, Guru, Siswa dan
lingkungan sekitar
G. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru
membuka pelajaran dengan menanyakan kabar siswa, dan kegiatan berdo’a.
2. Guru
melakukan apersepsi sebagai awal komunikasi guru sebelum melaksanakan
pembelajaran ini dengan bertanya kepada siswa: “Siapa yang tadi pagi
membantu ibu membersihkan
rumah?”
3. Guru
memberi motivasi kepada siswa agar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
4. Guru
menjelaskan apa kegiatan yang akan mereka lakukan hari ini dan apa tujuan
yang akan dicapai dari kegiatan
tersebut dengan bahasa yang sederhana dan dapat dipahami oleh siswa.
|
± 10 menit
|
Kegiatan Inti
|
1. Siswa
diminta untuk mengamati gambar
Siti dan teman-temannya yang sedang membersihkan kelas.
(mengamati)
2. Siswa
mengamati teks bacaan tentang
membersihkan kelas. (mengamati)
3. Siswa
diberi pertanyaan-pertanyaan
untuk mengecek pemahaman siswa
-
Apa yang dilakukan Siti dan teman-temannya di kelas?
-
Mengapa kelas harus bersih?
4. Siswa
dibimbing guru untuk
mengajukan pertanyaan tentang hasil pengamatannya.
(menanya)
5. Siswa
mengamati gambar Dayu
membersihkan lemari. (mengamati)
6. Satu
orang siswa sebagai perwakilan, diminta maju ke depan untuk membersihkan lemari. (eksperimen)
7. Siswa memperhatikan guru cara membersihkan lemari
dengan benar. (mengamati).
8. Siswa
dibagi menjadi beberapa kelompok dan diberikan Lembar Kerja Siswa.
9. Siswa membersihkan halaman kelas dengan bimbingan guru (eksperimen)
10. Siswa mencatat apa yang telah dilakukan ketika membersihkan
halaman kelas pada LKS (mengasosiasi)
11. Siswa diminta mempresentasikan hasil pekerjaannya di
depan kelas (mengkomunikasikan)
12. Siswa bersama guru membahas hasil pekerjaannya
(mengasosiasi)
13. Siswa
diberi kegiatan evaluasi untuk mengetahui pemahaman siswa selama pembelajaran
|
±145 menit
|
Penutup
|
1. Siswa
dengan bimbingan guru menyimpulkan kegiatan pembelajaran yang sudah dilakukan
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Dengan arahan guru, siswa melakukan refleksi dari
kegiatan yang sudah dilakukan
4. Siswa
diberi tugas rumah (PR) .
5. Siswa
berdo’a untuk mengakhiri pembelajaran
|
±20 menit
|
H.
Penilaian
1. Teknik
Penilaian
a. Penilaian
sikap
No.
|
Nama
|
Percaya Diri
|
Disiplin
|
Bekerja sama
|
|||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
ONAH
|
||||||||||||
2
|
OCID
|
||||||||||||
3
|
ICIH
|
||||||||||||
4
|
ODAH
|
||||||||||||
5
|
OON
|
||||||||||||
6
|
OMAS
|
||||||||||||
7
|
OZI
|
||||||||||||
8
|
KOKOM
|
||||||||||||
9
|
ENCUM
|
||||||||||||
10
|
EMAN
|
b.
Penilaian
Pengetahuan
Pilihlah jawaban yang tepat dengan cara memberi tanda
silang (X) pada, a, b atau c !
1. Piket
membersihkan kelas adalah kegiatan menjaga kebersihan di....
a. Rumah
b. Sekolah
c. Masyarakat
2. Gambar yang
digunakan untuk menyapu lantai adalah....
a. b.
c.
3. Kebersihan
adalah pangkal......
a. Keselamatan
b. Kesehatan
c. Keindahan
d.
4. Perilaku
yang mencerminkan menjaga kebersihan adalah
a. Membuang
sampah sembarangan
b. Mencorat-coret
tembok sekolah
c. Membersihkan
lemari
5. Menjaga
kebersihan sekolah adalah tanggung jawab......
a. Guru
b. Siswa
c. Semua
warga sekolah
Nilai =
c.
Penilaian
Keterampilan
a. Membuat
pertanyaan dari gambar yang diamati
Lembar
pengamatan kegiatan bertanya
No
|
Kriteria
|
Terlihat
( √ )
|
Tidak Terlihat
( √ )
|
1
|
Menggunakan kata tanya yang sesuai
|
||
2
|
Penggunaan tanda tanya pada kalimat
tanya
|
||
3.
|
Kesesuaian pertanyaan dengan gambar
yang diamati
|
||
4.
|
Menggunakan kata tanya yang bervariasi
|
Hasil Pengamatan
Kegiatan Bertanya
No.
|
Nama siswa
|
Kriteria 1
|
Kriteria 1
|
Kriteria 1
|
Kriteria
1
|
||||
T
|
TB
|
T
|
TB
|
T
|
TB
|
T
|
TB
|
||
1.
|
ONAH
|
||||||||
2.
|
OCID
|
||||||||
3.
|
ICIH
|
||||||||
4.
|
ODAH
|
||||||||
5.
|
OON
|
b. endemonstrasikan Cara
Membersihkan Lemari
c. Berdiskusi
tentang manfaat membersihkan kelas halaman sekolah
No.
|
Kriteria
|
Terlihat
|
Belum
Terlihat
|
1.
|
Keaktifan
dalam berdiskusi
|
||
2.
|
Kemampuan
menyampaikan isi sesuai tema
|
||
3.
|
Kemampuan
mengeluarkan pendapat
|
Rubrik Penilaian
Berdiskusi
No.
|
Nama siswa
|
Kriteria 1
|
Kriteria 1
|
Kriteria 1
|
Kriteria
1
|
||||
T
|
TB
|
T
|
TB
|
T
|
TB
|
T
|
|||
1.
|
ONAH
|
||||||||
2.
|
OCID
|
||||||||
3.
|
ICIH
|
||||||||
4.
|
ODAH
|
||||||||
5.
|
OON
|
d. Menuliskan
cerita tentang cara membersihkan lemari
Kepala Sekolah
...................................................
NIP.............................................
|
Rajapolah, 26 Juni
2014
Guru Kelas,
Euis Tuti Fatimah,
S.Pd
|
LEMBAR KERJA SISWA
“MEMBERSIHKAN KELAS DAN HALAMAN
SEKOLAH”
Petunjuk
umum
1. Awali kegiatan ini dengan
membaca basmalah!
2. Lakukan kegiatan secara
berkelompok dengan sebaik-baiknya!
3. Tanyakan kepada guru jika ada
yang tidak dimengerti!
Petunjuk
Khusus
1. Ambillah alat kebersihan yang
tersedia!
2. Bersihkanlah ruangan dan
halaman kelas kalian dengan sebaik-baiknya !
3. Lakukan kegiatan tersebut dengan membagi tugas antar teman
dalam setiap kelompok dan isikan pada table di bawah ini!
Kelompok :.......................
No.
|
Nama
Siswa
|
Kegiatan
kebersihan yang dilakukan
|
1.
|
||
2.
|
||
3.
|
||
4.
|
||
5.
|
||
6.
|
4. Jawablah
pertanyaan berikut ini!
Mengapa
kita harus menjaga kebersihan kelas dan halaman kelas!
Jawab:...................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
|
LEMBAR
EVALUASI
I.
Pilihlah jawaban
yang tepat dengan cara memberi tanda silang (X) pada, a, b atau c !
1. Piket membersihkan
kelas adalah kegiatan menjaga kebersihan di....
a. Rumah
b. Sekolah
c. Masyarakat
2. Gambar yang digunakan
untuk menyapu lantai adalah....
a. b.
c.
3. Kebersihan
adalah pangkal......
a. Keselamatan
b. Kesehatan
c. Keindahan
4. Perilaku
yang mencerminkan menjaga kebersihan adalah
a. Membuang
sampah sembarangan
b. Mencorat-coret
tembok sekolah
c. Membersihkan
lemari
5. Menjaga
kebersihan sekolah adalah tanggung jawab......
a. Guru
b. Siswa
c. Semua
warga sekolah
II. Tulislah cerita tentang cara membersihkan lemari!
|