Contoh Penulisan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) | Hidup Bersih dan Sehat | kelas 2 /1



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Satuan Pendidikan
:
SDN Cibungbun
Kelas / Semester
:
2 (dua) / 1 (satu)
Tema/ Sub tema
:
Hidup Bersih dan Sehat/Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah
Alokasi Waktu
:
1 x pertemuan (5 x 35 menit )

A.    Kompetensi Inti
1.      Menerima, menjalankan dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.      Memiliki prilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya yang estetis dalam gerak yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan prilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
·         PKn
Kompetensi Dasar
3.2 Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah
Indikator
3.2.7 Mengelompokkan berbagai contoh kegiatan yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di sekolah
4.2.3 Melaksanakan tata tertib di lingkungan sekolah
·         Bahasa Indonesia
Kompetensi  Dasar
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
Indikator
3.2.2 Menceritakan berbagai jenis kegiatan di lingkungan sekitar
4.2.1 Menulis cerita narasi sederhana tentang kegiatan di lingkungan sekitar dengan EYD yang benar.
4.2.3 Membacakan cerita narasi yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas
·         PJOK
Kompetensi Dasar
3.8 Memahami cara menjaga kebersihan kelas (seperti : Piket membersihkan lingkungan kelas, papan tulis ) dan lingkunagn sekolah (halaman sekolah)
4.8 Mempraktikkan cara menjaga kebersihan kelas (seperti : Piket membersihkan lingkungan kelas, papan tulis ) dan lingkunagn sekolah (halaman sekolah)
Indikator
3.8.1 Mengidentifikasi berbagai cara menjaga kebersihan kelas.
3.8.2 Mengidentifikasi berbagai cara membersihkan lingkungan sekolah.
3.8.3 Menyebutkan alasan menjaga kebersihan.
4.8.1 Melakukan piket membersihkan lingkungan kelas.
4.8.2 Mendemonstrasikan cara membersihkan lemari dengan benar.
4.8.3 Membersihkan halaman sekolah.

C.    Tujuan Pembelajaran
1.      Dengan tanya jawab dan pengamatan gambar tentang kegiatan tugas piket siswa, siswa dapat mengidentifikasi berbagai cara menjaga kebersihan kelas dengan cermat.
2.      Dengan teks bacaan, siswa dapat menyebutkan alasan membersihkan kelas dengan percaya diri.
3.      Dengan petunjuk sederhana siswa dapat melakukan piket dengan penuh percaya diri.
4.      Dengan petunjuk sederhana, siswa dapat mendemonstrasikan cara membersihkan lemari dengan penuh percaya diri.
5.      Dengan petunjuk sederhana siswa dapat mendemonstrasikan cara membersihkan lingkungan kelas dengan penuh percaya diri.
6.      Dengan petunjuk sederhana siswa dapat mendemonstrasikan cara membersihkan halaman sekolah dengan penuh percaya diri.
7.      Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengelompokkan berbagai contoh kegiatan yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di sekolah dengan cermat.
8.      Dengan bimbingan guru, siswa dapat melaksanakan tata tertib dilingkungan sekolah dengan disiplin.
9.      Dengan bimbingan guru, siswa dapat menceritakan kegiatan di lingkungan sekolah dengan percaya diri.
10.  Dengan presentasi secara bergantian, siswa dapat membacakan cerita berbagai tugas di lingkungan sekolah dengan cermat dan penuh percaya diri.

D.    Materi Pelajaran
-          Tata tertib di sekolah
-          Menceritakan kegiatan di kelas
-          Membersihkan halaman sekolah

E.     Metode Pembelajaran
Pendekatan           : Scientific
Metode                  : Penugasan, Ceramah, Simulasi/praktek, Tanya jawab.

F.      Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
Media                                : Gambar
Alat                                   : Sapu Lidi, Sapu Ijuk, Lap, Pengki dan Tong Sampah
Sumber Pembelajaran      : Buku Guru dan Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013, LKS, Guru, Siswa dan lingkungan sekitar

G.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Guru membuka pelajaran dengan menanyakan kabar siswa, dan kegiatan berdo’a.  
2.      Guru melakukan apersepsi sebagai awal komunikasi guru sebelum melaksanakan pembelajaran ini dengan bertanya kepada siswa: “Siapa yang tadi pagi membantu ibu membersihkan rumah?”
3.      Guru memberi motivasi kepada siswa agar semangat dalam  mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.      Guru menjelaskan apa kegiatan yang akan mereka lakukan hari ini dan apa tujuan yang  akan dicapai dari kegiatan tersebut dengan bahasa yang sederhana dan dapat dipahami oleh siswa.
± 10 menit
Kegiatan Inti
1.      Siswa diminta untuk mengamati gambar Siti dan teman-temannya yang sedang membersihkan kelas. (mengamati)
2.      Siswa mengamati teks bacaan tentang membersihkan kelas. (mengamati)
3.      Siswa diberi pertanyaan-pertanyaan untuk mengecek pemahaman siswa
-          Apa yang dilakukan Siti dan teman-temannya di  kelas?
-          Mengapa kelas harus bersih?
4.      Siswa dibimbing guru untuk mengajukan pertanyaan tentang hasil pengamatannya. (menanya)
5.      Siswa mengamati gambar Dayu membersihkan lemari. (mengamati)
6.      Satu orang siswa sebagai perwakilan, diminta maju ke depan untuk membersihkan lemari. (eksperimen)
7.      Siswa memperhatikan guru cara membersihkan lemari dengan benar. (mengamati).
8.      Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok dan diberikan Lembar Kerja Siswa.
9.      Siswa membersihkan halaman kelas dengan bimbingan guru (eksperimen)
10.  Siswa mencatat apa yang telah dilakukan ketika membersihkan halaman kelas pada LKS (mengasosiasi)
11.  Siswa diminta mempresentasikan hasil pekerjaannya di depan kelas (mengkomunikasikan)
12.  Siswa bersama guru membahas hasil pekerjaannya (mengasosiasi)
13.  Siswa diberi kegiatan evaluasi untuk mengetahui pemahaman siswa selama pembelajaran

±145 menit
Penutup
1.      Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan kegiatan pembelajaran yang sudah dilakukan
2.      Melakukan penilaian hasil belajar
3.      Dengan arahan guru, siswa melakukan refleksi dari kegiatan yang sudah dilakukan
4.      Siswa diberi tugas rumah (PR) .
5.      Siswa berdo’a untuk mengakhiri pembelajaran
±20 menit


H.    Penilaian
1.      Teknik Penilaian
a.       Penilaian sikap
No.
Nama
Percaya Diri
Disiplin
Bekerja sama
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
ONAH












2
OCID












3
ICIH












4
ODAH












5
OON












6
OMAS












7
OZI












8
KOKOM












9
ENCUM












10
EMAN














b.      Penilaian Pengetahuan
Pilihlah jawaban yang tepat dengan cara memberi tanda silang (X) pada, a, b atau c !
1.      Piket membersihkan kelas adalah kegiatan menjaga kebersihan di....
a.       Rumah
b.      Sekolah
c.       Masyarakat
2.      Gambar yang digunakan untuk menyapu lantai adalah....
a.                                                 b.                                             c.





3.      Kebersihan adalah pangkal......
a.       Keselamatan
b.      Kesehatan
c.       Keindahan
d.       
4.      Perilaku yang mencerminkan menjaga kebersihan adalah
a.       Membuang sampah sembarangan
b.      Mencorat-coret tembok sekolah
c.       Membersihkan lemari
5.      Menjaga kebersihan sekolah adalah tanggung jawab......
a.       Guru
b.      Siswa
c.       Semua warga sekolah
Nilai =

c.       Penilaian Keterampilan
a.       Membuat pertanyaan dari gambar yang diamati
Lembar pengamatan kegiatan bertanya
No
Kriteria
Terlihat
( √ )
Tidak Terlihat
( √ )
1
Menggunakan kata tanya yang sesuai


2
Penggunaan tanda tanya pada kalimat tanya


3.
Kesesuaian pertanyaan dengan gambar yang diamati


4.
Menggunakan kata tanya yang bervariasi



Hasil Pengamatan Kegiatan Bertanya
No.
Nama siswa
Kriteria 1
Kriteria 1
Kriteria 1
Kriteria 1
T
TB
T
TB
T
TB
T
TB
1.
ONAH








2.
OCID








3.
ICIH








4.
ODAH








5.
OON









b.      endemonstrasikan Cara Membersihkan Lemari

c.       Berdiskusi tentang manfaat membersihkan kelas halaman sekolah
No.
Kriteria
Terlihat
Belum Terlihat
1.
Keaktifan dalam berdiskusi


2.
Kemampuan menyampaikan isi sesuai tema


3.
Kemampuan mengeluarkan pendapat



Rubrik Penilaian Berdiskusi
No.
Nama siswa
Kriteria 1
Kriteria 1
Kriteria 1
Kriteria 1
T
TB
T
TB
T
TB
T
TB
1.
ONAH








2.
OCID








3.
ICIH








4.
ODAH








5.
OON









d.      Menuliskan cerita tentang cara membersihkan lemari


 




Kepala Sekolah



...................................................
NIP.............................................
Rajapolah, 26 Juni 2014
Guru Kelas,



Euis Tuti Fatimah, S.Pd





LEMBAR KERJA SISWA
“MEMBERSIHKAN KELAS DAN HALAMAN SEKOLAH”








 









Petunjuk umum
1.     Awali kegiatan ini dengan membaca basmalah!
2.     Lakukan kegiatan secara berkelompok dengan sebaik-baiknya!
3.     Tanyakan kepada guru jika ada yang tidak dimengerti!

Petunjuk Khusus
1.    Ambillah alat kebersihan yang tersedia!
2.    Bersihkanlah ruangan dan halaman kelas kalian dengan sebaik-baiknya !
3.    Lakukan kegiatan  tersebut dengan membagi tugas antar teman dalam setiap kelompok dan isikan pada table di bawah ini!

Kelompok        :.......................

No.
Nama Siswa
Kegiatan kebersihan yang dilakukan
1.


2.


3.


4.


5.


6.




4.      Jawablah pertanyaan berikut ini!
Mengapa kita harus menjaga kebersihan kelas dan halaman kelas!
Jawab:...................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Nama   :............................................
Kelas   :...........................................
 
 



LEMBAR EVALUASI

I.       Pilihlah jawaban yang tepat dengan cara memberi tanda silang (X) pada, a, b atau c !
1.      Piket membersihkan kelas adalah kegiatan menjaga kebersihan di....
a.       Rumah
b.      Sekolah
c.       Masyarakat
2.      Gambar yang digunakan untuk menyapu lantai adalah....
a.                                                 b.                                             c.





3.      Kebersihan adalah pangkal......
a.       Keselamatan
b.      Kesehatan
c.       Keindahan
4.      Perilaku yang mencerminkan menjaga kebersihan adalah
a.       Membuang sampah sembarangan
b.      Mencorat-coret tembok sekolah
c.       Membersihkan lemari
5.      Menjaga kebersihan sekolah adalah tanggung jawab......
a.       Guru
b.      Siswa
c.       Semua warga sekolah

II.  Tulislah cerita tentang cara membersihkan lemari!


........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................ ................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................ ....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................... ........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................