BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Dalam rangka mewujudkan tujuan pendidikan secara
maksimal makadiperlukan proses pembelajaran yang kondusif dengan melibatkan
semuakomponen pembelajaran secara optimal. Salah satu komponen pentingyang
menjadikan proses pembelajaran menjadi lancar dan kondusif adalah ruang kelas.
Ruang kelas
sebagai tempat belajar melakukan aktivitas pembelajaranmemiliki peranan yang
strategis dalam rangka menciptakan suasana danrasabelajar bagi para siswa.
Keberadaannya membawa dampak yang lebihluas seperti,rasa aman, rasa memiliki,
ketenangan dan hal-hal positif lainnya.
Sebagai salah
satu sekolah di Kecamatan Suakahening Kabupaten Tasikmalaya juga merasakan betapa pentingnya
keberadaan ruang kelas sebagai salah satu unsure penentu keberhasilan proses
pembelajaran. Sekolah yang memiliki siswa 10 orang- yang Insya Alloh diprediksi
bertambah dari tahun ke tahun -yang terbagi dalam 1 kelas (rombongan belajar)
ini saat ini memiliki 1 ruang kelas, sehingga idealnya masih membutuhkan 2 ruang
kelas lagi dan 1 ruang Guru dan 1 ruang Praktek
. Bertolak dari pemikiran di atas maka Nama Sekolah
menganggap bahwa pembangunan ruang kelas baru di SMP Plus Tanfidzul
Hanafiyah adalah hal yang sangat penting dan mendesak untuk
diwujudkan.Untuk itulah kami mengajukan PROPOSAL Bantuan Penambahan Ruang Kelas
B.Visi dan Misi
1. Visi :
1.
Mencetak
siswa sebagai generasi Robbani yang memiliki keilmuan yang mapan dilandasi
dengan nilai-nilai agama Islam yang kuat dan Mandiri.
2.
Mendidik
siswa yang beriman, bertaqwa kepada ALLAH SWT dan berakhlakul karimah.
3.
Menghasilkan
siswa yang cerdas, cermat dan berkepribadian teguh.
4.
Menghasilkan
siswa yang trampil, mandiri untuk kemudian berhasil mengatasi kelaparan dan
membebaskan diri dari kemiskinan
2. M isi:
- Mempersiapkan generasi robbani yang memiliki
keunggulan, kamantapan akidah, berakhlaq mulia dan mandiri, serta mampu
merespon dinamika perubahan.
- Melaksanakan pendidikan dengan berdasarkan
kurikulum SMP dari KEMENDIKBUD RI (KBK) dipadukan dengan muatan agama
Islam yang diperluas sehingga menghasilkan siswa yang beriman dan bertaqwa
kepada ALLAH SWT serta cerdas.
- Menyelenggarakan pendidikan untuk meningkatkan
kemampuan konstruktif, kompetitif, daya pikir dan daya nalar positif
siswa.
- Menjalin kerjasama yang baik antara pelaku
pendidikan intern maupun ekstern
- Meningkatkan kedisiplinan dengan melaksanakan
peraturan-peraturan yang telah disepakati bersama.
- Menyiapkan siswa untuk dapat melanjutkan ke SMA
- Memberi bekal pengetahuan dan ketrampilan dasar
kemandirian bagi siswa yang tidak melanjutkan sekolahnya untuk bekal
terjun ke masyarakat.
BAB II
PROGRAM PENAMBAHAN RUANG KELAS
A. Tahap perencanaan
a. Melakukan pendataan
kondisi bangunan
b. Membuat gambar sesuai kebutuhan :
- Tata letak bangunan
- Denah, tampak, potongan
- Instalasi listrik penerangan
- Instalasi air bersih dan air
kotor
Gambar
detail meliputi antara lain : kolom, atap, kosen,dan kuda-kudadll.
c.
Menyusun analisis kebutuhan bahan dengan jenis dankwalitas sesuai dengan kondisi
setempat, analisa harga satuan dan tenaga kerja;
d. Membuat RAB pekerjaan penambahan ruang baru sekolah;
e. Membuat rencana waktu pelaksanaan pekerjaan;
f. Menyusun rencana kebutuhan tenaga kerja.
B.
Tahap pelaksanaan
a.Mengarahkan
dan membimbing secara periodik kepada pelaksana selama pekerjaan berlangsung.
b.
Memeriksa dan membuat laporan kemajuan pekerjaan terhadaphasil pelaksanaan
pekerjaan Pembangunan yang dilakukan oleh pelaksana.
c.
Memantau dan membuat laporan harian, mingguan dan bulanan pelaksnaan pekerjaan
kepada tim pembangunan
d. Membuat foto perkembangan fisik pekerjaan yang menunjukan
e. kondisi awal (0%), menengah (50%) dan akhir (100%).
BAB III
PENDANAAN
Rencana Pembiayaan Ruang Kelas Baru secara KeseluruhanDana yang
dibutuhkan untuk pembangunan ruang kelas barusecara keseluruhanadalah sebesar
Rp ---------------------------------(-------------------) dengan
rinciananggaran biaya terlampir.
Kami berharap bahwa proposal ini mendapat persetujuansehingga
Pembangunan Ruang Kelas Baru di SMP Plus Tanfidzul Hanfiyah segera dapat
direalisasikan guna menciptakan suasana proses pembelajaranyang kondusif dalam
rangka pencapaian tujuan pendidikan secara maksimal, Amien.
Rawa, 02 Pebruari 2012
Ketua Komite Sekolah Menyetujui
Kepala Sekolah
BAB V
PE N UTU P
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
DAFTAR LAMPIRAN
- Analisa Daftar Ruang Kelas dan
Jumlah Siswa
- Foto ± foto Fisik
- Rencana Anggaran Biaya (RAB)
- Surat Pernyataan Dana
Pendamping
- Surat Pernyataan Pelaksanaan
dengan Swakelola
- SK Tim Rehabilitasi
- Data Siswa
- Foto Copy Rekening Sekolah