DOA UNTUK NEGARA

IPAN PARHAN . AHLI BAHASA Ya Allah, Tuhan Yang Maha Esa, 
Dengan penuh kerendahan hati, kami seluruh bangsa Indonesia bersimpuh dan bersujud mempersembahkan puji syukur ke hadirat-Mu. Engkaulah Maha Pencipta Alam semesta ini, Engkaulah Dzat yang mengatur alam seisinya, dan Engkau pula yang menentukan segala-galanya. 



Ya Allah, Tuhan Yang Maha Rahim, 
Atas segala rahmat dan karunia-Mu, hari ini kami seluruh bangsa Indonesia, kembali dapat memperingati hari proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-64. 

Berikanlah kami kedewasaan kehidupan berpolitik, berdemokrasi dan kemudahan dalam percepatan pemulihan ekonomi nasional, agar tercipta bangsa yang bersatu, aman,adil dan sejahtera. 


Ya Allah, Tuhan Maha Pemersatu, 
Jadikanlah peringatan Upacara Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ini sebagai momentum merekatkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa kami. 

Jauhkanlah bangsa kami dari perselisihan, dan perpecahan, limpahkanlah karunia-Mu baik yang dating dari langit maupun dari bumi. 

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Bijaksana, 
Masih panjang perjuangan bangsa kami dan masih jauh perjalanan sejarah bangsa kami, karenanya hindarkanlah bangsa dan Negara kami dari fitnah dan marabahaya. Mantapkan tekad kami untuk membangun Negara dan bangsa kami agar menjadi bangsa yang beriman, bertaqwa, berakhlaq mulia, adil, makmur dan sejahtera. 

Ya Allah Tuhan Yang Maha Pengampun, 
Ampunilah semua dosa kami, dosa-dosa ibu bapak kami, para pemimpin dan para-para pejuang kami, terimalah amal dan perjuangan mereka, karena Engkau Maha Pengampun lagi Maha Mengetahui. 


Ya Allah, Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang. 
Kabulkanlah permohonan dan doa kami, agar kami semua tergolonghamba-hamba-Mu yang shaleh.