Contoh Teks Eksposisi Terbaru

Contoh Teks Eksposisi Terbaru| sahabat semuanya. untuk pembahasan kali ini saya akan sedikit menganjak anda untuk membahas Contoh Teks Ekposisi. Berikut pemabahasannnya: 

Contoh Teks Eksposisi Pengetahuan Alam
Sedna, Planet Kesepuluh di Tata Surya ?
Benda langit yang ditemukan beberapa waktu lalu barang kali merupakan planet ke-10 di tata surya kita. Para ilmuwan sedang mempertimbangkan untuk menyebut benda langit itu dengan nama Sedna. Ukuran batu berlapis es ini masih belum diketahui dengan pasti, tapi ada dugaan ia sedikit lebih besar dari pluto. 

Perhitungan awal menduga benda langit itu berada antara 7,5 millyar hingga 10 milyar kilometer dari Bumi, di wilayah antariksa juga dikenal sebagai Sabuk Kuiper atau Kuiper Belt (KB). KB berisi ratusan objek dan para astronom yakin masih banyak benda angkasa yang belum diketahui disana. Kebanyakan anggota KB adalah batu-batu berlapis es dengan kecil, tetapi beberapa di antaranya seperti Sedna bisa sebesar atau lebih besar dari Pluto. 

Pentingnya Sedna sehingga diusulkan sebagai planet adalah karena ia benda langit yang memiliki orbit normal. Objek sejenis, seperti Quaoar dan Varuna, yang juga berada di KB, diketahui tidak memiliki orbit norma dan sering berpindah. Nah, untuk menentukan apakah orbit Sedna benar-benar stabil, para astronom di Observatorium Tenagra di Arizona telah diminta untuk meneliti jalur Sedna. Hasilnya nanti akan bisa dipakai untuk menentukan apakah benda langit itu bisa digolongkan sebagai planet. 

Contoh Teks Eksposisi Ekonomi
Manfaat Bursa Efek
Umumnya peranan pasar modal mencakup dua hal berikut. Pertama,sebagai tempat bertemu untuk memperoleh informasi tentang keadaan pasar efek.  Kedua, sebagai tempat dan alat untuk mengetahui situasi pinjaman jangka panjang (saham dan obligasi). Dengan meningkatnya volume transaksi dan banyaknya perusahaan yang aktif di lantai bursa mengindikasikan semakin baiknya ekonomi nasional, artinya kondisi ini dapat terjadi karena perusahaan memiliki kesempatan yang lebih luas untuk mengembangkan investasi yang pada akhirnya akan menggugah peningkatan produksi. Semakin meningkatnya daya beli masyarakat, artinya peningkatan produksi pada gilirannya akan menciptakan kebutuhan akan tenaga kerja. Berarti, akan terbukalah peluang dalam perluasan lapangan kerja dan sekaligus pemerataan ekonomi masyarakat, serta Laju pertumbuhan ekonomi akan meningkat, kondisi ini merupakan konsekuensi logis dari sehatnya kegiatan ekonomi dalam masyarakat. 

Liberalisasi Migas
Setelah sektor hulu migas berhasil diliberalisasi sumber migas sebagian besar dikuasai asing, kini sektor hilir pun dibuka untuk asing. ini secara gamblang dikemukakan Menteri ESDM Kabinet Indonesia bersatu I purnomo Yusgiantoro, di mana tahun 2010 harga BBM murni akan diserahkan kepada mekanisme persaingan usaha yang sehat dan wajar. 
Proses penaikan harga BBM saat ini bahkan sudah melebihi harga internasional. Dengan demikian liberaliasi telah terjadi dan SPBU asing mulai meraup untung karena senang bersaing dengan SPBU pertamina.  

Contoh Teks Eksposisi Politik 
Media Massa Jadi Setan Bisu
Hampir tak ada media massa yang mengkritisi argumentasi penaikan harga BBM oleh pemerintah. Entah, memang karena tidak paham atau telah terkooptasi oleh kepentingan penguasa, Mereka mengikuti saja argumentasi pemerintah apa adanya. 

Malah, beberap media mainsteam justru corong kebohongan pemerintah. Media-media ini menampilkan pakar-pakar yang selama ini berada di balik para penguasa. Juga para pakar ekonomi yang dikenal berhaluan liberal dan menjadi bagian dari Mafia Berkley. Sampai-sampai mereka tak memberi ruang bagi orang-orang yang mengkritisi kebijakan pemerintah yang memberatkan rakyat tersebut. Kwik Kian Gie, salah satu contohnyaa. Ia mengaku telah di-Black list oleh media-media besar karena kekritisannya. "Untung masih ada satu stasiun televisi yang masih terima saya. Mungkin karena televisi itu milik KMP ya," katanya berseloroh. 

Sikap media massa ini memang agak aneh dalam dunia jurnalistik. Tapi sikap tersebut pun pernah muncul ketika media besar Amerika seperti CNN dan lainnya harus membohongi publik demi kepentingan Amerika. Ibu Taimiyah berkata "orang yang berdiam diri dari menyampaikan kebenaran adalah syaithan akhras (setan bisu dari jenis manusia)". Jangan-jangan sebagian besar media massa Indonesia sedang seperti itu.

Contoh Teks Eksposisi Agama 
Model Pengelolaan Alam dan Energi dalam Islam
Sebagai sebuah ideologi. Islam memiliki sistem ekonomi yang khas. Di dalamnya ada konsep bagaimana mengelola sumber daya alam ini. Menurut pandangan Islam, hutan, air dan energi adalah milik umum. Ini didasarkan kepada hadist Rasulullah SAW : "Kaum Muslim berserikat dalam tiga hal : air, padang rumput dan api" (HR Abu Dawud, Ahmad, Ibnu Majah) (Imam Asy Sayukani, Nayl al Authar, halaman 1140). 

Maka, pengelolaannya tidak boleh diserahkan kepada swasta tapi harus dikelola sepenuhnya oleh negara dan hasilnya harus dikembalikan kepada rakyat dalam berbagai bentuk. Untuk pengelolaan barang tambang dijelaskan oleh hadits riwayat Imam At-Tirmidzi dari Abyadh bin Hamal menceritakan, saat itu Abyad meminta kepad aRasul SAW untuk dapat mengelolah sebuah tambang garam. Rasul meluluskan permintaan itu, tapi segera diingatkan oleh seorang sahabat. 

"Wahai Rasulullah, tahukah engkau, apa yang engkau berikan kepadanya ?.Sesungguhnya engkau telah memberikan sesuatu yang bagaikan air mengalir (ma'u al-'iddu)" Rasulullah kemudian bersabda, "Tariklah tambang tersebut darinya". Sikap pertama Rasulullah SAW memberikan tambang garam kepada Abyadh menunjukkan kebolehan memberikan tambang garam atau tambang yang lain kepada seseorang. Akan tetapi, ketika Rasul SAW mengetahui bahwa tambang tersebut dikategorikan milik umum. Adapun semua milik umum tidak boleh dikuasai oleh individu. Fokus dalam hadits tersebut tentu saja bukan "garam", melainkan tambangnya. Terbukti ketika Rasul SAW mengetahui bahwa tambang garam itu jumlahnya sangat banyak, beliau menarik kembali pemberian itu. Syekh Taqyuddin An-Nabhani mengutip ungkapan Abu Ubaid yang mengatakan : "Adapun pemberian Nabi SAW kepada Abyadh bin Hambal terhadap tambang garam yang terdapat di daerah Ma'rab, kemudian beliau mengambilnya kembali dari tangan Abyadh. Sesungguhnya beliau mencabutnya semata karena menurut beliau tambang tersebut merupakan tanah mati yang dihidupkan oleh Abyadh. lalu dia mengelolanya. Ketika Nabi SAW mengetahui bahwa tambang tersebut (laksana) air yang mengalir, yang berarti barang tambang tersebut merupakan benda yang tidak pernah habis, seperti mata air dan air bor, maka beliau mencabutnya kembali karena sunah Rasulullah SAW dalam masalah padang, api dan air menyatakan bahwa semua manusia berserikat dalam masalah tersebut. Untuk itu, beliau melarang bagi seseorang untuk memilikinya, sementara yang lain tidak dapat dimilikinya". 

Kare itu, penarikan kembali pemerian Rasul SAW dari Abyadh adalah illat dari larangan sesuatu yang menjadi milik umum termasuk dalam hal ini barang tambang yang kandungannya sangat banyak untuk dimiliki individu. Menurut konsep kepemilikan dalam sistem ekonomi Islam, tambang yang jumlahnya sangat besar, baik yang tampak sehingga bisa didapat tanpa harus susah payah, seperti garam, batubara, dan sebagainya : maupun tambang yang berada di dalam perut bumi yang tidak bisa diperoleh, kecuali dengan usaha keras, seperti tambang emas, perak, besi, tembaga, timah, dan sejenisnya, termasuk milik umum. Baik itu berbentuk padat, seperti kristal maupun berbentuk cair, seperti minyak, semuanya itu adalah barang tambang yang termasuk ke dalam pengertian hadis di atas. Nah model ini hanya bisa berlaku dalam sistem yang sesuai syariah, yakni khilafah. Di sinilah urgensi menerapkan syariah islam secara kaffah dalam negara khalifah. 

Demikianlah Contoh teks eksposisi, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua...