Contoh RPP KONTRAK PERKULIAHAN | PKn

KONTRAK PERKULIAHAN

Nama Mata Kuliah  : Pendidikan Kewarganegaraan
Kode Mata Kuliah    : UNO 106
Bobot SKS                : 2 (1:1)
Semester                   : -
Hari Pertemuan       : 1-14
Tempat Pertemuan : Gedung GH 1
Koordinator MK        : Drs. A.A. Gd Aryana, MSi
                                                                                    
1.    Manfaat Mata Kuliah
Manfaat yang diperoleh setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa dapat membentuk kecakapan partisipasi yang bernutu dan bertanggung jawab dalam kehidupan politik dan masyarakat baik di tingkat lokal, nasional, regional, maupun global, menjadikan warga masyarakat yang baik dan mampu menjaga persatuan dan integritas bangsa guna mewujudkan Indonesia yang kuat sejahtera dan demokratis, menghasilkan mahasiswa yang berpikiran komprehensif, analitis, kritis dan bertindak demokratis (menjadi warga bangsa yang mudah dipimpin tetapi sulit untuk dikendalikan, mudah diperintah tetapi sulit untuk diperbudak), mengembangkan kultur demokrasi yaitu: kebebasan, persamaan, kemerdekaan, toleransi, kemampuan menahan diri, kemampuan melakukan dialog, kemampuan mengambil keputusan, serta kemampuan berpartisipasi dalam kegiatan politik kemasyarakatan, mampu membentuk mahasiswa menjadi warga negara yang baik dan bertanggung jawab melalui penanaman moral dan keterampilan sosial sehingga kelak mereka mampu memahami dan memecahkan persoalan-persoalan aktual kewarganegaraan.

2.    Deskripsi Mata Kuliah
Ruang lingkup Pendidikan Kewarganegaraan memiliki 8 materi pokok: (a) Filsafat Pancasila, (b) Identitas Nasional, (c) Hak dan Kewajiban Warga Negara, (d) Negara dan Konstitusi, (e) Demokrasi Indonesia, (f) HAM dan Rule of Low, (g) Geopolitik Indonesia yaitu wilayah sebagai ruang hidup dan Otonomi Daerah, (h) Geostrategi Indonesia. Kedelapan materi inti tersebut kemudian dijabarkan menjadi beberapa materi sebagai bahan kajian dan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.
Kaitannya dengan kompetensi lulusan Program Studi yang telah ditetapkan, mata kuliah ini mendukung kompetensi lulusan untuk menjadi warga negara yang baik dan bertanggung jawab melalui penanaman moral dan keterampilan sosial sehingga kelak mereka mampu memahami dan memecahkan persoalan-persoalan aktual kewarganegaraan.

3.    Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Standar Kompetensi Mata Kuliah ini adalah mahasiswa diharapkan mampu memahami dan memecahkan persoalan-persoalan aktual kewarganegaraan.
4.    Strategi Pembelajaran
Perkuliahan dilaksanakan dengan tatap muka, diskusi dan pemecahan masalah. Materi kuliah dan bahan bacaan wajib diinformasikan pada awal perkuliahan. Untuk menambah pemahaman materi kuliah, mahasiswa diberikan tugas-tugas berupa tugas terstruktur, tugas mandiri dan presentasi kelompok.

5.    Materi Pokok
Materi pokok terdiri atas pengantar : (a) Filsafat Pancasila, (b) Identitas Nasional, (c) Hak dan Kewajiban Warga Negara, (d) Negara dan Konstitusi, (e) Demokrasi Indonesia, (f) HAM dan Rule of Low, (g) Geopolitik Indonesia yaitu wilayah sebagai ruang hidup dan Otonomi Daerah, (h) Geostrategi Indonesia. Kedelapan materi inti tersebut kemudian dijabarkan menjadi beberapa materi sebagai bahan kajian dan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.

6.    Bahan Bacaan
1.    Abdullah. Rozali. 2002. Perkembangan HAM dan Keberadaan Peradilan di Indonesia. Jakarta: Ghalia Indonesia.
2.    Basric Chaidir, Ed. 1994. Pemantapan Pembangunan Melalui Pendekatan Ketahanan Nasional. Jakarta: Program Magister PKN-UI.
3.    Budiarjo. Miriam. 1987. Dasar-dasar Ilmu Politik. Jakarta. Gramedia Pustaka Media.
4.    Budiharjo. Miriam. 1996. Demokrasi di Indonesia, Demokrasi Parlementer dan Demokrasi Pancasila. Jakarta: Gramedia.
5.    Chaidir Basric & Amin Ibrahim. 1998. Implementasi Konsep Ketahanan Nasional dalam Pembangunan Daerah. Jakarta: HASTANAS-UI.
6.    Chamin, Asikuri, IBN, dkk. 2003. Pendidikan Kewarganegaraan Menuju Kehidupan yang Demokratis dan Berkeadaban. Yogyakarta. Edisi Revisi.
7.    Cipto Bambang, dkk. 2003. Pendidikan Kewarganegaraan Menuju Kehidupan Demokratis dan Berkeadaban. Yogyakarta: LP3 UltvtY-Asia Fondation. Edisi Revisi.
8.    Dipanala. GS. 1975. Ilmu Negara Jilid 1 . Jakarta: Balai Pustaka.
9.    Gafar. AJTan. 2000. Politik Indonesia Transisi Menuju Demokrasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
10. Hans J. Margenthau. 1990. Politik Antar Bangsa. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
11. Herianto. Arid. 1996. Nasionalisme. Refleksi Kritis Kaumilmuwan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.
12. Ichiasul Amal & Arinaidv Armawi. 1995. Sumbangan Ilmu Sosial Terhadap Konsepsi Ketahanan Nasional. Gajah Mada University Press.
13. Kamalpasha, Musthopa. 2002. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Citra Karsa Mandiri.
14. Kansil. CST. 2001. Negara Umum dan Indonesia. Jakarta: PT Pradnya Paramita. Cetakan ke-1.
15. Khailani. 1999. Pendidikan Pancasila Yuridis Kenegaraan. Yogyakarta: Paradikina.
16. Khairon, dkk. Pendidikan Politik Bagi Warga Negara. Yogyakarta: LKIS.
17. Kusnardi, Moh, etc. 2000. Ilmu Negara. Jakarta: Gava Media Panama.
18. Kuswara E. 2001. Otonomi Daerah untuk Demokrasi dan Kemandirian Rakyat. Jakarta: Yayasan Fariba.
19. Lembaga Ketahanan Nasional. 1998. Politik dan Strategi Ketahanan Keamanan Negara. Jakarta.
20. Lemhanas. 1997. Wawasan Nusantara. Ketahanan Nasional. Pembangunan Nasional. Disiplin Nasional. Jakarta: PT Balai Pustaka.
21. Mac Andrews. Chanin & Jelasul Amal. 2001. Hubungan Pusat Daerah dalam Pembangunan. Jakarta: Rajawali.
22. Machfud MD. Moh. 1993. Demokrasi dan Konstitusi di Indonesia. Yogyakarta: Liberty.
23. Machfud MD. Moh. 1999. Hukum dan Pilar-Pilar Demokrasi. Yogyakarta: Gernamedia.
24. Masoed. Mochtar. 1994. Negara Kapital dan Demokrasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
25. Masyukur. Nur Rifah. 2001. Peluang dan Tantangan Otonomi Daerah. Jakarta: Permata Artistika Kreasi.
26. Michael. Rush & Philiph Althfoff. 1995. Pengantar Sosiologi Politik. Jakarta: PT Praja Grafindo Persada.
27. Munadjat Danusaputro. 1983. Asta-Gatra. Model Ilmiah Komprehensif dan Tata Pendekatan Asta Gatra. Bandung: Binacipta.
28. Oesman Octojo dan Alvian. 1992. Pancasila sebagai Ideologi dalam Berbagai Bidang Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara. Jakarta: BP7 Pusat.
29. Poespowadjojo, Soerjanto. 1989. Filsafat Pancasila Sebuah Pendekatan Sosio Budaya. Jakarta: PT Gramedia.
30. Quelan Haq. Ed. 2002. Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Paradikma. Edisi Pertama.
31. Rais, Amien. 1980. Agama dan Modernisasi Politik, Suatu Kajian Analisis. Jakarta: Rajawali.
32. Robertson. Ed. 1995. Agama dalam Analisis dan Interpretasi Sosiologis. Jakarta: PT Praja Grafindo Persada.
33. Rosiada, Dede, dkk. 2003. Pendidikan Kewargaan Demokrasi Hak Asasi Manusia Masyakarat Madani. Jakarta. Edisi Revisi.
34. Rusadikanaprawira. 1990. Pendekatan Sistem dan Ilmu-ilmu Sosial. Aplikasi dalam Meninjau Kehidupan Politik Indonesia. Bandung: Sinar Baru. Cetakan Kedua.
35. Schuoa Frithjof. 1987. Mencari Titik Team Agama-agama. Jakarta: Pustaka Firdaus.
36. Soeharto Ltk Laut & Mastra Nyoman. May Laut. 1992. Wawasan Nusantara. Ketahanan Nasional, Keamanan Nasional. Jakarta: Alumni Sekolah Tinggi Teknologi TNI AL.
37. Sumarsono S, dkk. 2001. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
38. Suryadinata. Leo. 1999. Etnis Tionghoa dan Pembangunan Bangsa. Jakarta: EP3ES.
39. Suseno. Fransmagnes. 1997. Mencari Sosok Demokrasi, Sebuah Telaah Filosofis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
40. Sutrisno. Lukman. 1998. Identitas & Kedaulatan, Kabar dan Pulau De\77 Tahun Gedong Bagoes Oka. Institut Dianl. Cetakan Pertama.
41. Tatang M. Amirim. 1996. Pokok-pokok Leon Sistem. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
42. Ubadillali. Achmad, et.al. 2003. Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education) Demokrasi, HAM dan Masyarakat Madani. Jakarta: IAIN Jakarta Press. Ed.Revisi.
43. Wahid, Abduralunam, dkk. 1993. Dialog: Kritik dan Identitas Agama. Yogyakarta: Dian Interfidie.
44. Widjaja AW. 2001. Talk Berat Otonomi pada Daerah Tingkat II. Jakarta: Rajawali.

7.    Tugas-tugas
Tugas paper dan presentasi
Tugas paper kelompok maksimum 6 orang. Pilih salah satu judul dari topik yang akan dibahas. Buatlah paper dengan menyertakan latar belakang masalah, beserta pembahasan masalah, kesimpulan dari topik yang Anda pilih, dan daftar pustaka.


8.    Kriteria dan Standar Penilaian
Penilaian dilakukan berdasarkan Ujian tertulis, lisan, penilaian/evaluasi terhadap proses pembelajaran dan unjuk sikap dengan komponen sebagai berikut :
Tugas paper                                : 20%
Tugas terstruktur                        : 10%
Presensi                                      : 5%
Presentasi kelompok                : 10%
Keaktifan di kelas                      : 15%
UTS                                              : 20%
UAS                                              : 20%

      Terkait dengan standar penilaian digunakan system Penilaian Acuan Patokan (PAP). Hasil evaluasi dikategorikan sebagai berikut :
Angka Mutu
(skala 0-10)
Angka Mutu
(skala 0-4)
Huruf Mutu
(Skala Kualitatif)
8,0 – 10,0
4
A
6,5 – 7,9
3
B
5,6 – 6,4
2
C
4,5 – 5,4
1
D
0,0 – 4,4
0
E

9.    Tata Tertib Siswa dan Dosen
1.    Mahasiswa diwajibkan menggunakan pakaian sopan, rapi, berkerah, pada waktu mengikuti perkuliahan di kelas
2.    Mahasiswa tidak diperkenankan memakai sandal waktu mengikuti perkuliahan, kecuali alasan tertentu (sakit, habis kecelakaan)
3.    Pada waktu perkuliahan semua handphone dinon aktifkan/disilent
4.    Keterlambatan masuk di kelas hanya diijinkan maksimal 15 menit dari jadwal. Lewat dari batas tersebut mahasiswa boleh masuk tapi tidak diperkenankan untuk absensi.
5.    Tidak diperkenankan melakukan keributan di kelas dalam bentuk apapun selama perkuliahan berlangsung, kecuali pada saat diskusi.
6.    Mahasiswa wajb hadir minimal 75% dari tatap muka
7.    Tidak ada ujian susulan untuk UTS dan UAS, kecuali dengan alasan jelas.
8.    Hasil evaluasi mahasiswa wajib dikembalikan pada mahasiswa 2 minggu setelah ujian berakhir.
9.    Protes nilai dilayani paling lama 1 minggu setelah nilai keluar.

10. Jadwal Kuliah
No.
Pokok Bahasan
Minggu Ke
Dosen Pengajar
1
Konsep dasar Pendidikan Kewarganegaraan
I
Team Teaching
2
Pancasila sebagai Suatu Sistem Filsafat
II
Team Teaching
3
Pancasila sebagai ideologi bangsa dan negara Indonesia
III
Team Teaching
4
Identitas Nasional
IV
Team Teaching
5
Negara
V
Team Teaching
6
Konstitusi
VI
Team Teaching
7
Hak dan Kewajiban Warganegara
VII
Team Teaching
8
Demokrasi
VIII
Team Teaching
9
Hak Asasi Manusia (HAM)
IX
Team Teaching
10
Otonomi Daerah (OTDA)
X
Team Teaching
11
Rule of Law
XI
Team Teaching
12
Good Governance
XII
Team Teaching
13
Geopolitik Indonesia
XII
Team Teaching
14
Geostrategi Indonesia
XIV
Team Teaching

11. Lain-lain
Apabila ada hal-hal yang diluar kesepakatan ini untuk perlu disepakati, dapat dibicarakan secara teknis pada saat setiap acara perkuliahan. Apabila ada perubahan isi kontrak perkuliahan, aka nada pemberitahuan terlebih dahulu.




Kontrak perkuliahan ini dapat dilaksanakan, mulai dari disampaikan kesepakatan ini.

Pihak I                                                                                          Pihak II
Dosen Pengampu,                                                            a.n. Mahasiswa



(Drs. A.A. Gd Aryana, MSi)                                           (Korma MK UNO 106)


Mengetahui
Ketua PS Ekonomi Pembangunan



    (Dr. I Gusti Wayan Murjana Yasa, SE.,M.Si)

                                 NIP. 195707271984031005