PERANCANGAN KEGIATAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK

PERANCANGAN KEGIATAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK


DISUSUN OLEH                : KELOMPOK 5
KETUA                                 : SUHENDAR, S.Pd.I
SEKRETARIS                    : EUIS TUTI FATIMAH,S.Pd
ANGGOTA                          : ELIS SRIWENDA,S.Pd
                                                  HAMIDAH, S.Pd
                                                  IIS ROSDIAWATI,S.Pd


Tema
:
Hidup Bersih dan Sehat
Subtema
:
Hidup Bersih dan Sehat di Rumah
Pembelajaran ke-
:
1

Tahapan Pembelajaran
Kegiatan
Mengamati

Siswa mengamati gambar Siti makan bersama keluarga
Siswa mengamati gambar makanan yang tersedia di meja
Siswa mengamati isi teks “Hidup Bersih dan Sehat di Rumah”
Siswa mengamati  gambar kardus pembungkus sabun
Siswa mengamati sisi-sisi kardus sabun

Menanya
Siswa bertanya tentang gambar Siti makan bersama keluarga
Mengumpulkan informasi/eksperimen/mencoba



Siswa memperagakan cara mencuci tangan dengan benar
Siswa diajak ke kran air
Siswa satu persatu praktik mencuci tangan dengan benar
Mengasosiasikan/mengolah informasi


Siswa menjawab pertanyaan tentang gambar Siti makan bersama keluarga
Siswa menulis kegiatan di rumah yang harus dilakukan dengan cuci tangan
Siswa mengisi tabel tentang banyak sudut dan sisi pada potongan kardus
Siswa menjawab pertanyaan tentang segi empat
Mengkomunikasikan



Siswa bercerita tentang cara mencuci tangan dengan menggunakan air dan sabun
Siswa menyebutkan beberapa contoh tata tertib yang berlaku di rumah

















LK- 3.1a

 
 


PERANCANGAN KEGIATAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK


Tema
:
Hidup Bersih dan Sehat
Subtema
:
Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah
Pembelajaran ke-
:
1

Tahapan Pembelajaran
Kegiatan
Mengamati

Siswa mengamati gambar Siti danteman temannya diperiksa guru
Siswa mengamati gambar bungkus sikat gigi
Siswa mengamati gambar segitiga dan segi empat
Menanya

Siswa bertanya tentang gambar Siti dan teman temannya di periksa guru
Siswa bertanya tentang bungkus sikat gigi
Siswa bertanya tentang bangun ruang segi tiga dan segi empat
Mengumpulkan informasi/eksperimen/mencoba



Siswa  membaca teks siti dan teman teman di periksa guru
Siswa meragakan cara merawat telinga,kuku,gigi,dan rambut
Siswa mengurai bungkus sikat gigi

Mengasosiasikan/mengolah informasi


Siswa melengkapi tabel cara menjaga kebersihan gigi,kuku,telinga dan rambut
Siswa menjawab pertanyaan tentang gambar Siti dan teman temannya di periksa guru
Siswa membedakan bangun ruang segitiga dan segi empat
Siswa menjawab pertanyaan tentang kebersihan sekolah
Mengkomunikasikan



Siswa bercerita tentang cara merawat kuku,telinga,gigi dan rambut
Siswa menyebutkan perbedaan bangun ruang segi tiga dan segi empat
















LK- 3.1a

 
 


PERANCANGAN KEGIATAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK


Tema
:
Hidup Bersih dan Sehat
Subtema
:
Hidup Bersih dan Sehat di Tempat Bermain
Pembelajaran ke-
:
1

Tahapan Pembelajaran
Kegiatan
Mengamati

Siswa mengamati gambar Siti dan Ali bermain balok mainan
Siswa mengamati gambar alas tikar di atas lantai
Siswa mengamati teks “Hidup Bersih dan Sehat di tempat bermain”
Siswa mengamati balok berbentuk segiempat dan segienam
Menanya

Siswa bertanya tentang gambar Siti dan Ali bermain balok mainan
Mengumpulkan informasi/eksperimen/mencoba



Siswa menuliskan tata tertib yang berlaku di tempat bermain
Siswa mencari mainan yang berbentuk bangun ruang
Siswa menemukan mainan yang berbentuk  bangun
Siswa mencuci  tangan dengan sabun
Mengasosiasikan/mengolah informasi


Siswa menuliskan tata tertib yang berlaku di tempat bermain
Siswa melakukan salah satu kegiatan menjaga kebersihan
Siswa mengisi tabel tentang banyak sudut dan banyak sisi pada segiempat dan segi enam
Siswa membuat gambar bentuk mainan yang berbentuk bangun ruang
Siswa menuliskan cerita sederhana tentang pengalaman bermain di rumah
Mengkomunikasikan



Siswa diminta menyampaikan pendapatnya tentang perilaku Siti yang sesuai dengan erilaku hidup bersih dan sehat
Siswa














LK- 3.1a

 
 


PERANCANGAN KEGIATAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK


Tema
:
Hidup Bersih dan Sehat
Subtema
:
Hidup Bersih dan Sehat di Masyarakat
Pembelajaran ke-
:
1

Tahapan Pembelajaran
Kegiatan
Mengamati

Siswa mengamati gambar suasana kerja bakti di lingkungan masyarakat
Siswa mengamati gambar kegiatan yang dilakukan Ayah Siti dan warga
Siswa mengamati gambar teks bacaan
Siswa mengamati gamabr kabel, sinar senter, dan tiang listrik dengan benar
Siswa memperhatikan gambar segi empat dan bangun ruang
Menanya

Siswa bertanya tentang gambar suasana kerja bakti di lingkungan masyarakat
Siswa bertanya tentang gambar kegiatan yang dilakukan Ayah Siti dan warga

Mengumpulkan informasi/eksperimen/mencoba



Siswa mengukur panjang sisi bangun datar dan rusuk bangun ruang

Mengasosiasikan/mengolah informasi


Siswa memberikan analogi garis sebagai kabel lurus, sinar senter sebagai sinar garis, dan tiang listrik sebagai ruas garis.
Siswa menjawab pertanyaan tentang menemukan garis lurus, ruas garis, dan sinar garis
Siswa mengisi tabel tentang bentuk sisi bangun ruang dan sisi bangun datar
Siswa menggambarkan sisi bangun ruang di sekitar lingkungan rumah.
Mengkomunikasikan



Siswa bercerita tentang apa saja kegiatan yang dilakukan untuk menjaga lingkungan yang bersih




Instruktur I,






EULIS RUKMIANI, S. Pd.
NIP. 19610204 198204 2 003
Rajapolah,  24 Juni 2014
Instruktur II,






DEDEH YUNINGSIH, S
NIP. 19671709 200003 2 004