PERANCANGAN KEGIATAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK
DISUSUN OLEH :
KELOMPOK 5
KETUA :
SUHENDAR, S.Pd.I
SEKRETARIS :
EUIS TUTI FATIMAH,S.Pd
ANGGOTA :
ELIS SRIWENDA,S.Pd
HAMIDAH, S.Pd
IIS ROSDIAWATI,S.Pd
Tema
|
:
|
Hidup Bersih dan Sehat
|
Subtema
|
:
|
Hidup Bersih dan
Sehat di Rumah
|
Pembelajaran ke-
|
:
|
1
|
Tahapan Pembelajaran
|
Kegiatan
|
Mengamati
|
Siswa mengamati
gambar Siti makan bersama keluarga
Siswa mengamati
gambar makanan yang tersedia di meja
Siswa mengamati isi teks “Hidup Bersih dan Sehat di Rumah”
Siswa mengamati gambar kardus
pembungkus sabun
Siswa mengamati sisi-sisi kardus sabun
|
Menanya
|
Siswa bertanya
tentang gambar Siti makan bersama keluarga
|
Mengumpulkan
informasi/eksperimen/mencoba
|
Siswa
memperagakan cara mencuci tangan dengan benar
Siswa diajak ke kran air
Siswa satu persatu praktik mencuci tangan dengan
benar
|
Mengasosiasikan/mengolah
informasi
|
Siswa
menjawab pertanyaan tentang gambar Siti makan bersama keluarga
Siswa menulis kegiatan di rumah yang harus dilakukan dengan cuci tangan
Siswa mengisi tabel tentang banyak sudut dan sisi pada potongan kardus
Siswa menjawab pertanyaan tentang segi empat
|
Mengkomunikasikan
|
Siswa
bercerita tentang cara mencuci tangan dengan menggunakan air
dan sabun
Siswa
menyebutkan beberapa contoh tata tertib yang berlaku
di rumah
|
|
PERANCANGAN KEGIATAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK
Tema
|
:
|
Hidup Bersih dan Sehat
|
Subtema
|
:
|
Hidup Bersih dan
Sehat di Sekolah
|
Pembelajaran ke-
|
:
|
1
|
Tahapan Pembelajaran
|
Kegiatan
|
Mengamati
|
Siswa mengamati
gambar Siti danteman temannya diperiksa guru
Siswa mengamati
gambar bungkus sikat gigi
Siswa mengamati
gambar segitiga dan segi empat
|
Menanya
|
Siswa bertanya
tentang gambar Siti dan teman temannya di periksa guru
Siswa bertanya
tentang bungkus sikat gigi
Siswa bertanya
tentang bangun ruang segi tiga dan segi empat
|
Mengumpulkan
informasi/eksperimen/mencoba
|
Siswa membaca teks siti dan teman teman di
periksa guru
Siswa
meragakan cara merawat telinga,kuku,gigi,dan rambut
Siswa
mengurai bungkus sikat gigi
|
Mengasosiasikan/mengolah
informasi
|
Siswa
melengkapi tabel cara menjaga kebersihan gigi,kuku,telinga dan rambut
Siswa
menjawab pertanyaan tentang gambar Siti dan teman temannya di periksa guru
Siswa
membedakan bangun ruang segitiga dan segi empat
Siswa
menjawab pertanyaan tentang kebersihan sekolah
|
Mengkomunikasikan
|
Siswa
bercerita tentang cara merawat kuku,telinga,gigi dan rambut
Siswa
menyebutkan perbedaan bangun ruang segi tiga dan segi empat
|
|
PERANCANGAN KEGIATAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK
Tema
|
:
|
Hidup Bersih dan Sehat
|
Subtema
|
:
|
Hidup Bersih dan
Sehat di Tempat Bermain
|
Pembelajaran ke-
|
:
|
1
|
Tahapan Pembelajaran
|
Kegiatan
|
Mengamati
|
Siswa mengamati
gambar Siti dan Ali bermain balok mainan
Siswa mengamati gambar alas tikar di atas lantai
Siswa mengamati teks “Hidup Bersih dan Sehat di tempat bermain”
Siswa mengamati balok berbentuk segiempat dan segienam
|
Menanya
|
Siswa bertanya
tentang gambar Siti dan Ali bermain balok mainan
|
Mengumpulkan
informasi/eksperimen/mencoba
|
Siswa menuliskan tata tertib yang berlaku di tempat
bermain
Siswa mencari mainan yang berbentuk bangun ruang
Siswa menemukan mainan yang berbentuk bangun
Siswa mencuci
tangan dengan sabun
|
Mengasosiasikan/mengolah
informasi
|
Siswa menuliskan tata tertib yang berlaku di tempat
bermain
Siswa melakukan salah satu kegiatan menjaga kebersihan
Siswa mengisi tabel tentang banyak sudut dan banyak sisi pada
segiempat dan segi enam
Siswa membuat gambar bentuk mainan yang berbentuk bangun ruang
Siswa menuliskan cerita sederhana tentang pengalaman bermain di rumah
|
Mengkomunikasikan
|
Siswa diminta menyampaikan pendapatnya tentang
perilaku Siti yang sesuai dengan erilaku hidup bersih dan sehat
Siswa
|
|
PERANCANGAN KEGIATAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK
Tema
|
:
|
Hidup Bersih dan Sehat
|
Subtema
|
:
|
Hidup Bersih dan
Sehat di Masyarakat
|
Pembelajaran ke-
|
:
|
1
|
Tahapan Pembelajaran
|
Kegiatan
|
Mengamati
|
Siswa mengamati
gambar suasana kerja bakti di lingkungan masyarakat
Siswa mengamati
gambar kegiatan yang dilakukan Ayah Siti dan warga
Siswa mengamati
gambar teks bacaan
Siswa mengamati gamabr kabel, sinar senter, dan tiang listrik dengan
benar
Siswa memperhatikan gambar segi empat dan bangun ruang
|
Menanya
|
Siswa bertanya
tentang gambar suasana kerja bakti di lingkungan
masyarakat
Siswa bertanya
tentang gambar kegiatan yang dilakukan Ayah Siti dan
warga
|
Mengumpulkan
informasi/eksperimen/mencoba
|
Siswa mengukur panjang sisi bangun datar dan rusuk
bangun ruang
|
Mengasosiasikan/mengolah
informasi
|
Siswa memberikan analogi garis sebagai kabel lurus, sinar senter sebagai sinar
garis, dan tiang listrik sebagai ruas garis.
Siswa
menjawab pertanyaan tentang menemukan garis lurus, ruas garis, dan
sinar garis
Siswa mengisi tabel tentang bentuk sisi bangun ruang dan sisi bangun
datar
Siswa menggambarkan sisi bangun ruang di sekitar lingkungan rumah.
|
Mengkomunikasikan
|
Siswa
bercerita tentang apa saja kegiatan yang dilakukan untuk menjaga lingkungan
yang bersih
|
Instruktur I,
EULIS
RUKMIANI, S. Pd.
NIP.
19610204 198204 2 003
|
Rajapolah, 24 Juni 2014
Instruktur II,
DEDEH
YUNINGSIH, S
NIP.
19671709 200003 2 004
|