Contoh Makalah Pendidikan Matematika (Terampil Berhitung) SD

BAB I PENDAHULUAN



1.1    Latar  Belakang
Alat peraga menunjukan kegiatan belajar mengajar di kelas, sehingga mudah dimengerti dan dipahami oleh siswa. Bangun datar marupakan bangun yang memiliki luas dan keliling. Oleh karena itu, dalam menjelaskan materi mengenai bangun datar diperlukan adanya alat peraga ada berupa papan berpaku yang terbuat dari kayu yang diatasnya ditancapkan paku dengan jarak yang sama. Kemudian dipasangkan karet untuk membentuk bangun datar.
Dengan demikian kita sebgai calon pendidikan harus bias mengkondisikan antara materi dengan motivasi aanak dalam KBM, sehingga terjadi stimulus belajar yang nyaman.

1.2     Tujuan
Dalam pembuatan makalah ini kami mempunyai tujuan sebagai berikut:
1.      Memudahkan guru dalam menyampaikan materi
2.      Meningkatkan kreativitas siswa
3.      Mempermudah  siswa dalam memahami materi
4.      Memahami perkembangan siswa seiring dengan materi yang diberikan


BAB II
PEMBAHASAN


2.1    Alat Peraga Untuk Bangun Datar dan Bangun Ruang
1.      Alat Peraga Untuk Bangun Datar
A.    Pengertian Bangun Datar
Bangun datar adalah bangun yang berbentuk 2 dimensi yang memiliki luas dan keliling
B.     Macam-macam Bangun Datar
1.      Persegi
2.      Persegi panjang
3.      Trapesium
4.      Jajar Genjang
5.      Segi tiga
6.      Layang-layang
Untuk memperkenalkan macam-macam bangun datar diatas, guru dapat menunjukan bangunan-bangun tersebut pada papan berpaku.
Pembuatan Alat Peraga Papan Berpaku
a.       Fungsi
-          Untuk memperkenalkan bangun datar kepada siswa
-          Untuk membantu menjelaskan luas dan keliling pada bangun datar
b.      Bentuk Alat
.     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .      .     .
.     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .      .     .    
.     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .      .     .    
.     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .      .     .    
.     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .      .     .  
.     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .      .     .    
.     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .      .     .    
.     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .      .     .  
.     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .      .     .    
.     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .      .     .    
.     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .      .     .  
.     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .      .     .    
.     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .      .     .    
.     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .      .     .  
.     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .      .     .    
c.       Alat dan Bahan
1.      Papan
2.      Paku
3.      Palu
4.      Pensil
5.      Penggaris
6.      Karet Gelang
d.      Cara Pembuatan
1.      Potonglah Papan berbentuk persegi dengan ukuran 60 cm x 60 cm
2.      Buatlah garis vertical dan horizontal sehingga membentuk  bangun persegi  dengan ukuran 5 cm x 5 cm
3.      Tancapkan paku pada tiap titik sudut
4.      Bentuklah  macam-macam bangun datar kecuali lingkatan  pada papan berpaku  tsb dengan menggunakan karet gelang.
Pada tulisan sebelumnya telah disampaikan bentuk alat papan berpaku, serta memasang pakunya. Juga telah diperkenalkan cara membentuk  bangun datar, seperti persegi, persegi panjang, jajaran genjang, segi tiga, belah ketupat, layang-layang, trapezium dan lain-lain.
Untuk mengajarkan keliling datar, guru dapat menunjukan keliling berbera bentuk bangun datar dan memperagakan  cara menghitung, misannya:
.     .     .     .     .     .     .     .     .     .    
.     .     .     .     .     .     .     .     .     .    
.     .     .     .     .     .     .     .     .     .   Gb. 1 model bangun datar
.     .     .     .     .     .     .     .     .     .    
.     .     .     .     .     .     .     .     .     .    
.     .     .     .     .     .     .     .     .     .    

Untuk menghitung keliling bangun datar pada gambar I, tunjukan dan jelaskan terlebih dahulu kepada siswa untuk menyatakan satuan-satuan panjang adalah jarak mendatar dan jarak tegak antara dua paku yang berdekatan.
Pengugunaan papn berpaku dalam pengajaran luas.
a.       Memperkenalkan satuan  luas (bentuknya pada papan berpaku) adalah persegi satuan.
.     .     .     .     .     .     .     .     .     .    
.     .     .     .     .     .     .     .     .     .    
.     .     .     .     .     .     .     .     .     .    
Gb. 2 satu-satuan luas
Menunjukan arti satuan luas .       (satu persegi) pada papan berpaku menunjukan satu satuan luas.
Bingkai satuan luas diragamkan  dengan karet gelang berwarna agar nampak jelas.
b.      Sebagai contoh, menerangkan kepada siswa, luas bangunan berbentuk persegi panjang.


.     .     .     .     .     .     .     .     .     .    
.     .     .     .     .     .     .     .     .     .    
.     .     .     .     .     .     .     .     .     .     Gb. 3
.     .     .     .     .     .     .     .     .     .    
.     .     .     .     .     .     .     .     .     .    
 


Jika       ini adalah satu satuan luas, berapakah luas daerah persegi panjang pada gambar 3?
Dengan cara membilang, diharapkan anak akan menjawa luasnya 6 satuan setelah sebagian siswa dapat menjawab benar “6satuan persegi”, kemudian guru dapat mempertegas  cara perolehan jawaban dengan benar.
Kegiatan selanjutnya, siswa disuruh membentuk dan menghitung keliling bangun datar seperti persegi atau persegi panjang, pada gambar 4.
Untuk dapat menentukan rumus kelilingny, dapat melengkapi table dibawa ini.
Contoh table kegiatan untuk menemukan  rumus keliling persegi panjang.
Gambar
Keliling Bangun datar
Satuan panjang (P)
Satuan Lebar (1)
2 x (p +1)
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
1
20
6
4
2 x (6+4) = 20
2
….
……..
……..
…………………..
3
……..
……...
……..
…………………..











.     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .
.     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .
.     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .
.     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .
.     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .
.     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .
.     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .
.     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .
.     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .
.     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .
Gb. Model persegi panjang

Setelah siswa dihubungkan untuk membandingkan kolom 2 dengan 5, tampak hasilnya kolom 2 = kolom, sehingga didapatkesimpulan keliling bangun datar persegi panjang.
Kelilingpersegi panjang = …………x (…….+……..)
Jadi rumus  persegi panjang :
Keliling = 2 x (panjang + lebar)
c.       Mulai mengajak siswa mengadakan
.     .     .     .     .     .     .     .     .     .     
.     .     .     .     .     .     .     .     .     .     
.     .     .     .     .     .     .     .     .     .     Gb.
.     .     .     .     .     .     .     .     .     .     
.     .     .     .     .     .     .     .     .     .     
Jika      ini adalah satu satuan luas.
Berapakah luas daerah  yang terbentuk pada gambar 5 (tidak harus mengatakan segitiga). Kemudian siswa diberi kesempatan untuk berfikir.
Gambar 5
Setelah beberapa saat guru mengajukan pertanyaan  apabila banyak siswa yang tidak dapat menjawab guru dapat mengarahkan banyak cara berhitung luas daerah yang terbentuk dengan pertolongan persegi panjang
Seperti berikut ini.
.     .     .     .     .     .     .     .     .     .    
.     .     .     .     .     .     .     .     .     .    
.     .     .     .     .     .     .     .     .     .    
.     .     .     .     .     .     .     .     .     .    
.     .     .     .     .     .     .     .     .     .    
Gb. 6 Segitiga yang membentuk persegi panjang
Dari pertolongan tersebut tampak jelas bahwa:
“Luas daerah yang terbentuk”= setengah luas daerah persegi panjang (gmbar 6)
= ½ x 8
=4 satuan luas (4 satuan persegi)
d.      Untuk pemahaman konsep luas bangunan  datar dan cara menghitung guru dapat memberikan beberapa soal dengan membuat  bangun-bangunan tidak teratur dengan karet gelang pada papan berpaku. Diharapkan dengan karet berbeda warna, siswa dapat meanarik garis-garis pertolongan untuk menghitung luas bangunan datar pada gambar 7.
.     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .    
.     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .    
.     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .    
.     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .    
.     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .    

.     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .    
.     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .    
.     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .    
.     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .    
.     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .    
.     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .    
Gb. 7 Model bangun datar tanpa garis pertolongan
.     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .    
.     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .    
.     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .    
.     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .    
.     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .    

.     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .    
.     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .    
.     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .    
.     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .    
.     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .    
.     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .    
.     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .     .    
Gb. Model bangun datar dengan garis pertolongan

Dengan garis-garis pertolongan  ini, diharapkan siswa dapat menghitung luas daerah again-bagian bangun datar.
e.       Menyelidiki rumus-rumus luas persegi panjang, uru dapat menunjukan bangun-bangun persegi panjang dengan papan berpaku seperti pada gambar 9.


.    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    . 
.    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .   
.    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    . 
.    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .   
.    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    . 
.    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .   
.    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    . 
.    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .
.    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    . 
.    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .   
Gb. 9 model persegi panjang

Siswa disuruh mengamati bangun persegi panjang tersebut satu persatu kemudian siswa disuruh melengkapi table berikut:
Gambar ke
Luas L
Satuan Panjang (P)
Satuan Lebar (L)
P x 1
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
1
2
3
4
5
6
…..
…..
…..
…..
3
…..
…..
…..
…..
2
…..
…..
…..
…..
6
…..
…..
…..
…..
                       
Selanjutnya guru mengajak siswa mengamati hasilnya.
Tampak bahwa hasil yang terdapat dalam kolom 2 dan kolom 5 selalu sama, sehingga dapat disimpulkan bahwa luas daerah persegi panjang adalah L = p x 1 satuan persegi.
f.       Dengan melakukan seperti diatas, guru dapat mengajak siswa untuk menemukan rumus-rumus luas daerah segitiga, jajar genjang dan trapezium, misalnya dengan gambar dan table seperti berikut:


1)      segi tiga
.    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    . 
.    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    . 
.    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    . 
.    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    . 
.    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    . 
.    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    . 
.    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    . 
.    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    . 
Gb. 10 model segi tiga
Dan gambar tersebut di atas, lengkapi table berikut:
Gambar
Luas Daerah L
Satuan
Alas (a)
Satuan Tinggi T
ax1
1/ 2 x a x t
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
1
2
3
4
5
6
6
…..
…..
…..
…..
…..
3
…..
…..
…..
…..
…..
2
…..
…..
…..
…..
…..
6
…..
…..
…..
…..
…..
3
…..
…..
…..
…..
…..
Tampak bahwa hasil yang terdapat pada 2 dan kolom 6 selalu sama. Sehinga dapat disimpulkan bahwa luas segi tiga adalah, L = ½ x a x (satuan persegi).
2)      Jajar genjang
.    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    . 
.    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    . 
.    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    . 
.    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    . 
.    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    . 
.    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    . 
.    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    . 
.    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    . 
Gb. 10. Model jajar genjang
Dengan memperhatikan gambar-gambar jajar genjang yang terdapat pada gambar 10, lengkapilah table erikut :
No
Luas L
Satuan Alas (a)
Satuan Tinggi (t)
L = a x t
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
1
2
3
4
5
….
….
….
….
….
….
….
….
….
….
….
….
….
….
….
….
….
….
….
….

3). Trapesium
.    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    . 
.    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    . 
.    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    . 
.    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    . 
.    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    . 
.    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    . 
.    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    . 
.    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    .    . 
Gb. 11 model trapesium
Dengan memperhatikan gambar 11,selanjutnya salin dan lengkapilah table berikut ini.
No.
Luas Daerah
Satuan Garis Sejajar
Tinggi
a+b
½
(a+b) x ½ t
a
b
1
2
3
4
5
6
…..
…..
…..
…..
…..
…..
7
6
…..
…..
…..
…..
2
2
…..
…..
…..
…..
3
3
…..
…..
…..
…..
9
…..
…..
…..
…..
…..
1 ½
…..
…..
…..
…..
…..
12 ½
…..
…..
…..
…..
…..
Kesimpulan luas trapezium adalah:
L = (a + b) x ½ x1 satuan persegi
2.      Alat Peraga Untuk Bangunan Ruang
Pengertian bangunan ruang
Adalah bangunan  yang berbentuk 3 demensi dan yang mempunyai luas, volume, keliling.
Diantaranya Balok, Kubus, dan sebagainya.
·         Balok
a.       Sifat-sifat balok
 





Balok terdiri dari :
·         6 bidang sisi, yaitu
sisi bawah ABCD                         sisi kanan BCGF
sisi atas EFGH                  sisi depan ABFE
sisi kiri ADHE                  sisi belakang DCGH
·          8 titik sudut, yaitu
titik sudut A, B, C, D, E, F, G, H
·         12 RUSUK,YAITU
Rusuk AB, BC, CD, DE, EF, FG, GH dan HE.
Sifat-sifat balok terdiri dari :
·         terdapat 3 pasang sisi yang sama luasnya, yaitu:
sisi bawah ABCD = sisi atas EFGH
sisi kiri ADHE      = sisi kanan BCGF
sisi depan ABFE   = sisi belakang DCGH
·         Terdapat 3 pasang sisi yang  sejajar (II), yaitu:
sisi bawah ABCD || sisi atas EFGH
sisi kiri ADHE      || sisi kanan BCGF
sisi depan ABFE   || sisi belakang DCGH
·         Terdapat 3 pasang rusuk yang sama panjang yaitu:
Rusuk AB = rusuk DC = Rusuk EF = Rusuk HG
Rusuk AE = rusuk BF = rusuk CG = rusuk DH
Rusuk AD = rusuk BC = rusuk FG = rusuk EH
·         Terdapat 3 pasng rusuk yang sejajar (II) yaitu:
Rusuk AB = rusuk DC || Rusuk EF = Rusuk HG
Rusuk AE = rusuk BF || rusuk CG = rusuk DH
Rusuk AD = rusuk BC || rusuk FG = rusuk EH
·         Kubus
·         6 bidang sisi, yaitu
sisi bawah KLMN             sisi kanan LMQP
sisi atas OPQR                  sisi depan KLPO
sisi kiri KNRO                  sisi belakang NMQR


·         8 titik sudut, yaitu:
titik sudut K, L, M, N, O, P, Q, dan R.
·         12 rusuk, yaitu :
rusuk KL, LM, MN, NK, KO, LP, MQ, NR, OP, PQ, QR, dan RO.
            Sifat-sifat kubus terdiri dari :
·         Keenam sisi sama besar
Sisi KLMN = OPQR = LMQP = KLPD = NMQR
·         3 Pasang sisi yang sejajar (||) artinya jika dua sisi di perpanjang tidak akan berpotongan, yaitu:
sisi bawah KLMN || sisi atas OPQR                    
sisi kiri KNRO      || sisi kanan LMQP     
sisi depan KLPO   || sisi belakang NMQR
·         Terdapat 3 pasang rusuk yang sejajar (||) yaitu:
rusuk KL || rusuk MN || Rusuj RQ || rusuk OP
rusuk KO || rusuk LP || rusuk MQ || rusuk NR
rusuk KN || rusuk LM || rusuk PQ || rusuk OR
·         Kedua  belas rusuknya sama panjang, yaitu:
rusuk KL =LM=MN=NK=KO=LP=MQ=NR=OP=PQ=QR=RO
Jaring -jaring  balok
 










Gambar diatas adalah salah satu model jarring-jaring balok
ABCD       sebagai            sisi       atas balok
HGFE       sebagai            sisi       atas balok
EFBA        sebagai            sisi       depan balok
DCGH      sebagai            sisi       belakang balok
BFGC       sebagai            sisi       kanan balok
EADH       sebagai                        sisi       kiri balok












Jarring-jaring kubus
 








CDEF        sebagai                        sisi       atas
CDHG      sebagai                        sisi       depan
FEIJ          sebagai                        sisi       belaka
DHIE        sebagai                        sisi       kanan
HGJI         sebagai                        sisi       atas
GCFJ         sebagai                        sisi       kiri
 












 Cara membuat :
·         Siapkan kertas tebal, gunting, dan lem
·         Buatlah jaringan-jaringan seperti gambar (1) dan (2)
·         Ukuran gambar disesuaikan dengan kertas
·         Guntinglah kertas yang sudah digambar
·         Daerah yang diarsir diberi lem, kemudian rekatkan dengan baik yang lain

BAB III
KESIMPULAN

Dari pembahasan ini dapat disimpulkan bahwa alat peraga dapat digunakan untuk menjelaskan mutu  materi kepada siswa agar dapat lebih dimengerti dan lebih konkrit
Salah satu alat peraga yang digunakan pada pembelajaran  Matematika di SD adalah alat peraga papan erpaku. Alat peraga papan berpaku ini digunakan untuk memperkenalkan  macam-macam  bangun datar, dan menjelas luas dan keliling pada bangun datar. Oleh karena itu, alat peraga sangat penting demi tercapainya tujuan pembelajaran.



DAFTAR PUSTAKA


Tim Bina Karya Guru, 2004. Terampil Berhitung Matematika SD. Jakarta: Erlangga
Depdikbud. 1975. Matematika (Buku Murid) jilid 14-66. Jakarta: PN Balai Pustaka
Depdiknas. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jakarta : Balitbang Puskur.