RANCANGAN MUTU PEMBELAJARAN (RMP)
1
Nama Dosen :
2
Program
Studi :
D III Fisioterapi
3
Kode
Mata Kuliah : FIS10821
4
Nama
Mata Kuliah : Fisika Kedokteran
5
Jumlah
SKS : 2
6
Kelas/semester :
7
Pertemuan :
Ke 1 dan 2
8
Alokasi waktu :
200
I. Standar Kompetensi : |
Mahasiswa mengetahui dan
memahami hukum dasar dalam biomekanika, gaya
pada tubuh dan di dalam tubuh, analisa gaya
dan kegunaannya di klinik
|
II. Kompetensi Dasar : |
1.
Memahami
hukum dasar dalam biomekanika
2.
Memahami
gaya pada tubuh dan di dalam tubuh
3.
menganalisa
gaya dan menerapkan kegunaannya dalam klinik
|
III. Indikator |
Setelah mengikuti perkuliahan
mahasiswa diharapkan dapat :
1.
Menjelaskan
tentang Hukum Newton I, II, dan III
2.
Menjelaskan
Gaya pada tubuh dan di dalam tubuh
3.
menganalisa
gaya dan kegunaannya dalam klinik
|
IV. Materi Ajar |
1.
Hukum Dasar dalam Biomekanika (Hukum Newton I, II, dan
III)
2.
Gaya pada tubuh dalam keadaan statis
3.
Analisa Gaya
4.
Kegunaan gaya dalam klinik
|
V. Metode/Strategi Pembelajaran :
|
-
Ceramah
-
Diskusi
-
Tutorial
|
V. Tahap Pembelajaran |
A. Kegiatan Awal :
? Dosen membuka pelajaran dan melakukan
ceking tentang materi yang telah diterima pada mata kuliah anatomi dan
fisioogi yang berkaitan dengan materi yang akan disampaikan
B.
Kegiatan
Inti :
? Dosen memberikan penjelasan materi dan
memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk diskusi
? Mahasiswa mendengarkan dan mencatat
materi dalam pokok bahasan yang disampaikan dosen
? Mahasiswa menjawab pertanyaan yang
diajukan oleh dosen atau mengajukan pertanyaan apabila kurang jelas
? Mahasiswa aktif dalam diskusi
C.
Kegiatan Akhir
? Mahasiswa dan dosen membuat rangkuman materi
perkuliahan
? Dosen memberika tugas kepada
mahasiswa untuk dikerjakan di luar kelas
|
VI. Alat/Bahan/Sumber Buku Ajar |
A. Alat/Media : OHP, LCD, Mapping Anatomi,
Laptop
B. Sumber Buku Ajar :
Gabriel, J.F. 1996. Fisika Kedokteran. Penerbit Buku
KEdokteran, EGC
Cameron, J, et al., 2006. Fisika Tubuh Manusia.
Penerbit Buku Kedokteran , EGC.
|
VII. Penilaian |
A.
Tehnik
dan instrumen penilaian :
1.
Hasil
diskusi (dinilai dosen)
2.
Keaktifan
dan sumbangan materi dalam diskusi (dinilai)
3.
Contoh
soal :
a.
Jelaskan
tentang bunyi hukum Newton I, II dan III !
b.
Jelaskan
penerapan hukum Newton I dalam bidang fisioterapi !
B.
Kriteria
Penilaian
2 pt+3ps +5Tt = Nf
10
Keterangan :
Pt : portofolio
Ps : Proses
Tt : Test tulis
Nf : Nilai formatif
|
RANCANGAN MUTU PEMBELAJARAN (RMP)
- Nama Dosen :
- Program Studi : D III Fisioterapi
- Kode Mata Kuliah : FIS10821
- Nama Mata Kuliah : Fisika Kedokteran
- Jumlah SKS : 2
- Kelas/semester :
- Pertemuan : Ke 3
- Alokasi waktu : 100
I. Standar Kompetensi : |
Mahasiswa mengetahui dan
memahami tentang fisika olah raga
|
II. Kompetensi Dasar : |
1.
Mengerti
dan Memahami Pusat gravitasi tubuh
2.
Menganalisa
pusat gravitasi tubuh
3.
Mengerti dan Memahami keseimbangan tubuh
4.
Mengerti dan memahami momentum dan kegunaannya
dalam bidang olah raga
|
III. Indikator |
Setelah mengikuti perkuliahan
mahasiswa diharapkan dapat :
1.
Menjelaskan tentang pusat
gravitasi tubuh dan menganalisanya
2.
Menjelaskan tentang keseimbangan tubuh
3.
Menelaskan tentang momentum dan kegunaannya di
bidang olah raga
|
IV. Materi Ajar |
1.
Fisika Olah raga
2.
Pusat Gravitasi tubuh
3.
Keseimbangan
4.
Momentum
|
V. Metode/Strategi Pembelajaran :
|
-
Ceramah
-
Diskusi
-
Tutorial
|
V. Tahap Pembelajaran |
A. Kegiatan Awal :
? Dosen membuka pelajaran dan melakukan
kuis tentang materi yang telah diterma pada pertemuan sebelumnya
D.
Kegiatan
Inti :
? Dosen memberikan penjelasan materi dan
memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk diskusi
? Mahasiswa mendengarkan dan mencatat
materi dalam pokok bahasan yang disampaikan dosen
? Mahasiswa menjawab pertanyaan yang
diajukan oleh dosen atau mengajukan pertanyaan apabila kurang jelas
? Mahasiswa aktif dalam diskusi
E.
Kegiatan Akhir
? Mahasiswa dan dosen membuat rangkuman materi
perkuliahan
? Dosen memberika tugas kepada
mahasiswa untuk dikerjakan di luar kelas
|
VI. Alat/Bahan/Sumber Buku Ajar |
A. Alat/Media : OHP, LCD, Mapping Anatomi,
Laptop
B. Sumber Buku Ajar :
Gabriel, J.F. 1996.
Fisika Kedokteran. Penerbit Buku KEdokteran, EGC
Cameron, J, et al.,
2006. Fisika Tubuh Manusia. Penerbit
Buku Kedokteran , EGC.
|
VII. Penilaian |
C.
Tehnik
dan instrumen penilaian :
4.
Hasil
diskusi (dinilai dosen)
5.
Keaktifan
dan sumbangan materi dalam diskusi (dinilai)
6.
Contoh
soal :
a.
D.
Kriteria
Penilaian
2 pt+3ps +5Tt = Nf
10
Keterangan :
Pt : portofolio
Ps : Proses
Tt : Test tulis
Nf : Nilai formatif
|
RANCANGAN MUTU
PEMBELAJARAN (RMP)
- Nama Dosen :
- Program Studi : D III Fisioterapi
- Kode Mata Kuliah : FIS10821
- Nama Mata Kuliah : Fisika Kedokteran
- Jumlah SKS : 2
- Kelas/semester :
- Pertemuan : Ke 4
- Alokasi waktu : 100
I. Standar Kompetensi : |
Mahasiswa mengetahui dan memahami
tentang hidrodinamika
|
II. Kompetensi Dasar : |
1.
Memahami
dan memiliki wawasan tentang hidrodinamika
|
III. Indikator |
Setelah mengikuti perkuliahan
mahasiswa diharapkan dapat :
1.
Menjelaskan tentang pengertian hidrodinamika
2.
Menjelaskan
tentang aliran zat cair melalui pembuluh
3.
Menjelaskan
Laju endap dan gaya buoyansi
4.
Menjelaskan
tentang aliran laminer dan turbulensi
|
IV. Materi Ajar |
1.
Hidroninamika
2.
Aliran zat cair melalui pembluh
3.
Laju endap dan gaya buoyansi
4.
Aliran laminer dan turbulensi
|
V. Metode/Strategi Pembelajaran :
|
-
Ceramah
-
Diskusi
-
Tutorial
|
V. Tahap Pembelajaran |
A. Kegiatan Awal :
? Dosen membuka pelajaran dan melakukan
kuis tentang materi yang telah diterma pada pertemuan sebelumnya
F.
Kegiatan
Inti :
? Dosen memberikan penjelasan materi dan
memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk diskusi
? Mahasiswa mendengarkan dan mencatat
materi dalam pokok bahasan yang disampaikan dosen
? Mahasiswa menjawab pertanyaan yang
diajukan oleh dosen atau mengajukan pertanyaan apabila kurang jelas
? Mahasiswa aktif dalam diskusi
G.
Kegiatan Akhir
? Mahasiswa dan dosen membuat rangkuman materi
perkuliahan
? Dosen memberika tugas kepada
mahasiswa untuk dikerjakan di luar kelas
|
VI. Alat/Bahan/Sumber Buku Ajar |
A. Alat/Media : OHP, LCD, Mapping Anatomi, Laptop
B. Sumber Buku Ajar :
Gabriel, J.F. 1996.
Fisika Kedokteran. Penerbit Buku KEdokteran, EGC
Cameron, J, et al.,
2006. Fisika Tubuh Manusia. Penerbit
Buku Kedokteran , EGC.
|
VII. Penilaian |
E.
Tehnik
dan instrumen penilaian :
7.
Hasil
diskusi (dinilai dosen)
8.
Keaktifan
dan sumbangan materi dalam diskusi (dinilai)
9.
Contoh
soal :
a.
Jelaskan mekanisme peningkatan energi
pernapasan pada penyakit paru obstrutif !
b.
Jelaskan
mekanisme penurunan toleransi aktivitas pada penyakit paru obstruktif!
c.
Jelaskan
mekanisme hambatan dalam berinteraksi dengan lingkungan pada penyakit paru
obstruktif !
F.
Kriteria
Penilaian
2 pt+3ps +5Tt = Nf
10
Keterangan :
Pt : portofolio
Ps : Proses
Tt : Test tulis
Nf : Nilai formatif
|
RANCANGAN MUTU
PEMBELAJARAN (RMP)
- Nama Dosen :
- Program Studi : D III Fisioterapi
- Kode Mata Kuliah : FIS10821
- Nama Mata Kuliah : Fisika Kedokteran
- Jumlah SKS : 2
- Kelas/semester :
- Pertemuan : Ke 5 dan 6
- Alokasi waktu : 200
I. Standar Kompetensi : |
Mahasiswa mengetahui dan memahami tentang energi panas dan dingin
|
II. Kompetensi Dasar : |
1.
Memahami dan memiliki wawasan tentang Hukum
termodinamika dan metabolisme
2.
Memahami dan memiliki wawasan tentang
pengaturan suhu tubuh
3.
Memahami
dan memiliki wawasan tentang energi panas dalam bidang kedokteran
4.
Memahami
dan memiliki wawasan tentang energi dingin dalam bidang kedokteran
|
III. Indikator |
Setelah mengikuti perkuliahan
mahasiswa diharapkan dapat :
1.
Menjelaskan
tentang Hukum termodinamika I, II dan III
2.
Menjelaskan
tentang pengaturan suhu tubuh
3.
Menjelaskan
tentang manfaat energi panas dalam bidang kedokteran
4.
Menjelaskan
tentang manfaat energi dingin dalam bidang kedokteran
|
IV. Materi Ajar |
1.
Hukum-hukum
termodinamika dan metabolisme
2.
Pengaturan suhu
tubuh
3.
Enerdi panas
dalam bidang kedokteran
4.
Energi dingin
dalam bidang kedokteran
5.
Termografi
|
V. Metode/Strategi Pembelajaran :
|
-
Ceramah
-
Diskusi
-
Tutorial
|
V. Tahap Pembelajaran |
A. Kegiatan Awal :
? Dosen membuka pelajaran dan melakukan
kuis tentang materi yang telah diterma pada pertemuan sebelumnya
H.
Kegiatan
Inti :
? Dosen memberikan penjelasan materi dan
memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk diskusi
? Mahasiswa mendengarkan dan mencatat
materi dalam pokok bahasan yang disampaikan dosen
? Mahasiswa menjawab pertanyaan yang
diajukan oleh dosen atau mengajukan pertanyaan apabila kurang jelas
? Mahasiswa aktif dalam diskusi
I.
Kegiatan Akhir
? Mahasiswa dan dosen membuat rangkuman materi
perkuliahan
? Dosen memberika tugas kepada
mahasiswa untuk dikerjakan di luar kelas
|
VI. Alat/Bahan/Sumber Buku Ajar |
A. Alat/Media : OHP, LCD, Mapping Anatomi,
Laptop
B. Sumber Buku Ajar :
Gabriel, J.F. 1996.
Fisika Kedokteran. Penerbit Buku KEdokteran, EGC
Cameron, J, et al.,
2006. Fisika Tubuh Manusia. Penerbit
Buku Kedokteran , EGC.
|
VII. Penilaian |
G.
Tehnik
dan instrumen penilaian :
10. Hasil diskusi (dinilai dosen)
11. Keaktifan dan sumbangan materi dalam
diskusi (dinilai)
12. Contoh soal :
a.
Jelaskan mekanisme peningkatan energi
pernapasan pada penyakit paru obstrutif !
b.
Jelaskan
mekanisme penurunan toleransi aktivitas pada penyakit paru obstruktif!
c.
Jelaskan
mekanisme hambatan dalam berinteraksi dengan lingkungan pada penyakit paru
obstruktif !
H.
Kriteria
Penilaian
2 pt+3ps +5Tt = Nf
10
Keterangan :
Pt : portofolio
Ps : Proses
Tt : Test tulis
Nf : Nilai formatif
|
RANCANGAN MUTU
PEMBELAJARAN (RMP)
- Nama Dosen :
- Program Studi : D III Fisioterapi
- Kode Mata Kuliah : FIS10821
- Nama Mata Kuliah : Fisika Kedokteran
- Jumlah SKS : 2
- Kelas/semester :
- Pertemuan : Ke 7 dan 8
- Alokasi waktu : 200
I. Standar Kompetensi : |
Mahasiswa mengetahui dan
memahami tentang bioakustik
|
II. Kompetensi Dasar : |
1.
Memahami dan memiliki wawasan tentang Bunyi
2.
Memahami dan memiliki wawasan tentang ultrasonic
dalam bidang kedokteran
3.
Memahami dan memiliki wawasan tentang
mekanisme pembentukan suara
4.
Memahami
dan memiliki wawasan tentang vibrasi dan manfaatnya
|
III. Indikator |
Setelah mengikuti perkuliahan
mahasiswa diharapkan dapat :
1.
Menjelaskan tentang bunyi,
2.
Menjelaskan
tentang ultrasonic dalam bidang
kedokteran
3.
Menjelaskan
tentang mekanisme pembentukan suara
4.
Menjelaskan
tentang vibrasi dan manfaatnya
|
IV. Materi Ajar |
1.
Bunyi ( sumber, frekens, intensitas, dan sifat
gelombang bunyi)
2.
Ultrasonik dalam bidang kedokteran
3.
Suara (mekanisme pembentukan suara)
4.
Alat pendengaran
5.
Vibrasi
|
V. Metode/Strategi Pembelajaran :
|
-
Ceramah
-
Diskusi
-
Tutorial
|
V. Tahap Pembelajaran |
A. Kegiatan Awal :
? Dosen membuka pelajaran dan melakukan
kuis tentang materi yang telah diterma pada pertemuan sebelumnya
a.
Kegiatan
Inti :
? Dosen memberikan penjelasan materi dan
memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk diskusi
? Mahasiswa mendengarkan dan mencatat
materi dalam pokok bahasan yang disampaikan dosen
? Mahasiswa menjawab pertanyaan yang
diajukan oleh dosen atau mengajukan pertanyaan apabila kurang jelas
? Mahasiswa aktif dalam diskusi
b.
Kegiatan Akhir
i.
Mahasiswa dan dosen membuat
rangkuman materi perkuliahan
? Dosen memberika tugas kepada
mahasiswa untuk dikerjakan di luar kelas
|
VI. Alat/Bahan/Sumber Buku Ajar |
A. Alat/Media : OHP, LCD, Mapping Anatomi,
Laptop
B. Sumber Buku Ajar :
Gabriel, J.F. 1996.
Fisika Kedokteran. Penerbit Buku KEdokteran, EGC
Cameron, J, et al.,
2006. Fisika Tubuh Manusia. Penerbit Buku
Kedokteran , EGC.
|
VII. Penilaian |
I.
Tehnik
dan instrumen penilaian :
13. Hasil diskusi (dinilai dosen)
14. Keaktifan dan sumbangan materi dalam
diskusi (dinilai)
15. Contoh soal :
a.
Jelaskan mekanisme peningkatan energi
pernapasan pada penyakit paru obstrutif !
b.
Jelaskan
mekanisme penurunan toleransi aktivitas pada penyakit paru obstruktif!
c.
Jelaskan
mekanisme hambatan dalam berinteraksi dengan lingkungan pada penyakit paru
obstruktif !
J.
Kriteria
Penilaian
2 pt+3ps +5Tt = Nf
10
Keterangan :
Pt : portofolio
Ps : Proses
Tt : Test tulis
Nf : Nilai formatif
|
RANCANGAN MUTU
PEMBELAJARAN (RMP)
- Nama Dosen :
- Program Studi : D III Fisioterapi
- Kode Mata Kuliah : FIS10821
- Nama Mata Kuliah : Fisika Kedokteran
- Jumlah SKS : 2
- Kelas/semester :
- Pertemuan : Ke 9 dan 10
- Alokasi waktu : 200
I. Standar Kompetensi : |
Mahasiswa mengetahui dan
memahami tentang biolistrik
|
II. Kompetensi Dasar : |
1.
Memahami dan memiliki wawasan tentang
Hukum-hukum dalam biolistrik
2.
Memahami dan memiliki wawasan tentang
kelistrikan dan kemagnetan yang timbul dalam tubuh
|
III. Indikator |
Setelah mengikuti perkuliahan
mahasiswa diharapkan dapat :
1.
Menjelaskan
tentang hukum-hukum dalam biolistrik
2.
Menjelaskan
tentang macam-macam gelombang arus listrik
3.
Menjelaskan
tentang kelistrikan dan kemagnetan yang timbul dalam tubuh
4.
Menjelaskan
tentang isyarat magnet jantung dan otak
5.
Menjelaskan
penggunaan listrik/magnet pada permukaan tubuh
6.
Menjelaskan
tentang shock listrik
|
IV. Materi Ajar |
1.
Hukum-hukum
dalam biolistrik
2. Macam-macam gelombang arus listrik
3.
Kelistrikan
dan kemagnetan yang timbul dalam tubuh
4.
Isyarat
magnet jantung dan otak
5.
Penggunaan
listrik/magnet pada permukaan tubuh
6.
Shock
listrik
|
V. Metode/Strategi Pembelajaran :
|
-
Ceramah
-
Diskusi
-
Tutorial
|
V. Tahap Pembelajaran |
A. Kegiatan Awal :
? Dosen membuka pelajaran dan melakukan
kuis tentang materi yang telah diterma pada pertemuan sebelumnya
a.
Kegiatan
Inti :
? Dosen memberikan penjelasan materi dan
memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk diskusi
? Mahasiswa mendengarkan dan mencatat
materi dalam pokok bahasan yang disampaikan dosen
? Mahasiswa menjawab pertanyaan yang
diajukan oleh dosen atau mengajukan pertanyaan apabila kurang jelas
? Mahasiswa aktif dalam diskusi
b.
Kegiatan Akhir
i.
Mahasiswa dan dosen membuat
rangkuman materi perkuliahan
? Dosen memberika tugas kepada
mahasiswa untuk dikerjakan di luar kelas
|
VI. Alat/Bahan/Sumber Buku Ajar |
A. Alat/Media : OHP, LCD, Mapping Anatomi,
Laptop
B. Sumber Buku Ajar :
Gabriel, J.F. 1996.
Fisika Kedokteran. Penerbit Buku KEdokteran, EGC
Cameron, J, et al.,
2006. Fisika Tubuh Manusia. Penerbit
Buku Kedokteran , EGC.
|
VII. Penilaian |
K.
Tehnik
dan instrumen penilaian :
16. Hasil diskusi (dinilai dosen)
17. Keaktifan dan sumbangan materi dalam
diskusi (dinilai)
18. Contoh soal :
a.
Jelaskan mekanisme peningkatan energi
pernapasan pada penyakit paru obstrutif !
b.
Jelaskan
mekanisme penurunan toleransi aktivitas pada penyakit paru obstruktif!
c.
Jelaskan
mekanisme hambatan dalam berinteraksi dengan lingkungan pada penyakit paru
obstruktif !
L.
Kriteria
Penilaian
2 pt+3ps +5Tt = Nf
10
Keterangan :
Pt : portofolio
Ps : Proses
Tt : Test tulis
Nf : Nilai formatif
|
RANCANGAN MUTU
PEMBELAJARAN (RMP)
- Nama Dosen :
- Program Studi : D III Fisioterapi
- Kode Mata Kuliah : FIS10821
- Nama Mata Kuliah : Fisika Kedokteran
- Jumlah SKS : 2
- Kelas/semester :
- Pertemuan : Ke 11 dan 12
- Alokasi waktu : 200
I. Standar Kompetensi : |
Mahasiswa mengetahui dan
memahami tentang biooptik
|
II. Kompetensi Dasar : |
1.
Memahami dan memiliki wawasan tentang optika
geometris dan optika fisis
2.
Memahami
dan memiliki wawasan tentang hubungan antara indeks bias dan kecepatan rambat
3.
Memahami
dan memiliki wawasan tentang lensa dan
mata
4.
Memahami
dan memiliki wawasan tentang cahaya
5.
Memahami
dan memiliki wawasan tentang laser
6.
Memahami
dan memiliki wawasan tentang mikroskop
|
III. Indikator |
Setelah mengikuti perkuliahan
mahasiswa diharapkan dapat :
1.
Menjelaskan
tentang optika geometris dan optika fisis
2.
Menjelaskan
tentang hubungan antara indeks bias dan kecepatan rambat
3.
Menjelaskan
tentang lensa dan mata
4.
Menjelaskan
tentang cahaya
5.
Menjelaskan
tentang laser
7.
Menjelaskan
tentang mikroskop
|
IV. Materi Ajar |
1.
optika
geometris dan optika fisis
2.
Hubungan
antara indeks bias dan kecepatan ram
3.
Lensa
dan mata
4.
Cahaya
5.
Laser
6.
Mikroskop
|
V. Metode/Strategi Pembelajaran :
|
-
Ceramah
-
Diskusi
-
Tutorial
|
V. Tahap Pembelajaran |
A. Kegiatan Awal :
? Dosen membuka pelajaran dan melakukan
kuis tentang materi yang telah diterma pada pertemuan sebelumnya
a.
Kegiatan
Inti :
? Dosen memberikan penjelasan materi dan
memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk diskusi
? Mahasiswa mendengarkan dan mencatat
materi dalam pokok bahasan yang disampaikan dosen
? Mahasiswa menjawab pertanyaan yang
diajukan oleh dosen atau mengajukan pertanyaan apabila kurang jelas
? Mahasiswa aktif dalam diskusi
b.
Kegiatan Akhir
i.
Mahasiswa dan dosen membuat
rangkuman materi perkuliahan
? Dosen memberika tugas kepada
mahasiswa untuk dikerjakan di luar kelas
|
VI. Alat/Bahan/Sumber Buku Ajar |
A. Alat/Media : OHP, LCD, Mapping Anatomi, Laptop
B. Sumber Buku Ajar :
Gabriel, J.F. 1996.
Fisika Kedokteran. Penerbit Buku KEdokteran, EGC
Cameron, J, et al.,
2006. Fisika Tubuh Manusia. Penerbit
Buku Kedokteran , EGC.
|
VII. Penilaian |
M.
Tehnik
dan instrumen penilaian :
19. Hasil diskusi (dinilai dosen)
20. Keaktifan dan sumbangan materi dalam
diskusi (dinilai)
21. Contoh soal :
a.
Jelaskan mekanisme peningkatan energi
pernapasan pada penyakit paru obstrutif !
b.
Jelaskan
mekanisme penurunan toleransi aktivitas pada penyakit paru obstruktif!
c.
Jelaskan
mekanisme hambatan dalam berinteraksi dengan lingkungan pada penyakit paru
obstruktif !
N.
Kriteria
Penilaian
2 pt+3ps +5Tt = Nf
10
Keterangan :
Pt : portofolio
Ps : Proses
Tt : Test tulis
Nf : Nilai formatif
|